Ke Kampung Thanos Jatinangor dengan Komunitas Semut Foto

0
249

Pada 25 Agustus 2019 ini, saya ikut dengan event dari “Komunitas Semut Foto” yang mengadakan acara memotret bersama ke “Kampung Thanos“. Kampung Thanos sendiri adalah daerah persawahan yang sangat bagus (tergantung tanaman, cuaca, dan faktor lainnya). Kenapa disebut kampung thanos? Konon karena bentuknya seperti pada film “Avenger End Game” dimana Thanos duduk-duduk sendiri sambil menikmati pemandangan. Nama ini juga dipopulerkan oleh Pak Ridwan Kamil.

Nah untuk mendapatkan foto yang bagus, konon harus diambil pada saat matahari terbit atau terbenam. Dari acara kami berkumpul pada jam 4.30 di depan IPDN/STPDN yang terletak di Jatinangor. Dari situ kita pergi lagi ke deket lokasinya kira-kira 15-20 menit dengan kendaraan.

Patokannya kemaren, kami yang membawa mobil / motor ke arah Kantor Kepala Desa Cileles. Tepat di depannya ada lapangan yang bisa buat parkir kendaraan (mobil). Cukup luas. Dan karena di depan kantor kepala desa, akan terjaga.

Kantor Kepala Desa Cileles

Berikut adalah jalan ke lokasi, dan arah foto agar pas untuk ke arah Timur (matahari terbit). Klik gambar-gambar tersebut untuk dapat gambar lebih besar.

Untuk jalan-jalan kali ini dipandu oleh Pak Panji (ig: @traveller_sering_nyasar), Pak Bima (ig: @bimarikarson) yang menyiapkan lokasi dan membimbing, dan Bu Rini (ig: @rini.syahrani) sebagai Ketua Komunitas Semut Foto.

Karena pada saat kita berangkat adalah gelap, disarankan membawa lampu senter yang cukup terang (atau menggunakan flashlight dari handphone kita). Juga perlu membawa tripod untuk kamera kita karena lensa kita akan dibuka cukup lama agar mendapat gambar yang baik dengan cahaya yang minim. Juga jangan lupa memilih ISO yang jangan terlalu tinggi karena akan membuat foto kurang bersih. (detail caranya baiknya nanti oleh rekan-rekan yang ahli).

Berikut adalah foto-foto di lokasi:

Kampung Thanos Panoramic

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sampai jumpa di lain kesempatan. Jika teman-teman ada usul atau saran, silahkan tulis di bawah ya.

ps. foto-foto dan catatan-catatan didapat dari group “Komunitas Semut Foto”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.