Kampung Buricak Burinong – Objek Wisata Kekinian di Bendungan Jatigede Kabupaten Sumedang

3
772
Kantor Desa Paku Alam
Kantor Desa Paku Alam.

Objek wisata Bendungan Jatigede sekarang sepertinya menjadi icon Kabupaten Sumedang, Karena selain objek wisata di Sumedang bertambah juga Bendungan Jatigede berfungsi untuk menjaga aliran sungai Cimanuk agar pada musim kemarau tetap dapat mengairi daerah didepan Bendungan Jatigede selain itu Bendungan Jatigede ini nantinya berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Pemandangan Kampung Buricak Burinong
Spot berfoto dengan pemandangan kampung buricak burinong.

Adanya bendungan Jatigede di kabupaten Sumedang membuat potensi baru sumber mata pencaharian masyarakat sekitar Bendungan Jatigede, apalagi masyarakat yang terdampak oleh Bendungan Jatigede. Setelah sawah, kebun  dan lahan produksi lainnya yang tergenang banyak masyarakat Jatigede yang beralih profesi. Diantaranya adalah mengelola objek wisata yang ada di sekitar Jatigede, makanya tidak aneh apabila di daerah Bendungan Jatigede, objek wisatanya dikelola oleh warga setempat.

Banyak objek wisata yang ada di Jatigede, namun yang menyorot perhatian pada akhir-akhir ini adalah Kampung Buricak Burinong, Kampung Buricak Burinong ini ada di Dusun Cisema Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Objek wisata ini dinamakan Buricak Burinong karena kondisi perkampungannya yang dicat warna warni sehingga terlihat Buricak Burinong (dalam bahasa Sunda).

Gerbang Masuk Kampung Buricak Burinong
Gerbang Masuk Kampung Buricak Burinong.

Kondisi warna-warni dikampung Buricak Burinong ini dicat oleh masyarakat sekitar serta beberapa komunitas relawan yang bertekad membangun objek wisata Buricak Burinong ini. Sehingga Kampung Buricak Burinong ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang suka berfoto apalagi berfoto selfi. Berikut spot dan fasilitas menarik Yang ada di Kampung Buricak Burinong Dusun Cisema Desa Paku Alam Kecamatan Jatigede:

Spot Selfi Kekinian

Wisata Kampung Buricak Burinong
Salah satu spot selfi.
Spot Berfoto kampung Buricak Burinong
Spot Berfoto kampung Buricak Burinong.

Saat pertama memasuki daerah kampung Buricak Burinong ini kita sudah disuguhkan oleh spot untuk berfoto dengan adanya payung warna-warni, kemudian spot foto lainnya yang berada dekat gerbang pertama kita memasuki kampung Buricak Burinong. Di dalam kampungnya juga banyak spot foto lainnnya seperti gambar-gambar mural yang ada di tembok.

Pemandangan Bendungan Jatigede

Pemandangan Bendungan Jatigede
Pemandangan Bendungan Jatigede.
Pemandangan Jatigede
Pemandangan Jatigede dari Kampung Buricak Burinong.

Letak atau kondisi geografis kampung Buricak Burinong yang menurun atau berbentuk terasering kebawah juga membuat pemandangan Bendung Jatigede terlihat jelas dari kampung Buricak Burinong ini. Juga genteng-genteng rumah yang terlihat warna-warni dari atas menambah keren pemandangan Jatigede.

Tempat Makan dengan Makanan Khas Sunda

Di Tepi kampung Buricak Burinong yang dekat dengan air bendungan desa Jatigede ini ada banyak tempat makan dengan makanan khas Sunda selain itu juga makanan yang disajikan atau yang ditawarkan ada olahan makanan khas kampung tersebut diantaranya adalah olahan ikan khas sungai Cimanuk (sungai utama yang dibendung bendungan Jatigede)

Taman Baca Masyarakat

Kampung Buricak Burinong ini merupakan desa yang dicanangkan menjadi desa literasi  maka dari itu di desa ini juga ada taman baca masyarakat.

Tempat Parkir Motor dan Mobil

Buat kalian yang ingin membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir untuk tempat parkir karena di dekat tempat makan di kampung Buricak Burinong ini terdapat tempat parkir luas, ada tempat parkir untuk motor mapun mobil.

Akses Menuju Kampung Buricak Burinong

Untuk akses menuju Kampung Buricak Burinong ini sebetulnya sangat mudah mengingat Kampung Buricak Burinong ini terkenal di masyarakat sekitar. Untuk menuju lokasi lebih mudah memakai kendaraan pribadi bisa melewati jalan raya Situraja apabila dari arah Sumedang kota tinggal masuk jalan yang mengarah ke Cigintung Kecamatan Cisitu dari sana anda tinggal bertanya lokasi Kampung Buricak Burinong. Juga perlu diketahui ketika anda sudah dekat menuju lokasi Kampung Buricak burinong diharap berhati-hati karena disana ada sedikit jalan yang jelek dan juga jalan proyek, tapi tenang ketika anda sampai akan terbayar oleh pemandangan keren dari Kampung Buricak Burinong.

3 KOMENTAR

  1. semoga jatigede bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan selalu di banggakan oleh masyarakat sumedang,,,teruslah berbenah untuk industri pariwisata dan lainnya

  2. Terima kasih ulasannya…. Untuk informasi aja kini kami buka sport baru paralayang di sekitaran buricak burinong….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.