Kineruku, Perpustakaan Aestetik Parah

1
1699
Foto di Perpustakaan Kineruku

Perpustakaan Kineruku merupakan salah satu perpustakaan yang pada awalnya bernama Rumah Buku. Nama Kineruku sendiri berasal dari dua suku kata, yaitu “kine” dan “ruku”. “Kine” diambil dari kata cinematic yang berarti “sinematik” dan “ruku” diambil dari singkatan “Rumah Buku”.

Perpustakaan ini berawal terinspirasi ketika pendiri melanjutkan studi di Chicago, Amerika. Sepulangnya, beliau mendirikan perpustakaan ini di sebuah rumah peninggalan kakeknya yang telah berdiri sejak 29 Maret 2003. Perpustakaan ini terletak di Jalan Hegarmanah No. 52, Kota Bandung.

Halaman Depan Kineruku

Perpustakaan Kineruku ini menyediakan referensi seputar buku, musik, dan film yang dapat dinikmati pengguna. Perpustakaan memiliki kurang lebih 4000 judul buku, 1000 CD musik, dan 1000 judul film yang tersusun di antara rak-rak kayu. Koleksi buku disini cukup bervariasi meliputi genre sastra, filsafat, desain, budaya, seni, arsitektur, sampai buku anak. Koleksi musik terdiri dari genre pop, rock, jazz, klasik, alternative independent, dan foreign classic. Dan koleksi film yang berasal dari Eropa, Amerika, Asia, dan Indonesia.

Perpustakaan pribadi ini mengusung tema vintage yang tentunya dapat membuat pengguna perpustakaan merasa nyaman seperti di rumah. Pengguna perpustakaan ini biasanya merupakan anak muda/mahasiswa dan pekerja muda, tetapi terbuka juga bagi segala usia.

Ruang Baca Kineruku

Perpustakaan yang terletak di Jalan Hegarmanah ini buka pada hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu dari pukul 10:00-20:00 WIB, hari Minggu mulai pukul 11:00-18.00 WIB, dan tutup pada hari Selasa. Untuk mencapai tempat ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online.

Untuk membaca koleksi di Perpustakaan Kineruku, pengunjung tidak dikenakan biaya. Jika ingin meminjam koleksi Kineruku, Anda bisa mendaftar menjadi member Perpus Bacabuku. Untuk menjadi member di Perpustakaan ini, akan ada 2 (dua) jenis keanggotaan, yaitu keanggotaan A dan B. Keanggotaan A akan dikenakan seharga Rp45,000,- namun koleksi yang bisa Anda pinjam terbatas. Sedangkan untuk keanggotaan B dikenakan seharga Rp95.000,-, namun Anda bisa meminjam seluruh koleksi yang ada di sana dan keanggotaan Kineruku ini berlaku seumur hidup, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan masa keanggotaan yang akan hangus dan harus memperpanjang keanggotaan setiap periodenya. Sewa koleksi yang ada di perpustakaan Kineruku cukup beragam. Untuk buku dan musik lama pinjamnya adalah 2 (dua) minggu (14 hari), sedangkan untuk film sebanyak 3 (tiga) hari. Satu anggota hanya bisa meminjam maksimal 3 (tiga) buah koleksi perpustakaan (gabungan antara buku, musik, dan film).

Selain koleksi perpustakaan, perpustakaan Kineruku ini memiliki toko buku kecil yang menjual beberapa buku, CD, accessories dan fashion yang langka dan unik. Juga terdapat kafe pada bagian belakang dekat halaman Perpustakaan yang menjual berbagai makanan dan minuman.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.