Jalan-Jalan Tanpa Ribet dengan Lock Box di Bangkok Thailand

0
113
Lock Box di Bangkok Thailand.

Pernahkah kalian ingin langsung pergi jalan-jalan setelah mendarat di bandara tanpa harus kepikiran dengan barang bawaan? Atau mungkin saat ada sisa waktu setelah check out dari hotel sebelum penerbangan pulang, kalian ingin memanfaatkan waktu itu untuk jalan-jalan? Misalnya kalian check out dari hotel pukul 12.00, penerbangan pulang pukul 21.00. Dengan waktu sesingkat itu, sayang sekali jika uangnya digunakan untuk menyewa kamar.

Nah, saat kalian pergi ke Bangkok, Thailand, kalian akan mendapatkan suatu kemudahan. Kalian tidak perlu khawatir barang bawaan akan merepotkan kalian selama jalan-jalan mengelilingi Bangkok. Pasalnya, di Bangkok sudah ada layanan penyimpanan atau self service electronic locker yang dapat kalian gunakan untuk menyimpan tas, koper, dan barang lainnya. Layanan itu bernama lock box.

Keberadaan lock box ini mudah sekali dikenali karena warnanya kuning terang seperti kulit pisang. Umumnya, kalian bisa menjumpai lock box di MRT dan BTS. Jika kalian baru mendarat di Bandara Don Mueong International, kalian bisa menuju Kota Bangkok dengan naik bus dan memilih turun di MRT Chatuchak atau BTS Skytrain Chatuchak. Di situ ada lock box yang bisa kalian pakai untuk menyimpan barang bawaan kalian.

Biaya Menyimpan Barang di Lock Box.

Loker di lock box tersedia dalam empat ukuran, yaitu S, M, L, dan XL. Harganya pun beragam, mulai dari 20 baht atau Rp 8.600 per jam hingga 50 baht atau Rp 23.000 per jam (nilai tukar rupiah ke baht 430) tergantung dari ukuran lokernya. Untuk ukuran S, harganya 20 baht per jam, ukuran M harga 30 baht, ukuran L  harga 40 baht, dan ukuran XL harga 50 baht.

Untuk bisa menggunakan loker ini, kalian harus menggunakannya minimal selama dua jam. Layanan peminjaman loker ini tersedia selama 24 jam sehingga kalian tidak perlu khawatir dengan barang-barang bawaan kalian. Sayangnya, kalian tidak bisa meninggalkan barang-barang itu lebih dari 3 hari. Untuk pemakaian hingga empat hari, ada biaya khusus yang disediakan, yaitu 350 baht selama 12—24 jam.

Transaksi untuk Membuka Loker dan Memasukkan Barang.

Karena self service, bahasa yang ada di lock box ada 4, yaitu Bahasa Inggris, Thailand, Cina, dan Jepang. Kalian bisa menyesuaikan dengan bahasanya. Uang yang digunakan pun bisa berupa koin atau lembaran 100 baht. Saat kalian menggunakannya, kalian akan diminta membuat kata sandi dan memasukkan nomor telepon kalian sebagai cadangan. Setelah itu, kalian akan diminta melakukan pembayaran. Segera masukkan uang yang sudah kalian siapkan ke dalamnya. Loker pun akan terbuka secara otomatis lalu kalian bisa memasukkan barang-barang bawaan kalian ke dalamnya. Jangan lupa untuk mengambil barang-barang kalian tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan karena jika melebihi waktu, kalian harus membayar lebih banyak.

Keberadaan loker ini di dekat MRT Chatuchak sangat memudahkan bagi kalian yang baru tiba hari Sabtu/Minggu pagi dan ingin langsung menuju Chatuchak Market. Kalian bisa menghemat waktu dan ongkos transportasi untuk bolak-balik ke hotel dari bandara. Selain di MRT Chatuchak, kalian juga bisa menemukan di beberapa tempat di Bangkok, yaitu di JJ Plaza, Phahon Yothin, Lat Phrao, Sutthisan, Huai Khwang, Thailand Culture Centre, Phra Ram 9, Makkasan, Phetchaburi, Asok, Sukhumvit, Kamphaeng Phet, Phaya Thai, BTS Siloam Line National Stadium, Hua Lamphong, Sala Daeng, Sam Yan, dan Si Lom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.