Ingin Hemat Traveling ke Luar Negeri? Berikut Tipsnya!

0
365
KLIA (Kuala Lumpur International Airport).

Berbicara mengenai traveling ke Luar Negeri sudah pasti menjadi idaman banyak kawula muda. Sedang menjadi tren masa kini untuk menikmati indahnya setiap sudut dunia ini. Banyak hal yang perlu disiapkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, khususnya ke tempat yang berada di luar tanah air. Banyak yang menganggap bahwa melakukan perjalanan ke Luar Negeri akan menguras uang yang sangat banyak. Memang benar, akan tetapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran.

Ketika kita berada di negara orang lain, maka yang perlu kita ketahui adalah kita berada di tempat dengan kultur dan mata uang yang berbeda. Sebelum memutuskan berkunjung ke negeri tersebut, pastikan dulu bahwa kalian memahami garis besar dari tempat yang akan kalian datangi. Hal itulah yang nantinya bisa kalian jadikan tolak ukur untuk menekan pengeluaran. Ada beberapa hal yang perlu dicek seperti ulasan makanan, tempat tinggal, transportasi, jajan, oleh-oleh, serta hal apa saja yang umum dan tidak umum dilakukan di sana.

Berikut ini tips yang perlu dilakukan ketika hendak traveling ke Luar Negeri:

1. Tentukan Tujuan Sesuai Budget

Tujuan perjalanan harus kita tentukan sesuai dengan budget yang kita miliki. Jangan sampai kita mengunjungi tempat yang biaya hidupnya di atas budget yang kita miliki. Jika ingin menikmati sensasinya berada di negara orang lain yang low budget, terutama untuk yang pertama kali ke Luar Negeri sendiri, Kalian bisa memilih negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Selain free Visa di sana juga memiliki kultur yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

2. Tiket Pesawat

Low Cost Carrier Air Plane (Air Asia Garage)
KL air port.

Inilah yang paling utama dan biasanya membutuhkan biaya yang besar. Tenang saja, sekarang banyak sekali pesawat LCC (Low Cost Carrier) yang pastinya sangat menekan biaya. Harganya bisa 50% lebih murah dari tiket five star airlines, bahkan sering sekali ada tiket yang hanya Rp. 0,-. Sebut saja Air Asia yang sangat sering memberi promo dan Big Deal yang menggiurkan. Kalian bisa membelinya di website Air Asia, atau jika ingin lebih murah bisa membeli di agen tiket pesawat.

Pengalaman berkunjung ke Jepang tiket PP hanya Rp3.500.000 sudah bagasi 20kg, tiket PP ke Korea Rp4.200.000 sudah bagasi 25 kg, Thailand mulai dari Rp1.200.000. Belilah tiket pesawat selambat lambatnya 1 bulan keberangkatan. Jika kalian membelinya mepet, harga tiket pesawat akan semakin menaik tajam. Biasanya saya memantau harga tiket pesawat sejak 1 tahun sebelum saya berangkat, jadi sudah diincar dan diamati jauh-jauh hari. Lihat dari beberapa agen, bandingkan dan cari tahu kredibilitas agen. Hati-hati tiket yang harganya tidak wajar dari harga agen lainnya rawan penipuan. Biasanya harga tiket tidak jauh beda setiap agennya, hanya selisih 100-500 ribu per tiket. Jika selisih sangat banyak kalian patut mencurigai. Lihat promo-promo di setiap aplikasi penjualan tiket. Pembelian di tengah malam akan memiliki harga lebih miring.

3. Booking Penginapan

Untuk mendapatkan penginapan yang murah, hindari booking hotel. Bisa booking guest house, kost, hostel, atau jika berpergian rame-rame bisa membooking apartemen. Berikut ini beberapa aplikasi untuk booking penginapan seperti booking.com, agoda, air bnb, traveloka dan lain sebagainya. Jangan lupa membaca detail dari review penginapan, rating yang diberikan, serta fasilitasnya. Harga penginapan di Asia selama 1 minggu sekitar 1-2 juta untuk kelas ekonomi.

4. Membawa Makanan dari Indonesia
Gwanghwamun, Seoul, South Korea.

Inilah jurus andalan menghemat budget dan juga menjamin kehalalan makanan. Berkunjung kenegara yang mayoritas bukan muslim membuat saya kesusahan mencari spot makanan halal sehingga saya sering membawa bekal seperti sarden, abon, sosis siap makan, mie instan dan sereal. Selain halal makanan dari Indonesia lebih sesuai dengan lidah kita dan lebih murah pastinya. Akan tetapi, kita juga harus mencoba makanan di sana agar kita tahu bagaiman taste asli orang sana.  

5. Pocket Wifi

Jaringan internet merupakan suatu keharusan yang kita siapkan untuk menunjang perjalanan kita. Menyewa pocket wifi merupakan alternatif murah apabila kita berpergian secara rame-rame. Jika melakukan solo traveling kalian bisa membeli perdana di negara tujuan. Harga sewa pocket wifi di lingkup asia untuk 1 minggu berkisar 200-500 ribu rupiah tergantung negara tujuan dan lama waktu. Satu pocket wifi bisa untuk 5 mobile phone.

6. Transportasi
Transportasi umum (BTS).

Sebelum berangkat kenegara tujuan pelajari terlebih dahulu trasnportasi umum yang sering digunakan di sana. Harga transportasi umum akan sangat lebih murah dibandingkan harga taksi atau private transportation.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.