Jajal Kuliner Asli Jepang yang Halal Saat Berlibur Ke Jepang

0
216
Es Krim Matcha.

Kuliner enak dari Jepang memang sudah banyak bermunculan di Indonesia karena berbeda dari kuliner negara lain. Kuliner asal Jepang memang khas karena memiliki tekstur yang lembut, rasa yang original, dan bentuk yang tidak biasa. Kuliner Jepang yang sudah masuk ke Indonesia dan digemari banyak orang antara lain sushi, okonomiyaki, Takoyaki, mi ramen, mi soba, kakigori, yakitori, dorayaki, sashimi, ringo ame, dan olahan dari matcha, teh hijau. Satu di antara olahan dari matcha yang digemari adalah es krim.

Kuliner yang kalian coba di Indonesia itu sudah halal dan menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia karena rata-rata pemiliknya adalah orang Indonesia dan kokinya juga orang Indonesia yang spesifik mempelajari kuliner Jepang. Untuk menjajal kuliner Jepang dengan rasa otentik, kalian bisa menjajalnya saat pergi berlibur ke Jepang. Sayangnya, kalian yang beragama Islam harus hati-hati. Pasalnya, kuliner asli Jepang, seperti es krim sekalipun mengandung emulsi minyak babi. Takoyaki dan okonomiyaki pun begitu.

Saat kalian kebetulan memiliki kesempatan untuk ke Jepang, kalian bisa menjajal kuliner halal ini. Namun, jika kalian kurang yakin, kalian bisa bertanya ke penjualnya sambil menunjukkan gambar babi dari ponsel kalian.

Tempura
Tempura.

Tempura adalah gorengan khas dari Jepang. Sama seperti di Indonesia, gorengan ini identik dengan makanan yang dicelupkan ke dalam adonan tepung lalu digoreng di dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Tempura ini sangat cocok dilahap dengan nasi, ramen, udon, atau sushi dengan sambal atau saus khas Jepang.

Jenis tempura di Jepang pun banyak sekali. Ada tempura sayur dengan isian aneka sayuran. Sayuran yang sering digunakan sebagai isian adalah ubi, labu, wortel, okura, terong, dan daun oba. Bahkan, ada juga sayuran liar yang sering dijadikan tempura. Tempura ini diberi nama tempura sansaitori dan tara no me tempura. Jenis tempura satu ini mengikuti musim di Jepang. Meskipun sayuran, rasanya tetap gurih dan renyah. Kedua, ada tempura ikan. Biasanya ikan putih dipilih karena mengandung sedikit lemak. Meskipun isinya sayuran dan ikan, kalian tetap harus bertanya. Khawatirnya, tempura ini digoreng dengan minyak babi.

Nori
Nori.

Nori adalah rumput laut. Nori di Jepang disajikan dalam ukuran setipis kertas, bentuk lembaran, dan dimasukkan dalam plastik. Jadi, tiap satu sachet berisi 3 lembar nori. Umumnya, restoran di Jepang selalu menyajikan nori ini dalam bentuk sachet di wadah khusus yang diletakkan di meja pengunjung. Pengunjung biasanya memakannya dengan nasi hangat. Kalian aman untuk mengonsumsi ini.

Sashimi
Sashimi.

Makanan Jepang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bukan. Sashimi adalah makanan mentah yang sangat terkenal. Meskipun mentah, rasanya tetap enak dan tidak amis. Sashimi ini paling enak jika dimakan dengan cocolan bumbu kecap, bubuk cabai, wasabi, atau jahe.

Sashimi di Jepang umumnya menggunakan daging ikan atau hewan laut. Jenisnya bermacam-macam. Ada maguro dari ikan tuna dengan warna merah menyala, sake dari ikan salmon dengan warna oranye yang lembut, sea bream, skipjack tuna, kanpachi dengan warna ikan tembus pandang, buri dengan rasa mentega, squid, octopus (biasanya sudah direbus), scallop dengan rasa manis dan lembut, hokkigai, dan ikura dari telur ikan salmon. Jika kalian tidak cocok dengan rasanya, coba sedikit saja yak arena khawatir kalian akan muntah. Sayang sekali, harganya sangat mahal menu satu ini. 

Salad Rumput Laut Wakame dan Tofu
Salad Rumput Laut Wakame dan Tofu.

Salad rumput laut makame dan tofu cenderung disajikan dalam satu piring. Tofu adalah tahu dalam bahasa Indonesia. Tofu yang disajikan telah diolah dengan cara direbus. Di sampingnya, ada semangkuk kecil olahan rumput laut. Jenis rumput laut yang digunakan adalah wakame. Rumput laut itu disajikan dalam bentuk salad. Rasanya unik dan sedikit asam. Pasalnya ada campuran cuka dan biji wijen.

Es Krim Matcha
Es Krim Matcha.

Menu satu ini memang harus kalian coba ketika kalian ke Jepang. Rasa matcha yang berada dalam es krim sangat kuat. Otentik sekali rasanya. Jika kalian kurang menyukai rasa pahit matcha, kalian bisa memesan dengan pilihan menu dicampur, misalnya dengan vanilla.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.