Itinarary 3D2N Menikmati Alam Muara Emat

0
236
View Landscape Alam Muara Emat.

Siapa sih yang tidak mengenal keindahan alam Kabupaten Kerinci? Kabupaten yang berada di dataran tinggi Provinsi Jambi ini ternyata bukan hanya eksotis dengan Gunung Kerincinya, tapi juga spot menarik lain. Diantaranya ada di Desa Muara Emat. Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Merangin ini sangat layak dipertimbangkan bila hendak mencari lokasi wisata alam yang masih asri dan menantang.

Tertarik ingin mencoba? yuk simak intinerary 2D3N di Desa Muara Emat berikut ini:

Menikmati Tebing Siginjai

Di hari pertama tiba di desa Muara Emat, kamu bisa memulai perjalanan dengan mengunjungi Tebing Siginjai. Perjalanan menuju ke sana dari desa berkisar 4 jam jika ditempuh dengan berjalan kaki. Medan yang dilalui cukup terjal dan melelahkan. Tapi semua itu akan terobati oleh keindahan landscape bukit barisan di sepanjang perjalanan. Jika malas berjalan kaki, kamu juga bisa menyewa ojek motor yang ada di desa. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 50.000/motor. Itu sudah termasuk jasa driver.

Tebing Siginjai.

Sesampai di lokasi dan menyaksikan langsung keberadaan Tebing Siginjai, kamu akan dibuat heran dan takjub. Bila biasanya tebing yang dijumpai adalah bentangan dinding perbukitan yang luas dan panjang, tapi yang satu ini justru berdiri sendiri dengan bentukan yang khas. Seolah gumpalan batu raksasa yang muncul dari permukaan tanah.

Di lokasi tebing banyak hal yang bisa dinikmati. selain berswafoto dengan background tebing dan lansdscape alam, kamu juga bisa langsung mencoba beberapa jalur pemanjatan yang pernah dibuka oleh Mapala Siginjai Universitas Jambi. Tapi ini buat kamu yang memang memiliki kemampuan panjat tebing dan membawa perlengkapan pemanjatan sendiri.

Pemandangan dari puncak tebing tidak kalah indah. Bila cuaca sedang cerah kamu bisa melihat gunung Hulu Nilo dan Gunung Sumbing yang berada di Kabupaten Merangin. Tentu saja pemandangan yang demikian tidak semua orang bisa menikmatinya.

Sebagai penyempurna, di malam hari, kamu bisa bercengkrama di terangi api unggun dalam romatisnya malam yang berpadu dengan suara alam nan syahdu di bawah tebing.

Air Terjun Muara Emat

Mengisi hari kedua, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke air terjun di Desa Muara Emat. Jika kamu masih berada di Tebing Siginjai dan hendak mengunjungi air terjun ini maka harus kembali dahulu ke pemukiman masyarakat.

Air Terjun Muara Emat.

Jarak dari desa ke air terjun berkisar 2 jam. Di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berdekatan. Air terjun pertama yang dijumpai di perjalanan adalah Air Terjun Talun Satu. Air terjun Talun Satu memiliki ketinggian berkisar 5 meter, ditandai dengan bongkahan batu besar di muka air terjun. Lokasi ini bisa menjadi rest area bagi kamu yang hendak melahap makan siang sambil menikmati gemercik air terjun berpadu vegetasi pepohonan yang rapat.

Setelah puas di Air Terjun Talun Satu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Talun Dua. Waktu tempuh dari Air Terjun Talun Satu ke Talun Dua berkisar satu jam. Sepanjang perjalanan pastikan kamu memperhatikan medan yang dilalui karena jalurnya masih sangat rapat dan tertutup.

Di Talun Dua terdapat kolam pemandian alami di dasar air terjun. Kolam pemandian ini cukup luas dan bisa digunakan untuk berenang. Selain itu di sekitaran air terjun juga terdapat sungai kecil yang bisa dinikmati sambil bersantai. Sembari duduk santai kamu akan melihat hilir mudik ikan kecil yang menghiasi kejernihan air sungai. Suasana adem dan damai ini sejenak akan membantu mengilangkan beban pikiran kamu dari rutinitas harian.

O ya, jika kamu hendak mendirikan camp untuk menikmati malam di sini, tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat camping ground. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melihat lebih dekat alam di desa muara emat yang satu ini ya.

Arung Jeram di Sungai Perbatasan TNKS

Hari ketiga, kamu bisa menikmati jeram di sungai muara emat. Sungai dengan jeram indah ini adalah batas antara wilayah pemukiman masyarakat muara emat dengan wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Sungai untuk bermain perahu dan arung jeram

Aktivitas arung jeram bisa dimulai dari jembatan desa Muara Emat. Jeram yang ada di sungai ini memang tidak se-ekstrem jeram lain yang ada di wilayah Batang Merangin. Tapi buat wahana bermain perahu karet bagi pemula, tempat ini sangat layak dicoba.

Sambil menyusuri sungai, Batang Merangin menawarkan pengalaman dan sensasi berbeda karena diapit oleh lebatnya pepohonan. Belum lagi jernihnya riak air yang berpadu dengan bongkahan batu batu sungai. Semua adalah anugrah alam yang sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu berencana merasakan sensasi arung jeram di sini sebaiknya membawa peralatan sendiri. Seperti perahu dan perlengkapan pengarungan lainnya. Maklum, di tempat ini sama sekali belum ada tersedia paket wisata untuk mewadahi hal tersebut.

Nah, itulah hal menarik yang bisa dilakukan di Desa Muara Emat dalam waktu 3 hari 2 malam. Jadi sangat disayangkan jika kamu tidak menikmati alam desa muara emat yang indah ini secara optimal ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.