Jejak Surga yang Tersembunyi di Pulau Bangka

0
269
Pesona Danau Kolong Biru di Bangka
Pesona Danau Kolong Biru di Bangka.

Aktivitas traveling tengah populer dan makin banyak digandrungi belakangan ini. Hal ini tak terlepas dari peran media sosial yang nyaris tiap detik memunculkan unggahan-unggahan tempat wisata keren yang menggelitik para traveler untuk datang. Begitupun dengan Pulau Bangka, tidak kalah menarik dari Pulau Belitung, meskipun belakangan Pulau Belitung lebih populer daripada Pulau Bangka.

Bukan hanya di Pulau Belitung, jika anda ingin melihat lebih dalam dari Pulau Bangka, anda akan menemukan surga tersembunyi di Pulau ini. Tempat wisata berikut juga mendadak populer melalui media sosial. Bukan melulu tentang pantai yang sudah indah darisananya, namun bekas Tambang Timah pun bisa menjadi permata untuk pulau ini.

Kolong Biru

Hard to find but worth to see, Kolong Biru.

Kolong Biru Bangka
Danau ini merupakan bekas galian timah.

Kolong diambil dari bahasa Bangka yang berarti kolam atau danau, danau ini merupakan bekas galian timah. Kolong Biru ini terletak di Bangka Tengah, tepatnya di Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka Tengah. Kawasan ini berjarak sekitar 60km dari Kota Pangkalpinang yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam.

Tidak ada petunjuk khusus menuju Kolong Biru, karena kawasan ini memang tidak dikelola secara resmi sebagai lokasi wisata. Bahkan jalan menuju kawasan Kolong Biruitu masih sulit untuk dilalui, biasanya pengunjung bertanya kepada warga lokal untuk mencapai lokasi bekas galian timah milik salah satu perusahaan swasta ini. Bahkan, tidak semua penduduk lokal-pun tau mengenai Kolong Biru ini.

Kolong Biru Bangka
Gundukan yang cerah berwana putih.

Kolong Biru sudah ditinggalkan oleh perusahaan pengelola timah kurang lebih sejak 4 tahun yang lalu. Mereka membiarkannya begitu saja tanpa ada revitalisasi. Dua tahun kemudian, kolong ini mulai ramai didatangi warga lokal karena pemandangannya yang menakjubkan.

Selain dikenal dengan nama Kolong Biru, Danau Kaolin yang mirip seperti di Belitung. Ada juga yang menyebutknya sesuai dengan lafal Bangka, yaitu Danau Aik Biru yang berarti Danau Air Biru.

Disana pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan air berwarna biru cerah yang luas. Di sekelilingnya terlihat gundukan tanah bekas galian timah berwarna putih membentang dan membentuk bukit-bukit. Cantik sekali.

Pemerintah daerah lebih diuntungkan dalam promosi karena dengan sendirinya pengunjung sudah mempromosikan objek wisata itu melalui media sosial.

Redhills

Redhills atau Danau Ampar
Pesona Danau Ampar dari atas Gundukan berwana Merah.

Bukan hanya Kolong Biru yang memiliki danau dengan gundukan putih, di Bangka terdapat Danau bekas tambah timah lagi yaitu Danau Ampar atau yang dikenal dengan Redhills.

Redhills ini berlokasi di daerah Riding Panjang, Kabupaten Bangka. Untuk bisa sampai di lokasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat kota.

Redhills atau Danau Ampar
Gundukan-gundukan yang terbentuk secara alami berwarna merah, namun tetap cantik.
Redhills atau Danau Ampar
Redhills atau Danau Ampar.

Bukan hanya gundukan yang berwarna merah, hampir sama dengan Kolong Biru, di tengah-tengah antara gundukan terdapat sebuah danau yang dulunya airnya berwarna kecoklatan, dan seiring berjalannya waktu danau ini semakin cantik dengan warna yang menjadi biru kehijauan.

Sebenarnya Redhills ini berada di daerah tambang yang masih aktif, jadi tidak terdapat lahan untuk parkir, namun masih bisa dilewati untuk pengunjung yang datang membawa kendaraan roda empat.

Jadi, kalau ke Bangka jangan lupa datang ke pesona bekas tambang timah ini, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.