Jalan-jalan ke Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat

3
619
Kawah Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat.
Kawah Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat.

Sahabat semuanya, kali ini saya akan bahas mengenai perjalanan wisata indah nya pesona Tangkuban Perahu / Gunung Tangkuban Perahu. Nah, sebelum membahas lebih dalam, yukk mari simak berikut ini:

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17°C pada siang hari dan 2 °C pada malam hari.

Indahnya pesona Kawah Putih di Bandung Jawa Barat.

Sahabat semuanya, membahas mengenai Asal usul Gunung Tangkuban Perahu ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibu kandungnya yang bernama Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda aktivitas gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya adalah di kawasan Ciater, Subang. Gunung Tangkuban Parahu pernah mengalami letusan kecil pada tahun 2006, yang menyebabkan 3 orang luka ringan.

Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga besar yang kini merupakan kawasan Bandung. Diyakini oleh para ahli geologi bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan laut merupakan sisa dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. Fenomena seperti ini dapat dilihat pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan kawasan Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan cerita masyarakat kawasan itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi masyarakat kawasan Gunung Sunda Purba terhadap peristiwa pada saat itu.

Berfoto di Tangkuban Perahu
My super Heroo. Mom and Dad, aware of the camera.

Wisata Kuliner Lembang
Selain itu sahabat semuanya bisa juga merasakan kuliner Lembang. Lembang memiliki banyak wisata kuliner khas Bandung yang di jual restoran dan warung-warung sepanjang jalan. Kuliner khas lembang seperti ketan bakar yang sudah terkenal citra rasa yang nikmat. Ketan itu sengaja dibakar lalu diberi santan, agar teras gurih. Ketan bakar biasanya dibungkus kecil menggunakan daun pisang lalu di bakar. Aroma dari ketan bakar luar biasa harum sehingga membuat siapa pun tergoda mencoba salah satu kuliner Bandung ini. Untuk soal harga murah kok. Gak begitu mengocek kantong kisaran harga Rp.30.000,-

Terlebih lagi ketika menyantap ketan bakar, ada segelas kopi susu hangat yang membuat tubuh jadi segar dan hangat. Selain ketan bakar, teman-teman pun juga bisa mencoba tahu susu yang tak kalah nikmat rasanya, belum lagi ada oncom Raos. Oncom raos merupakan kuliner khas Bandung terbuat dari bahan olahan kacang fermentasi.

Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Bagi teman-teman hendak memasuki lokasi wisata, maka perlu menyediakan dana retribusi sebagai tiket masuknya. Harga tiket masuk ke lokasi wisata dibedakan antara wisatawan domestik dengan wisatawan asing. Untuk wisatawan domestik dikenakan 15.000 rupiah sedangkan wisatawan asing 50.000 rupiah. Tertarik datang kesini?

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.