Keliling Jepang Murah Meriah Dengan 18 Kippu

0
606
Seperti inilah 18 Kippu.

Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan suatu negara kepulauan yang cukup luas, Uniknya, meskipun terbentuk sebagai negara kepulauan Jepang sudah memiliki infrastruktur yang memadai sehingga kita bisa menggunakan hampir seluruh moda transportasi umum untuk melintasi prefektur seperti bus, kereta, hingga pesawat. Setiap moda tentu memiliki tarif yang berbeda-beda. Untuk kamu yang berbudget besar, tentu tidak masalah jika harus naik pesawat atau Shinkansen. Tapi bagaimana jika kamu dan teman-temanmu adalah backpackers yang memiliki dana terbatas? Naik shinkansen bisa menghabiskan 16.000 ¥ atau lebih dari 1,8 juta rupiah! Nah, jika kebetulan kamu pergi di Jepang di saat yang tepat dan memiliki waktu luang yang banyak, kamu harus mencoba 18 Kippu!

18 Kippu (atau lebih tepatnya Seishun Juhachi Kippu, 青春18きっぷ) merupakan tiket khusus yang dikeluarkan oleh JR (Japan Railways). Harga tiket ini adalah 11.850 ¥ (sekitar 1,4 juta rupiah) untuk 5 hari pemakaian. Terlihat mahal? Sebenarnya tidak, karena SATU tiket ini juga bisa dipakai oleh 5 orang sekaligus untuk 1 hari penuh.

Anggaplah kamu dan keempat temanmu dari prefektur Ehime ingin pergi melihat gunung Fuji di prefektur Shizuoka. Jika kalian berlima memakai Shinkansen, masing-masing harus merogoh kocek sebesar 18.320 ¥ atau hampir 2,2 juta rupiah untuk sekali jalan. Namun jika kalian menggunakan 18 Kippu ini, masing-masing dari mereka hanya perlu membayar 2370 ¥ atau sekitar 280 ribu rupiah saja!

Perhatikan juga jenis kereta yang bisa/tidak bisa kamu naiki dengan 18 Kippu ya.

Tiket ini tidak tergolong tiket elektronik seperti tiket kereta api pada umumnya. Jadi untuk menggunakannya, kamu harus menunjukkannya terlebih dahulu kepada petugas yang berjada di gerbang masuk stasiun untuk diperiksa dan diberi cap secara manual. Setelah kartumu diberikan cap, baru kamu boleh masuk. Satu cap berlaku untuk 1 orang dalam 1 hari. Jadi jika kalian berangkat berlima sekaligus, satu 18 Kippu kalian akan diberikan 5 buah cap.

Karena harganya yang murah, tiket 18 Kippu ini hanya bisa digunakan untuk kereta JR lokal (futsudensa/kakuekiteisha) dan JR Rapid (kaisoku). Kamu tidak bisa menggunakan tiket ini untuk menggunakan JR Express (kyuko), Limited Express (tokkyu), apalagi shinkansen. Selain itu, tiket ini hanya bisa dibeli dan digunakan pada waktu-waktu tertentu saja, yakni musim semi (spring), musim panas (summer), dan musim dingin (winter). Di luar waktu yang ditentukan, tiket 18 tidak akan dijual dan tidak dapat kamu gunakan. Adapun detail jadwal dari setiap musim adalah sebagai berikut:

Kereta bertingkat marine Liner!
Spring

Masa Berlaku: 1 Maret s.d. 10 April
Masa Penjualan: 20 Februari s.d. 31 Maret

Summer

Masa Berlaku: 10 Juli s.d. 10 September
Masa Penjualan: 1 Juli s.d. 31 Agustus

Winter

Masa Berlaku: 10 Desember s.d. 10 Januari
Masa Penjualan: 1 Desember s.d. 31 Desember

Selalu perhatikan jadwal dan peron di tiap stasiun agak kamu tidak nyasar.

Perlu kamu perhatikan, karena hanya bisa menggunakan kereta lokal dan rapid waktu tempuh yang dibutuhkan pasti jauh lebih lama dibandingkan dengan shinkansen maupun pesawat. Perjalanan dari Ehime ke Shizuoka yang berjarak 767 km dengan 18 kippu ini bahkan memakan waktu hingga 15 jam disertai 7 kali transit. Durasi perjalanannya cukup panjang, mirip seperti perjalanan Jakarta-Malang. Tapi jika kamu tipe budget backpacker yang ingin menekan pengeluaran biaya perjalanan, kartu ini akan sangat membantu. Selain itu, kamu tidak akan terlalu merasakan panjangnya durasi perjalanan karena selama perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan alam Jepang dari balik jendela kereta maupun transit di berbagai stasiun.

Jika kamu sudah memiliki 18 Kippu, kamu harus mempersiapkan jadwal perjalanan yang tepat. Ingat, kamu hanya bisa menggunakn kereta lokal dan rapid hingga mencapai stasiun tujuan. Kamu bisa langsung mengecek website Hyperdia untuk mencari jadwal kereta yang tepat. Tenang saja, meskipun hanya bisa menggunakan kereta lokal dan rapid, jadwal keretanya dijamin tidak akan telat.

Jadi, kalau kamu tipe wisatawan yang budget backpacker tapi punya banyak waktu luang, tidak ada salahnya kok mencoba menikmati perjalanan dengan kereta dan transit di berbagai stasiun-stasiun JR di Jepang dengan 18 Kippu. Tiket ini bisa dibeli hampir di seluruh stasiun JR di Jepang dengan harga yang sama di tiap daerahnya (11.850 ¥).

Happy Traveling! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.