Jalan-Jalan di Kota Parigi, Murah Meriah Asyik !

0
612
Taman Masigi.

Parigi adalah salah satu dari 23 kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Kota kecil yang ramah ini, jauh dari bayangan kota di tempat lain, di sini masih asri, udaranya sejuk, bersih juga tidak macet. Parigi menyimpan daya tarik tersendiri, meski berada di jantung ibu kota kabupaten, beberapa tempat mampu memanjakan dengan berbagai kelebihannya yang bikin pengunjung betah berlama-lama.

Alun-Alun 

Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika berada di Parigi adalah alun-alun. Pergi ke tempat ini tidak perlu membayar karcis masuk alias gratis. Lokasinya dikelilingi pohon-pohon yang rindang, sejuk sekali, tempatnya bersih, bikin kita nyaman. Di sebelah selatan alun-alun ada aneka kuliner yang dijual para pedagang kaki lima, mulai dari aneka minuman segar hingga makanan berat. Pedagang berjajar di bawah pohon-pohon rindang, suasananya nyaman. Anda wajib mencicipi salah satu jenis es di tempat itu, pasti ketagihan. Alun-alun ini terletak di jantung Kota Parigi tepat depan kantor Bupati Parigi Moutong, berada di area kompleks perkantoran menjadikannya tempat yang paling strategis untuk dikunjungi. Itulah sebabnya tempat ini selalu ramai setiap hari.

Alun-alun ini memiliki banyak fungsi, selain sebagai ruang terbuka hijau (RTH) tempat ini dikhususkan untuk kegiatan olah raga karena itu alun-alun dilengkapi berbagai fasilitas seperti lapangan gate ball, dinding boulder, arena skate board, lapangan bola voli, lapangan bola basket, arena panahan, tempat fitness, hingga jalur jogging. Anda bisa mencoba salah satunya, rasakan serunya berolahraga di taman terbuka.

Alun-Alun Kota Parigi.

Tidak ada satupun tempat berolahraga yang terlihat sepi, semua kalangan usia memiliki tempat di Alun-alun. Pada pelaksanaan tournament, tempat ini bisa dikunjungi hingga ratusan orang setiap hari misalnya pertadingan panjat tebing yang rutin digelar setiap tahun. Para atlet panjat akan datang dari berbagai daerah untuk unjuk kebolehan  di turnamen bergengsi itu. Begitu juga dengan olah raga panahan yang mulai ramai diminati kalangan masyarakat.

Jalan sore-sore ke alun-alun, Anda tidak akan bosan karena Anda bisa mengelilingi alun-laun sambil jogging dan sesekali berhenti menonton berbagai pertandingan atau sekadar orang-orang latihan. Jika bosan, Anda bisa ke arena fitness dan mulai mencoba beberapa alat yang dipasang permanen, semua gratis lho. Kalau membawa anak kecil, Anda tidak perlu khawatir karena di alun-alun juga ada beberapa permainan yang bisa dipakai anak-anak. Peralatanya  melatih ketangkasan anak Anda, tidak rugi rasanya membawa keluarga jalan-jalan ke alun-alun, asyik dan bermanfaat.

Taman Masigi

Taman Masigi terletak di kelurahan Masigi Kecamatan Parigi, taman ini menjadi tempat favorit anak muda karena taman ini dijadikan tempat pertunjukan seni dan budaya. Pada waktu-waktu tertentu, hampir setiap bulan ada pertunjukan seni budaya digelar baik oleh pemerintah, sekolah juga komunitas. Pada momen seperti itu, taman ini akan ramai dari pagi hingga malam hari.

Pada waktu tertentu, Taman Masigi menjadi tempat berkumpulnya para pekerja seni di Kabupaten Parigi Moutong, selain sebagai tempat pertunjukan seni, juga menjadi tempat belajar para pemula pegiat di bidang seni dan budaya. Seru bukan?

Taman Masigi.

Taman Masigi, dikelilingi pohon-pohon besar menjadikannya sangat sejuk, belum lagi di dalam taman dipenuhi rumput hijau, pohon palem berjajar rapi, ada tumbuhan merambat yang dibuat menjalar naik di jalur pejalan kaki. Ada arena pertunjukan di ruang terbuka yang dilengkapi dengan tempat duduk melingkar juga ada aula pertemuan. Setiap hari orang-orang datang, dari semua lapisan usia ada yang sekadar nongkrong, jalan-jalan sore bersama keluarga, membawa anak-anak bermain di taman, menikmati kuliner sambil bercengkrama bersama sahabat di taman, atau datang menonton pertunjukan seni.

Di luar pagar Taman Masigi, ada puluhan pedagang yang menjual aneka jajanan seperti siomay daging, olahan cemilan dari tahu, es kelapa muda, macam-macam minuman segar dengan berbagai varian rasa, ada juga yang menjual jagung bakar, stik pisang dan aneka cemilan. Tinggal pilih mau nyicip yang mana?

Jika Anda membawa anak kecil, jangan khawatir karena tempat ini justru menjadi  arena bermain yang menyenangkan bagi mereka. Bagaimana tidak, ada taman bermain anak yang dibangun dekat dengan gedung pertemuan. Anak Anda bisa bermain ayunan, jungkat jungkit, papan seluncuran sepuasnya. Asyik bukan? Enaknya jalan-jalan ke Taman Masigi karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya masuk,  gratis.

Hutan Kota Parigi.
Hutan Kota

Namanya saja hutan kota, ya ada sebuah hutan di tengah-tengah Kota Parigi. lokasi ini sengaja didesain menjadi hutan sebagai penyangga paru-paru kota.

Hutan kota sebagai paru-paru kota menjadi salah satu tempat primadona. Aksesnya yang sangat mudah dan terletak di dalam kota, cocok dijadikan tempat untuk berkemah bagi keluarga. Di area yang luasnya sekitar dua hektar ini, ditumbuhi berbagai jenis pohon seperti eboni, mahoni, palapi, tanaman buah-buahan seperti  pohon durian, rambutan dan manga. Di hutan kota juga ada gazebo yang dibuat bagi pengunjung yang sekadar datang menikmati suasa alam yang sejuk. Tidak jarang kita jumpai anak muda yang datang untuk berfoto-foto ria atau sekadar datang bercengkrama menikmati suasa sore yang syahdu di hutan kota.

Anda bisa merasakan kesejukan semilir angin dan udara yang bersih selama berada di hutan kota dengan gratis. Jalan-jalan di Kota Parigi murah meriah juga asyik, bukan? Ayo berkunjung ke Parigi Kabupaten Parigi Moutong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.