Kebun Binatang Surabaya : Wisata Edukatif Lintas Usia Legendaris Warisan Perhimpunan Pelajar Hindia

0
188
Menanamkan rasa menghargai terhadap satwa melalui pemberian makanan berupa sayuran.

“Surabaya Kota Pahlawan”,  kita semua tentu tidak asing lagi mendengar kalimat tersebut. Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu kota besar dari sekian jajaran kota metropolitan di Indonesia. Dengan segala hiruk pikuk keramaian yang dimilikinya, kota ini  pun menjadi destinasi bagi pemburu rezeki maupun penimba ilmu. Beragam aktifitas penduduk lokal, baik warga asli maupun pendatang, tergolong padat. Dapat dilihat dalam padatnya jalan yang dipenuhi oleh kendaraan dengan semangat para pengendaranya.

Meski demikan, Surabaya tidak melulu berkutat seputar kesibukan. Bagi yang ingin menikmati suasana santai dan sejenak melepas penat, juga dapat dijadikan sebagai tujuan wisata. Gedung-gedung pencakar langit tidak melupakan begitu saja kebutuhan masyarakat akan sarana wisata berupa tempat rekreasi dan hiburan.

Kebun Binatang Surabaya bisa jadi pilihannya. Kebun Binatang Surabaya atau sering disebut KBS adalah tujuan wisata alternatif yang layak, terjangkau, positif serta menghibur untuk berbagai kalangan. Masyarakat yang berminat mengunjungi tempat rekreasi ini dapat langsung menuju lokasi yang berada di Jalan Setail No.1, Kota Surabaya. Untuk hari biasa, Kebun Binatang Surabaya dibuka mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 waktu setempat. Sedangkan di akhir pekan mulai buka pukul 07.30 sampai pukul 16.30. Tarif tiket masuk Kebun Binatang Surabaya dibanderol sebesar Rp 15.000 saja per orang.

Area KBS nampak hijau nan asri.

Berkunjung ke kebun binatang terkadang identik dengan wisata untuk anak-anak. Namun, kenyataannya, ketika sudah masuk ke dalam area kebun binatang maka rasa-rasanya julukan wisata anak-anak perlu kita pertimbangkan lagi. Kita akan menjumpai berbagai lapisan masyarakat begitu menikmati waktu luang mereka di kebun binatang ini. Pengunjung berdatangan tidak hanya dari dalam Surabaya, tapi juga dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Lokasi Kebun Binatang Surabaya yang mudah dijangkau sangat menguntungkan para wisatawan. Di samping itu, tarif yang dipasang oleh pihak Kebun Binatang Surabaya juga sangat ramah di kantong. Selain wisatawan domestik, tidak jarang ditemui turis-turis mancanegara yang penasaran dengan kebun binatang yang pernah tercatat sebagai kebun binatang terbesar dalam kategori keragaman jenis serta jumlah satwa di kawasan Asia Tenggara. Satwa yang dikelola diperkirakan berjumlah lebih dari 2.200 ekor. Antara lain terdiri dari 182 spesies yang dibagi menjadi empat kelas, yakni mammalia, aves, reptile dan pisces.

Agar pengunjung dapat merasakan sensasi berdekatan dengan satwa, pihak Kebun Binatang Surabaya mengizinkan pengunjung untuk memberi makan dari luar gerbang pembatas agar tetap aman. Makanan yang diberikan tidak lain berupa sayuran segar seperti buncis dan wortel yang telah disediakan petugas. Jadi para wisatawan tinggal membeli sepaket sayur seharga Rp 10.000 dan tidak perlu repot membawa sayuran dari rumah. Petugas turut menyediakan antiseptic gratis bagi pengunjung seusai memberi makan para satwa.

Flamingo, Salah satu koleksi aves KBS.

Selanjutnya, para wisatawan tidak hanya diajak untuk lebih dekat dengan satwa, Kebun Binatang Surabaya juga menawarkan wahana rekreasi yang syarat akan nilai edukasi ,utamanya tentang alam. Mulai dari melihat keindahan beragam jenis ikan di area aquarium raksasa, kolam renang, animal edutainment, flying fox,sampai menjelajahi hutan buatan yang dilengkapi wahana naik perahu yang terjamin keselamatannya. Untuk menikmati keseruan, tiap-tiap wahana memiliki tarif masing-masing.

Tidak perlu khawatir, biaya tiket masuk per wahana sangat terjangkau! Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp.10.000 saja per wahana. Lingkungan yang asri dan penataan satwa yang rapih membuat suasana sangat cocok untuk bersuwafoto dengan keluarga. Di sini, segala sudut area sangat bisa dijadikan sebagi spot foto untuk menghiasi deretan potret wisata kita semua.

Kebun Binatang Surabaya ini berdiri di atas lahan seluas 15 hektar. Menurut sejarah berdirinya Kebun Binatang Surabaya, tempat wisata ini digagas oleh sebuah organisasi perhimpunan pelajar Hindia di tahun 1916. Pada mulanya, Kebun binatang ini dikenal dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin. Dari masa ke masa, akhirnya terhitung sejak Juli 2013, pengelolaan Kebun Binatang Surabaya semakin mengalami kemajuan.

Paket sayuran yang disediakan petugas KBS.

Dikelola secara profesional dan berada di bawah Badan Koordinasi Pemerintah Kota Surabaya, kebun binatang tersebut ditetapkan sebagai Perusahaan Daerah Taman Satwa  Kebun Bunatang Surabaya atau disingkat PDTSKBS. Bukan tanpa tujuan, Kebun Binatang Surabaya ini mengemban peranan penting sekaligus memiliki fungsi sosial, lho!

Berdirinya Kebun Binatang Surabaya sebagai tempat rekreasi, tempat wisata ini juga berfungsi sebagai lembaga konservasi. KBS merupakan wadah penyelamatan satwa yang habitatnya terancam sehingga dikhawatirkan mengalami kepunahan.

Kebun Binatang Surabaya selanjutnya hadir sebagai sarana pendidikan penyalur ilmu pengetahuan di luar lembaga pendidikan resmi. Penyebaran informasi mengenai satwa yang dapat terlihat dari plakat-plakat penjelasan singkat di bagian depan kandang satwa. Melalui kegiatan berwisata ke Kebun Binatang Surabaya nilai edukasi non formal sangat diharapkan mampu membangkitkan rasa cinta dan peduli teradap sesama makhluk hidup dan lingkungan.

Berwisata di Kebun Binatang Surabaya sangat membantu kita sebagai orang dewasa untuk kembali merenungi tiap-tiap makhluk ciptaan Tuhan. Betapa nelangsa dan menyedihkannya bumi ini apabila ekosistem semakin memburuk yang disebabkan  oleh ketidakseimbangan populasi antara manusia, fauna, dan flora. Satwa yang ada di Kebun Binatang Surabaya adalah satwa yang beruntung karena masih terselamatkan. Jika saja mereka mampu berbicara seperti manusia, mereka akan mengatakan bahwa mereka juga layak hidup. Maka dari itu, perlu sekali mengajarkan kepada generasi muda sedini mungkin untuk selalu menghargai satwa dan melestarikan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.