Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Berkunjung ke Gili Trawangan!

0
1111
Senja di Gili Trawangan.

Siapa yang tidak ingin ke Pulau Gili Trawangan? Sebuah pulau kecil yang masuk dalam administrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat. Banyak orang dibuat takjub dengan keindahan pulaunya, termasuk saya. Saya pernah melakukan trip singkat ke sana, namun sepertinya masih kurang, karena waktu yang digunakan untuk mengeksplorasi terasa terlalu singkat. Dalam kunjungan tersebut, saya menyadari bahwa ternyata banyak hal yang seharusnya tidak saya lakukan di sana. Ada pula hal yang sebenarnya harus saya lakukan, namun saya abaikan. Informasi yang tersedia di internet juga tidak sepenuhnya lengkap, karena banyak pula informasi yang ternyata sudah kedaluwarsa.

Pertimbangkan akan menaiki kapal penyeberangan yang murah atau mahal

Sebelum menaiki kapal di Pelabuhan Bangsal Pemenang Lombok, kita harus cermat untuk memilih antara akan menaiki kapal kecil atau kapal motor yang canggih. Banyak calo yang menawarkan jasa penyeberangan, tapi jangan mudah tergiur. Segera menuju loket resmi di pelabuhan yang kecil. Harga tiket kapal penyeberangan biasa hanya sekitar Rp. 15.000 saja. Kapal tersebut selalu ada setiap satu jam sekali. Apabila kapal motor yang canggih, berangkat kapan saja, sesuai dengan kemauan si penumpang. Kalau tidak begitu buru-buru, disarankan naik kapal yang murah saja.

Jangan mencoba bejalan kaki untuk memutari Pulau Gili Trawangan

Sekilas melihat di peta, pulau tersebut sangat kecil jadi terasa mungkin untuk dikelilingi dengan langkah kaki. Perlu diingat bahwa di Pulau Gili Trawangan tidak ada kendaraan berpolusi sama sekali, jadi alternatifnya hanya menaiki sepeda, cidemo atau dokar, dan tentunya berjalan kaki. Saya nekat untuk berjalan kaki, dan ternyata itu adalah pilihan yang salah. Saya harus berjalan selama dua jam lebih, itupun setelah saya memutuskan untuk memotong jalan di tengah, karena tidak kuat berjalan. Keesokan harinya saya pun memilih menyewa sepeda dengan harga Rp. 40.000.

Kapal Penyebrangan Murah di Gili Trawangan.
Jangan keluyuran di malam hari jika kamu seorang muslim yang taat

Lombok memang dikenal sebagai “pulau seribu masjid”, di Pulau Gili Trawangan saja ada dua masjid yang tergolong besar, namun pulau tersebut berubah ketika malam hari. Ada banyak pesta diskotik dengan miras di mana-mana. Suasana malam akan sangat ramai dengan musik gemerlap. Jika kalian muslim yang baik, lebih baik santai-santai saja di kamar atau lobi hotel.

Memilih hotel lewat aplikasi dan tanyakan langsung by phone kepada petugas hotel.

Hal tidak menyenangkan saya alami ketika sudah memesan hotel dengan harga terjangkau, yaitu hanya Rp. 100.000 per malam. Tiba-tiba ATM mati, sehingga saya tidak bisa membayarnya. Saya yang sudah membawa uang tunai pun akan kebingungan mencari lokasi hotel yang tidak saya ketahui alamatnya, dan inilah saat calo bertugas. Saya tergiur oleh tawaran calo karena sudah lelah mencari hotel yang ingin saya tuju. Saya pun harus merogoh kocek lebih lagi untuk si calo itu. Calo di Gili Trawangan sudah siap sedia sejak kita turun dari kapal, jadi usahakan pesan hotel sebelum menyeberang sebagai antisipasi ATM rusak.

Kapal Menuju Tempat Snorkling.
Pesan snorkeling di penginapan saja

Di dekat bibir pantai, berjejer puluhan toko yang menyediakan trip snorkeling ke tiga pulau. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 100.000 yang dimulai pada pukul 11:00 – 15:00. Ternyata, ada harga yang lebih murah lagi jika kita memesannya di penginapan. Harga yang ditawarkan hanya Rp. 80.000 saja. Selain itu, jika kita menyewa sepeda di luar penginapan juga terdapat selisih sekitar Rp. 20.000 lebih mahal. Jadi, usahakan selalu bertanya kepada petugas hotel atau penginapan, siapa tahu mereka menyewakan berbagai jasa dengan harga yang lebih murah.

Itulah dia beberapa tips yang saya berikan berdasarkan hasil pengalaman saya berkunjung ke Gili Trawangan. Semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.