Jangan Malas Berolahraga Saat Berpuasa! Berikut Tipsnya

1
335
(source: usplash.com)

Pada bulan Ramadhan ini, selama kurang lebih 30 hari, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Banyak orang yang dengan sengaja mengurangi aktivitas fisik pada saat berpuasa dengan alasan lemas, padahal sebenarnya apabila diatur secara tepat, kita tetap dapat melakukan aktivitas fisik seperti biasanya, tanpa menghiraukan ibadah puasa yang sedang kita lakukan.

Salah satu aktivitas fisik yang sering ditinggalkan adalah olahraga. Padahal, olahraga merupakan hal yang sangat penting dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh kita. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa berolahraga saat puasa dapat membantu tubuh dalam membakar lemak lebih banyak dari biasanya yang akan berujung pada penurunan berat badan.

Oleh karena itu, Travelblog.id akan memberikan beberapa tips untuk tetap berolahraga ketika berpuasa. Yuk, disimak!

Waktu olahraga

Waktu olahraga merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan sebelum akan melaksanakan olahraga ketika berpuasa, karena apabila salah waktu, maka bukannya menyehatkan, tapi malah membuat kita lemas, pusing, atau bahkan jatuh sakit dan tidak bisa menjalankan ibadah puasa. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah setelah buka dan setelah sahur. Karena pada waktu-waktu tersebut, tubuh kita masih menyimpan tenaga yang bersumber dari makanan yang telah kita makan.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa sekitar 30-60 menit menjelang berbuka juga direkomendasikan berolahraga untuk menghabiskan sisa energi kita yang kemudian akan digantikan pada saat berbuka puasa.

Jenis olahraga

Selain waktunya, jenis olahraga yang akan dilakukan pun perlu diperhatikan. Olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan saat berpuasa adalah olahraga ringan, seperti jogging, stretching, yoga, bersepeda, dan yang lainnya. Di mana merupakan jenis olahraga yang tidak memiliki pergerakan yang terlalu intens.

Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat pada saat berpuasa, karena ditakutkan tubuh kita tidak akan kuat untuk menahan beban dari olahraga tersebut. Tetapi, apabila tetap ingin dilakukan, maka dianjurkan dilakukan setelah waktu berbuka tiba, dengan catatan porsinya tetap dikurangi, tidak seperti saat hari biasa.

Jaga Asupan Makanan

Pada saat berpuasa berarti kita mendapatkan waktu yang terbatas untuk makan dan minum, yaitu pada saat sahur, dan pada saat berbuka hingga sahur. Akan tetapi, bukan berarti kita harus makan sebanyak-banyaknya pada waktu tersebut, karena hal itu juga tidak efektif untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kita harus bisa mengatur asupan gizi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Pastikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran secara cukup dan teratur, beberapa di antaranya adalah apel, nanas, semangka, dan melon untuk buah; dan sayuran hijau seperti, bayam dan brokoli, karena dapat membantu sistem metabolisme tubuh saat kita sedang berpuasa.

Selain itu, pastikan juga untuk meminum air untuk mencegah dehidrasi, usahakan dalam sehari meminum antara 1.5 – 2 liter air yang dapat dibagi pada waktu sahur dan berbuka.

Nah, travelbloggers, itu dia tips agar tubuh kita senantiasa tetap bugar ketika menjalankan ibadah berpuasa. Jangan sampai puasa menjadi halangan untuk melakukan olahraga, karena sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita.

Sampai jumpa di tips berikutnya, yaa!

 

Penulis: Nadia Khalishah

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.