Keindahan Tersembunyi Pantai Sindangkerta

0
125
Senja yang ditunggu oleh pengunjung..

Setelah 3 jam berkendara dengan motor matic akhirnya saya tiba juga di tempat tujuan saya, sebuah pantai di Pakidulan, Tasikmalaya. Pakidulan adalah sebuah istilah untuk menyebut wilayah di selatan yang identik dengan laut. Kidul dalam Bahasa Sunda artinya selatan. Dan orang-orang di daerah Tasik biasanya menyebut daerah itu tersebut Pakidulan. Orang-orang mengenal tempat yang saya tuju ini sebagai Pantai Sindangkerta. Sebuah pantai yang punya daya tarik berupa batu karang yang terhampar luas di sepanjang garis pantai.

Saya cukup sering datang ke pantai ini. Bisa dibilang rutin setiap liburan akhir tahun. Dan saya perhatikan pantai ini terus berbenah dari waktu ke waktu. Setiap kali saya ke sini ada saja perubahan yang dilakukan pengelola. Baik itu berupa perbaikan area bermain di pantai berpasir, musala, toilet, lahan parkir, perbaikan menara pengawas dan tata letak restoran serta warung pinggir pantainya.

Pantai sindangkerta ini berada satu kecamatan dengan Cipatujah. Kalau Pantai Sindangkerta dijadikan sebagai tujuan wisata, Cipatujah sering dikunjungi untuk tujuan ibadah karena di pantai itu terdapat makam wali penyebar ajaran Islam di Tasikmalaya. Setiap waktu banyak pengunjung yang berziarah ke makam ini, apalagi di waktu-waktu tertentu yang dipercaya sebagai waktu terbaik untuk berdoa.

Menara pengawas yang mengawasi aktivitas pengunjung di sekitar pantai.

Untuk mencapai Pantai Sindangkerta butuh waktu kurang lebih 3 jam dari Kota Tasikmalaya. Rute yang saya ambil biasanya dari Kawalu – Sukaraja – Salopa – Cikatomas – Cikalong. Perjalanan dari Cikalong adalah favorit saya karena di daerah ini pantai bisa terlihat dari pinggir jalan.

Di antara pantai di sekitar Tasik yang telah saya kunjungi, Sindangkerta punya keunikan tersendiri yang belum banyak terekspos. Uniknya pantai yang berbatu karang. Kalau air sedang surut banyak binatang-binatang laut yang terperangkap di sela-sela batu karangnya. Ikan-ikan kecil bersisik warna-warni yang bisa ditemukan saat air surut membuat pengunjung seperti menemukan mainan seru ketika tiba di Pantai Sindangkerta. Cangkang-cangkang kerang yang kosong membuat pola unik di atas batu karang. Di saat ini lah pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi Pantai Sindangkerta. Pengunjung bisa bermain lebih dekat dengan garis pantai dan saat air laut surut batu karang yang tertutup air laut menjadi terekspos. Kalau dilihat dari kejauhan gugusan batu karang ini terlihat cantik.

Penunjung penasaran dengan binatang-binatang yang terjebak di antara batu karang saat air laut surut.

Jika siang hari kamu tidak suka berpanas-panasan bermain di bawah matahari yang bersinar terik, saya sarankan untuk duduk-duduk menikmati pemandangan birunya air laut saja di bawah teduhnya pohon-pohon pelindung di dekat area parkir. Dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan dari ujung ke ujung pantai. Pemandangan di jam-jam ini sangat cantik. Air laut yang jernih terlihat berkilauan diterpa cahaya matahari. Pengunjung bisa sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah masing-masing atau pesan dari para pedagang yang berjualan di sana.

Sambil menunggu senja pengunjung bisa bermain di sekitar pantai berpasir putih yang tidak jauh dari batu karang yang terhampar luas. Bermain bola, dan fasilitas bermain lainnya yang ada di sana. Tidak akan terasa lama menunggu di sini. Tiba-tiba langit sudah mulai berubah warna. Dan ini lah yang ditunggu-tunggu, senja di Pantai Sindangkerta. Saya bukan penikmat senja tapi tidak menolak kalau disuguhi pemandangan cantik dari indahnya warna langit di saat itu. Menjelang senja banyak pengunjung yang mulai meninggalkan pantai. Para orang tua memanggil anak-anak mereka untuk pulang. Pedagang banyak yang membereskan dagangannya. Pengunjung di pantai tinggal beberapa. Para penjaga pantai sudah mulai merapikan peralatan bermain yang digunakan pengunjung di siang hari. Pantai yang tadinya ramai, saat senja mulai berubah sepi. suara debur ombak dan gerak angin menjadi lebih jelas terdengar.

Batu karang luas menghampar di pantai Sindangkerta.

Ini lah yang menjadi keindahan tersembunyi di pantai ini. Perbedaan suasana antara siang dan saat senja ini terasa sekali. Kalau kamu seorang pecinta langit senja di pantai, pantai ini bisa menjadi salah satu dari daftar pantai yang harus kamu kunjungi. Bagus deh, langitnya.
Oh, ya ada dua hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke pantai ini. Pertama, usahakan untuk memakai alas kaki yang nyaman agar nyaman mengeksplorasi pantai dengan karang yang terhampar luas ini. Kedua, bawa pakaian ganti. Meskipun kamu tidak berencana untuk basah-basahan di pantai tapi percaya deh, kamu akan tergoda untuk mencelupkan kaki di air saat kamu menginjak pantainya.

So, selamat berlibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.