Itinerary Liburan 6D5N di Seoul Korea Selatan

Gyeongbokgung palace.

Setelah booking tiket dan penginapan, apalagi yang harus disiapkan untuk berlibur ke Korea Selatan? Jawabannya tentu itinerary. Kalian wajib sekali membuat itinerary sebelum bepergian ke manapun, tak hanya ke Korea Selatan. Tanpa itinerary, kalian akan mengalami kesusahan saat di sana, bahkan liburan kalian menjadi berantakan karena kalian tidak tahu harus ke mana.

Berikut ini adalah itinerary yang saya gunakan selama berlibur ke Korea Selatan. Karena saya memilih penerbangan lanjutan dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur-Korea Selatan dan Korea Selatan-Kuala Lumpur-Jakarta. Jumlah hari untuk berlibur semakin lama. Jadi, itinerary yang saya tuliskan ada kelebihan hari selama perjalanan. Namun, hari-hari selama berlibur di sana hanya 6 hari 5 malam, ya.

Day 1 Keberangkatan ke Kuala Lumpur Malaysia

Saya berangkat ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.00 dengan naik bus dari Depok. Sesampainya di bandara, saya check in dan melewati imigrasi. Dari bandara ini, saya melakukan penerbangan ke Kuala Lumpur. Pukul 21.00, saya sampai di Bandara KLIA 2 Malaysia. Nah, penerbangan berikutnya dengan rute Kuala Lumpur ke Seoul, Korea Selatan masih keesokan harinya sekitar pukul 16.00. Jadi, saya bermalam di bandara KLIA 2. Mengapa harus jeda satu hari? Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada penerbangan kita. Delay kah atau cancel kah? Sebaiknya antisipasi di awal.

Day 2 Keberangkatan ke Seoul Korea Selatan

Pagi-pagi, saya pindah ke bandara KLIA 1 karena penerbangan berikutnya menggunakan pesawat Air Asia. Semua rute dengan pesawat Air Asia hanya ada di bandara KLIA 1. Tenang, tidak perlu khawatir masalah transportasi pindah bandara ini ya. Pihak bandara sudah menyediakan free shuttle bus untuk pindah bandara. Di sini, kalian sebenarnya punya dua opsi. Kalian bisa berkeliling ke pusat Kota Malaysia atau memilih stay di bandara. Saya memilih stay di bandara karena khawatir terlambat ke penerbangan berikutnya. Sebelum check in, saya menimbang tas dulu agar tidak dikenai over baggage saat check in. Setelahnya, kami melakukan penerbangan selama 6—7 jam perjalanan. Saya pun buka puasa di atas awan. Maskapai pun memberikan kurma dan air minum gratis untuk penumpang yang puasa. Nah, karena sampai di Bandara Internasional Incheon sudah malam, saya pun tidur di bandara lagi.

Day 3 K-Star Road, Ewha Womans University, dan Masjid Itaewon
Foto oppa yang bertebaran di Stasiun.

Karena baru hari pertama mendarat di bandara, saya memilih destinasi yang tidak terlalu jauh. Jadilah, saya pergi ke jalan yang banyak terdapat patung K-POP. Setelah puas berfoto di sini, saya berjalan sekitar 10 menit menuju kampus yang khusus untuk perempuan, tetapi memiliki gedung yang sangat bagus dan instagramable. Selanjutnya, saya menuju tempat penginapan di daerah Itaewon. Sore hari hingga malam saya habiskan di Masjid Itaewon sambil menunggu buka puasa.

Day 4 Nami Island, Petite France, Garden of Morning Calm
Nami Island.

Jika kalian pergi ke Nami Island, kalian perlu juga pergi ke destinasi wisata lainnya yang juga dekat dengan Nami Island, yaitu Petite France dan Garden of Morning Calm. Destinasi wisata ini termasuk paling jauh dari pusat Seoul. Kalian perlu berangkat sangat pagi jika ingin ke sini.

Day 5 Kegiatan Konferensi

Bagian ini tidak perlu diceritakan karena saya ke Korea Selatan sedang mengikuti kegiatan konferensi yang dibiayai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Day 6 Kegiatan Konferensi dan Namsangol Hanok Village

Hari ini pun saya masih ada kegiatan konferensi, tetapi sorenya saya masih bisa menyempatkan jalan-jalan ke Namsangol Hanok Village. Ini semacam rumah zaman dahulu yang sering muncul di drama Korea. Saat itu, situasi sedang hujan dan ada syuting drama juga.

Day 7 Gyeongbokgung Palace, Cheonggyecheon, Gwanghwamun, Bukchon Hanok Village, National Folk Museum

Destinasi ini terletak dalam satu kawasan dan dekat dengan Stasiun Gyeongbokgung. Keluar dari stasiun, kalian sudah melihat pintu masuk Gyeongbokgung Palace. Setelah puas berfoto di istana, kalian bisa pergi ke patung raja pertama di Korea. Namanya Gwanghwamun. Karena panas banget, kalian perlu membawa payung. Setelahnya, berjalanlah ke arah Cheonggyecheon, tempat sungai yang sangat cantik. Jika kalian suka dengan museum, kalian bisa masuk ke National Folk Museum. Sebenarnya banyak pilihan museum, tetapi museum yang menarik itu. Terakhir, sore-sore kalian bisa berjalan santai di Bukchon Hanok Village. Semuanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Pokoknya siapkan banyak energi, air minum, dan camilan khusus destinasi ini.

Day 8 Dongdaemon Market, Namsan Tower, Toko Line & Friends, dan Myeongdong Market

Terakhir, kalian bisa menghabiskan hari terakhir dengan belanja di dua pasar yang berdekatan, yaitu Dongdaemon Market dan Myeongdong Market. Awali dengan Dongdaemon Market kemudian ke Namsan Tower. Jadikan Myeongdong Market destinasi terakhir saat sore hari agar kalian bisa membeli jajanan Korea. Di Myeongdong baru buka menjelang malam.