Kopi Sido Mulia, Kopi Favorit Arek Malang

0
1964
Daftar menu kopi sido mulia.

Buat kalian para pecinta kopi yang sedang berada di Kota Malang, kalian wajib mencicipi kopi sido mulia ini. Kopi favorit arek Malang ini memang paling banyak dicari. Rasa khas kopi sido mulia ini memang sangat melekat di lidah para pecinta kopi di Malang. Sangking cintanya, mereka yang merantau di luar kotapun saat pulang ke Malang akan membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Tak hanya warga Malang saja, wisatawan yang mencobanya banyak yang ketagihan dengan cita rasa kopi khas kota Malang ini.

Kopi ini dijual di Toko Sido Mulia yang beralamat di jalan cokroaminoto no 2B, Klojen, Malang. Toko ini berada di deretan depan pasar klojen, 500 meter dari Stasiun Kota Baru Malang. Jika kalian lewat depan toko akan tercium aroma kopi yang lembut dan khas karena proses penggilingan kopi juga berada di toko ini. Tak susah kok mencari toko kopi legendaris ini, karena dinding toko bercat kuning dan merah yang sangat mencolok.

Bagian depan toko kopi Sido Mulia.

Toko ini mulai dibuka oleh Tjing Eng Hwie pada tahun 1948, awalnya bukanlah toko kopi melainkan restoran dan toko palawija. Penjualan dan pembuatan kopi sendiri baru dimulai pada tahun 1953. Dulunya toko ini masih bernama Toko Hwie sesuai dengan nama pemiliknya dan kopi yang di produksi masih belum bermerek. Hingga pada tahun 1959 setelah di keluarkannya peraturan oleh pemerintah pemilik toko membuat merek “Sido MUlia”. Selain sebagai merek nama Sido Mulia juga di pakai sebagai nama toko hingga saat ini.

Cita rasa kopi yang enak dan khas ini ternyata ada resep rahasianya lho kawan. Bahan dasar kopi diambil dari daerah Dampit, Kabupaten Malang yang memang terkenal sebagai penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia. Biji kopi yang digunakan merupakan biji yang sudah masak pohon.  Setelah dipetik biji kopi tak langsung digunakan tapi akan di simpan selama satu tahun terlebih dahulu, baru setelah itu digoreng dan digiling.

Kopi robusta istimewa.

Kopi yang dijual dikemas dalam beberapa kemasan yaitu kemasan setengah kilogram, seperempat kilogram, satu ons dan setengah ons. Dijualnya pun dalam dalam beberapa level, dari level yang paling enak sampai yang biasa-biasa saja. Bagi kalian yang suka dengan kopi dengan rasa dan aroma yang kuat kalian bisa coba kopi robusta milik kopi sido mulia ini. Kopi ini dibungkus dalam plastik bening berlogo warna kuning. Kalian cukup pesan kepelayan toko bahwa akan membeli kopi yang ISTIMEWA. Sedangkan untuk kopi dengan level dibawahnya biasanya ada campuran lainnya. Ada dua jenis kopi yang disediakan yaitu yang digiling halus dan digiling kasar. Dijual dengan harga Rp 100.000 perkilogram.

Selain kopi robusta di sini juga menyediakan kopi arabica. Untuk kopi jenis arabica, biji kopi diambil dari perkebunan di wilayah Kabupaten Jember. Disediakan dalam dua kemasan yaitu premium silver yang dikemas dalam plastik berwarna silver dan premium black yang dikemas dalam plastik berwarna hitam. Untuk kopi premium silver dibandrol dengan harga Rp 200.000 perkilogram sedangkan untuk premium black dibandrol dengan harga Rp 280.000 perkilogram.

Toko Sido Mulia ini buka setiap hari Senin sampai Jumat, sedangkan untuk hari minggu dan hari besar libur. Toko buka dari jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Buat kalian yang sedang liburan ke Malang, jangan lupa nyobain kopi favoritnya arek malang ini ya. dipakai untuk oleh0oleh juga oke lho.

Jam Buka
Senin - Sabtu 08.00 - 17.00 WIB
Minggu Tutup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.