Jatim Park 1: Tempat Wisata Semua Umur

0
356
Museum Jatim Park.

Malang dikenal sebagai kota wisata yang memiliki udara sejuk. Selain menjadi destinasi wisata, Malang juga dikenal dengan kulinernya seperti bakso Malang dan apel Malang. Beruntung saya bisa mengunjungi kota ini karena saat itu saya harus menghadiri sebuah conference di Universitas Brawijaya Malang. Untuk sampai ke Malang, saya menggunakan kereta sebagai alat transportasi dengan tujuan Stasiun Kota Malang. Setelah selesai dengan conference, barulah saya dan teman-teman memikirkan ke mana kita akan berlibur.

Saat sudah sampai Malang, kami memutuskan untuk menyewa mobil seharian demi mempermudah mobilisasi kami. Setelah mobil disewa, kami langsung berangkat menuju kawasan Batu. Batu merupakan daerah Pemekaran, Malang, karena dinilai banyak destinasi wisata. Destinasi yang kami pilih yaitu Jatim Park 1. Jatim Park terbagi menjadi tiga bagian; Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Harga Tiket

Harga tiket masuk saat itu sebesar Rp. 120.000 untuk weekend, bila weekeday cukup Rp.75.000 saja. Jatim Park bukan saja dianggap sebagai taman rekreasi, namun tempat yang tepat untuk mengedukasi anak-anak karena banyak informasi terkait ilmu pengetahuan dan seni budaya. Selain itu, ada wahana bermain serta kolam renang, cocok sekali bila kamu berlibur bareng keluarga.

Museum edukasi jatim park.

Diorama Nusantara

Saat pertama masuk, kamu akan disuguhkan tarian Indonesia. Selain itu, terdapat diorama dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dengan masing-masing rumah adatnya. Ciri khas pakaian dari tiap daerah pun bisa kamu lihat di sini. Ada pula panggung untuk pernikahan dengan ciri khas daerah masing-masing. Karakter yang ditampilkan terbuat dari boneka-boneka lucu seperti yang biasa kita liat di Istana Boneka Dufan.

Ada Banyak Hewan Juga!

Setelah itu, ada beberapa satwa yang bisa kita lihat di Jatim Park 1, seperti singa, macan, burung, serta ikan yang banyak jenisnya dalam satu area Istana Aquarium. Banyak spesies ikan yang berasal dari Benua Afrika dan Amerika. Selain itu, ada Indonesia Museum Heritage di mana terdapat koleksi-koleksi topeng, senjata-senjata tradisional serta lukisan-lukisan. Uniknya, untuk menikmati secara live koleksi-koleksi ini, ada aplikasi khusus virtual AR yang dapat diunduh.

Tempat Edukasi

Spot lainnya yaitu tentang museum edukasi. Penerapan aplikasi ilmiah dari teori-teori sains bisa kita praktekan langsung di sana, seperti gravitasi, bumi, cahaya, listrik dan lain-lain. Penjelasan dari wahana-wahana ini membuat kita paham dengan mudah mengenai teori-teori sains dasar yang selama ini kita tahu di bangku sekolah.

Swiming pool jatim park.

Banyak Wahana!

Setelah melewati diorama-diorama museum budaya nusantara dan sains, baru kamu akan disuguhkan dengan wahana-wahana permainan. Wahana-wahana ini terus bertambah setiap tahunnya lho! Kamu bisa menikmati roller coster yang akan bikin kamu teriak-teriak, kicir-kicir yang membuat kamu merasa akan terlempar dari pusaran, rumah hantu yang siap membuat detak jantungmu berdetak lebih kencang. Selain itu ada pendulum,  bianglala besar, dan tornado. Sebenarnya, wahana di Jatim Park 1 masih tergolong ramai jadi kalian tidak perlu capek-capek untuk antri supaya bisa menikmati semua wahananya.

Oh ya, di sini juga ada Museum Tubuh yang sudah bisa dinikmati sekalian karena berada dalam satu wilayah dengan Jatim Park. Untuk menikmati semua fasilitas di Jatim Park 1, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 120.000.

Nah seru, kan? Ke Malang pengen dapet paket komplit untuk wahana rekreasi bareng teman atau keluarga? Bisa coba ke Jatim Park!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.