Ketan Bintul Khas Banten Kudapan Buka Puasa Sejak Tempo Dulu

0
1337
(sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Bagi masyarakat priangan mungkin tidak asing dengan kudapan ketan dimakan berbarengan dengan serundeng. Biasanya kudapan ketan diolah dengan cara dibakar atau dipadatkan langsung. Tak jarang pula kudapan ketan pun ditemani dengan segelas teh atau kopi panas. Walaupun kudapan ketan bagi warga priangan begitu tidak asing, pernahkah mendengar kudapan ketan satu ini? Warga Banten pun memiliki kudapan khas dari ketan, yaitu Ketan Bintul. Walaupun kesannya ketan ini mudah dijumpai di luar Banten, namun jangan salah, Ketan Bintul ini di Bantennya sendiri ekslusif karena hanya bisa dijumpai pada saat bulan Ramadan.

Yang membuat Ketan Bintul berbeda dengan kudapan ketan lainnya sebenarnya cukup signifikan loh! Walaupun penampakan utama yang terlihat adalah ketan padat yang ditaburi gurihnya serundeng, namun Ketan Bintul ini pun disajikan bersama kuah empal daging. Maka tidak heran jika sajian Ketan Bintul satu ini memiliki cita rasa gurih dan kaya akan rasa. Bahan dasar untuk membuat Ketan Bintul ini pun terbilang sederhana, cukup ketan putih, daging sapi, santan serta bumbu-bumbu sebagai bahan untuk kuah, kelapa parut sebagai bahan dasar serundeng.

Ketan yang dioleh pun tidak semata hanya mengolah ketan polos tanpa bumbu, ketan putih pun dimasak dengan campuran rempah serta santan, lalu setelah matang, dipadatkan agar bisa dipotong-potong dengan mudah. Serundengnya pun diolah dengan cara dibaluri bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, gula, garam, dan daun salam yang kemudian disangrai selama tiga jam agar menghasilkan aroma kelapa yang menggugah selera. Selain menghasilkan aroma menggiurkan, rasa dari serundeng ketannya pun akan berasa gurih, pedas, dan manis.

Untuk menikmati sajian unik dan nikmat ini, kamu hanya bisa menikmatinya pada bulan Ramadan saja. Hampir tidak ada yang menjajakan Ketan Bintul ini di luar bulan Ramadan. Ketan Bintul ini sudah menjadi kuliner buka puasa wajib bagi warga banten dan tidak jarang jika kudapan ini jadi incaran setiap orang. Konon, Ketan Bintul ini merupakan kudapan tempo dulu tepatnya sejak abad ke 15 dan menjadi takjil buka puasa favorit para Sultan Banten. Bahkan, ada pula yang meyakini dengan memakan Ketan Bintul saat berbuka puasa sama saja dengan menghormati para Sultan Banten. Tertarik mencoba takjil tempo dulu favorit para Sultan Banten?

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.