Kacamata Hitam yang Ideal Untuk Memenuhi Kebutuhanmu

0
1358
(sumber: Unsplash.com)

Hampir semua traveler mewajibkan kacamata hitam sebagai must have item bahkan menjadi item terpenting untuk kebutuhan traveling. Kacamata hitam pun semakin hari semakin beragam bentuknya. Iming-iming item satu ini dapat menunjang penampilan saat traveling, namun tanpa kamu sadari, kacamata hitam pun mempunyai peran penting bagi kesehatan matamu. Bahkan tak jarang kacamata hitam pun dianjurkan sekali pemakaiannya bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, apalagi bagi kamu seorang traveler.

Pasalnya, sensitivitas matamu tidak jauh beda dengan kulitmu yang membutuhkan sunscreen setiap beberapa jam. Matamu pun perlu perisai yang melindungi rentannya mata mulai dari kelopak mata, kornea, lensa hingga retina mata dari paparan sinar matahari. Maka, kacamata hitam berperan penting sebagai pelindung utama paling efektif dari sinar UV yang bisa merusak seluruh komponen matamu. Kerusakan apa saja yang bisa dialami dari paparan sinar UV? Tak tanggung-tanggung, kerusakan dari paparan sinar UV mulai dari keratitis, yaitu kerusakan mata yang dimulai dari gejala mata bengkak dan sensasi perih yang menyeran mata, kemudian bisa menyebabkan tumbuhnya selaput pada permukaan mata atau biasa disebut sebagai pterygium, dan pinguekula, yaitu sebuah benjolan kuning pada selaput bagian putih mata.

Krusialnya kacamata hitam bagi setiap orang khususnya traveler, membuat kamu perlu juga mengetahui fitur apa saja yang harus dicermati bagi yang ingin memulai mencari kacamata andalannya untuk traveling. Sebaiknya memilih kacamata bukan hanya sekadar model yang bagus dan asal melindungi matamu, namun kamu juga harus memastikan jika kacamata hitammu memiliki lensa yang ampuh menangkal sinar UV. Syarat kacamata hitam yang ideal untuk dibawa sebagai traveling stuff-mu diantaranya sebagai berikut:

Memiliki Frame yang Cenderung Tebal dan Lebar

(sumber: Unsplash.com)

Haruskah kacamata hitam memiliki frame yang tebal dan lebar? Mungkin kamu sering memerhatikan di berbagai optik, hampir seluruh model kacamata memiliki model yang seperti ini. Bahkan tidak jarang frame yang dimiliki kacamata tersebut bisa menyentuh tulang pipi ang terdapat pada model kacamata hitam perempuan. Selain untuk menunjang penampilan agar terlihat menarik di foto, kacamata hitam yang memiliki lensa lebar dan tebal berfungsi untuk melindungi matamu dari sinar UV yang bisa masuk dari sisi kacamata.

Lensa yang Didukung Oleh Anti-UV Coat

(sumber: Unsplash.com)

Kacamata hitam yang berlensa gelap tidak menjamin jika lensa yang disematkan memiliki fitur anti-UV juga. Maka, sebelum membeli kacamata hitam, pastikan lensa yang disematkan di kacamata hitam favoritmu dilapisi oleh anti-UV A dan B coat. Bahkan, dilansir dari azcentral.com, seorang ophthalmologist, Dennis Robertson, MD mengungkapkan saat membeli kacamata, upayakan memilih lensa yang memiliki coat yang dapat menangkal minimal 99 persen UVB dan 95 persen UVA.

Jangan Asal Gelap! Pastikan Kacamata Hitam yang Kamu Gunakan Gelap Merata

(sumber: Unsplash.com)

Sekilas mungkin seluruh lensa kacamata hitam akan terlihat sama, namun kamu pun harus cermat dalam memilih lensa kacamata hitam. Konsep yang perlu kamu tanami adalah “jangan asal hitam” karena faktanya, walau terlihat seluruh lensa berwarna hitam, lapisannya tidak akan maksimal melindungi matamu jika pada satu sudut warnanya tidak merata. Cara menguji lensa kacamata hitammu maksimal atau tidak, kamu bisa mengarahkan lensa kacamatamu lurus ke depan pada satu objek. Jika objek yang kamu targetkan melengkung horizontal atau terdistorsi, sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli kacamata hitam tersebut karena lensa yang digunakan belum sesuai dengan syarat kacamata hitam ideal. Agar lebih sigap dalam membeli kacamata hitam, kamu juga bisa konsultasi dulu ke dokter mata sebelum membeli kacamata hitam. Jangan sampai travelingmu menjadi awal dari bencana bagi matamu, ya! Selalu siapkan kacamata hitam untuk plesir ke destinasi favoritmu.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.