Kopi Es TAK KIE: Yang Klasik Selalu Asik!

1
216
Kopi Es TAK KIE
Kesibukan pagi hari di Kopi Es TAK KIE.

Glodok adalah daerah pecinan di Jakarta. Di hampir setiap daerah di Indonesia ada pecinan. Pecinan adalah kawasan pemukiman penduduk keturunan Tionghoa atau peranakan, pecinan sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Ceritanya, zaman dahulu, Belanda mencari cara agar bisa mengontrol setiap penduduk di distrik-distrik kekuasaan mereka. Tercetus lah ide untuk membuat masing-masing etnis memiliki kawasannya sendiri, maka ada Kampung Melayu, Kampung Arab, Kampung India, sampai Kampung Cina.

Glodok adalah salah satu kawasan pecinan, sangat ramai menjelang tahun baru Imlek. Nah, di kawasan ini gak cuma terdapat toko laptop dan handphone aja. Tapi banyak kuliner yang bersejarah dan legendaris.

Salah satu tempat legendaris adalah Kopi Es TAK KIE. Kedai kopi ini adalah kedai kopi tertua di Jakarta! Sudah buka sejak tahun 1927 loh, kira kira udah berapa tahun tuh?

Sekarang, Kopi Es TAK KIE sedang dikelola oleh generasi ketiga, usaha turun temurun ini bertahan dengan sangat baik dalam kurun waktu yang lama. Emangnya apa yang menarik?

Secangkir Kopi Es TAK KIE
Secangkir Kopi Es TAK KIE Hangat.

Sekitar pukul 7 pagi saya mencari cari lokasi kedai kopi ini. Setelah berjalan kaki melewati Gang Gloria, saya menemukan Kopi Es TAK KIE. Kesibukan Minggu pagi memang menarik diamati, orang orang menyeruput kopi hangat dan memakan menu sarapan. Para pelayan toko terlihat sibuk sekali, membereskan meja dan mengantarkan pesanan. Interior ruangan yang kuno menambah kesan klasik, bangku, meja, bahkan tempat kasir pun seakan membawa saya ke tahun 30an. Di dinding kedai, ada foto-foto tokoh publik yang pernah kesini. Presiden Jokowi juga pernah kesini loh!

Kopi Es TAK KIE.
Padatnya pengunjung di Kopi Es TAK KIE.

Kopi Es TAK KIE menjual olahan kopi jadi. Kopi robusta dari berbagai daerah di Nusantara diolah menjadi secangkir kopi lezat. Disini menu andalannya adalah kopi hitam dengan es. Selain itu, ada juga kopi susu, bisa hangat atau memakai es. Saya memesan es kopi susu, dan rasanya nikmat! Rasanya sangat autentik dan jujur, terasa olahan kopinya tidak dicampuri apa apa. Kedai kopi ini bukan cafe atau coffe shop modern seperti di mall, kedai ini menghadirkan rasa “klasik” dari kedai kopi era 1900 an. Tapi bukan berarti rasanya kalah sama cafe-cafe terkenal di mall loh!

Bakmi Tak Kie.
Bakmi Tak Kie.
Nasi campur Tak Kie
Nasi campur Tak Kie.

Selain menjual kopi, Kopi Es TAK KIE pun menjual berbagai macam makanan. Ada nasi campur, bakmi, sekba dan makanan makanan lainnya. Kebanyakan makanan disini non halal, jadi untuk teman teman yang tidak mengkonsumsi makanan non halal bisa memilih makanan lain. Di sekitar tempat ini pun ada banyak penjual makanan, dari soto betawi sampai bakmoy. Jadi untuk makanannya banyak pilihan.

Semakin lama, pengunjung akan semakin penuh, kalau mau nyaman ya datang lebih pagi. Untuk sarapan sangat cocok. Sekitar jam 1 siang, Kopi Es TAK KIE sudah tutup. Jadi, jangan berkunjung terlalu siang ya.

Akses menuju ke Gang Gloria dan Kopi Es TAK KIE gampang gampang sulit. Cara pertama, kita bisa masuk melalui Jalan Pintu Besar Selatan, nah setelah melewati Alfamart Pintu Besar Selatan ada gang kecil di sebelah kiri jalan. Ikuti saja alur jalannya. Cara kedua, kita bisa masuk lewat Jalan Pancoran. Dari arah jalan, kita berjalan kaki ke arah Gang Gloria. Tempat ini udah terkenal kok, hampir setiap orang tau lokasi tempat ini. Jangan malu untuk bertanya ya.

Jadi, tertarik ngopi asik cara klasik?

Jam Buka
Setiap Hari 6.30 - 12.30 Wib

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.