Jalan – Jalan ke Kota Kudus, Jangan Lupa Cicipi Soto Kudus

0
384
Tampilan Soto Kudus Porsi Besar dan Lauk Pendampingnya.

Kota Kudus merupakan salah satu kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya kurang lebih 80 km dari Kota Semarang. Akan menempuh perjalanan kurang lebih 1 – 2 jam dengan menggunakan kendaraan darat seperti bus, mobil ataupun motor dari Kota Semarang yang kemudian melewati Kota Demak terlebih dahulu. Kota ini memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari budaya, wisata, industri, dan tak ketinggalan wisata kulinernya.

Wisata kuliner di kota ini lebih didominasi makanan berat dan salah satu makanan khas Kota Kudus yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah soto kudus. Soto ini bukan hanya terkenal di Kudus saja lho! Bahkan di luar kota ini sudah banyak warung-warung yang menjual soto Kudus. Akan tetapi, cita rasa asli dari soto ini akan lebih terasa bila mencicipinya langsung dari kota asalnya.

Salah satu hal yang menjadikan soto ini unik yakni dari penggunaan daging kerbau. Walaupun di kota – kota lain ada yang memakai daging sapi, tapi aslinya soto Kudus menggunakan daging kerbau. Ada cerita tersendiri mengenai penggunaan daging kerbau ini, nanti akan aku bahas di cerita selanjutnya. Selain menggunakan daging kerbau, bagi kalian yang tidak menyukai daging dari hewan berkaki empat, kalian bisa memesan soto ayamnya saja.

Soto Kerbau.

Soto Kudus memiliki cita rasa yang berbeda dengan soto – soto lainnya. Soto ini memiliki kekhasan pada kuah yang sedikit kental jika dibandingkan dengan soto seger Boyolali dengan perpanduan taburan bawang putih dan tambahan taugenya. Komposisi utama dalam pembuatan kuah soto Kudus terletak pada kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, merica, bawang – bawangan dan juga garam. Tambahan lain seperti tauge, daun seledri, bawang putih goreng, jeruk nipis dan tentu saja penggunaan dagingnya, yakni kerbau atau ayam.

Biasanya soto Kudus disajikan pada mangkuk dengan porsi kecil karena katanya masyarakat Kudus porsi makanannya sedikit. Akan tetapi dari beberapa warung soto Kudus yang sudah aku coba sudah ada pilihan porsi besar atau keci.l Bahkan ada yang sudah menggantikannya dengan mangkuk besar. Ketika menyantap soto Kudus, jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa dan juga menetralkan lemak dari kuah dan dagingnya. Ketika menyantap soto Kudus paling nikmat jika dipadukan dengan menggunakan sate telur puyuh atau sate jeroan. Benar – benar perpaduan yang nikmat!

Menu Soto Bu Jatmi.

Minuman yang paling tepat untuk mendampingi santapan soto Kudus adalah jeruk hangat atau teh hangat. Akan tetapi, menyantap soto ini dengan ditemani es degan tak kalah enaknya kok. Oh ya, waktu paling tepat untuk menikmati soto Kudus adalah pagi atau siang hari.

Jika kalian sedang berkunjung atau berwisata ke Kota Kudus atau hanya sekedar lewat, jangan lupa mencicipi salah satu soto khas Indonesia ini ya! Ada beberapa rekomendasi tempat untuk membeli soto Kudus, yakni:

Soto Kudus Bu Jatmi yang terletak di daerah Panjunan, tepatnya di Jalan Kyai H. Wahid Hasim No 43. Soto ini biasanya buka pukul 07.30 – 22.00 WIB. Soto Bu Jatmi merupakan salah satu soto Kudus yang terkenal dengan kelezatan yang tidak perlu diragukan lagi.

Soto Kudus Pak Denuh yang terletak di jalan utama Kudus – Semarang sebelum Rumah Sakit Mardirahayu. Alamatnya yakni Jl. AKBP Agil Kusumadya, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Biasanya buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.

Tampilan Soto Kudus Porsi Besar dan Lauk Pendampingnya.

Soto Kudus Ramidjan yang beralamat di Jl. Kudus – Jepara No.79A, Bakalan, Purwosari, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Buka pukul 06.30 – 20.30 WIB

Soto Karso – Karsi, tak jauh dari Soto Pak Denuh, tepatnya terletak di Jalan R. Agil Kusumayudha, Jati, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bukanya agak siang, yakni pukul 11.30 – 19.00 WIB. Cocok bagi kalian yang hanya melewati Kota Kudus karena terletak di jalan utama.

Itulah empat rekomendasi warung soto Kudus yang menurutku rasanya mantap. Jangan lupa untuk mencicipinya dan rasakan perbedaan soto ini dibanding soto lainnya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.