Indahnya Sunset di Tanjung Bias, Lombok

0
3719
Keindahan sunset di Pantai Tanjung Bias Lombok.

“Sesungguhnya Tuhan itu indah, dan mencintai keindahan”. Penggalan kata itu mungkin tepat untuk saya ucapkan ketika berdiri di pinggir Pantai Tanjung Bias. Seketika saya melihat keindahan ciptaan Tuhan yang tampak di semenanjung Pantai Tanjung Bias.

Berada  di Desa Batu Layar Kabupaten Lombok Barat, Pantai Tanjung Bias merupakan salah satu mahakarya Tuhan yang cukup membuatku berdecak kagum saat mengunjunginya. Apalagi ketika sore senja. Warna jingga merona di ufuk barat semakin membuatku berucap, “Tidak ada lagi ciptaan Tuhan yang sia-sia.”

Saya berkesempatan mengunjungi Pantai Tanjung Bias sore itu. Bermula dari ajakan teman, saya langsung mengiyakan ajakan itu. Karena saya salah satu penikmat senja ulung yang kerap berpuisi ketika melihat wajah langit jingga di ufuk barat yang semakin sore semakin cantik. Dan itu saya temukan di Pantai Tanjung Bias.

Suasana pengunjung mulai memadati pantai Tanjung Bias.

Menuju Pantai Tanjung Bias dari rumahku di Gerung Lombok Barat tak begitu jauh. Berangkat dari Gerung Lombok Barat menuju Batu Layar Lombok Barat hanya berjarak 20 KM saja dengan waktu tempuh sekitar 40 menit saja. Sesampai di Pantai Tanjung Bias, saya menemukan kerumunan manusia yang duduk santai menikmati hidangan alam yang memukau. Menuju Pantai Tanjung Bias, Travelovers bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Area parkir di Pantai Tanjung Bias yang cukup luas, mampu menampung banyak kendaraan.

Pantai Tanjung Bias merupakan salah satu pantai yang tak jauh dengan Pantai Senggigi Lombok. Akan tetapi, Pantai Tanjung Bias terletak di Kecamatan Batu Layar, bukan Senggigi. Pantai Tanjung Bias juga merupakan pantai yang belum lama ini viral di Lombok. Bagaimana tidak, suasana Pantai Tanjung Bias saya kira sangat pas bagi para penikmat senja layak saya in. Di Pantai Tanjung Bias, terdapat beberapa spot untuk menikmati senja. Beberapa cafe, warung kopi (warkop) menyediakan tempat untuk bersantai ria melihat senja. Ada kursi yang empuk, meja yang sengaja diletakkan tepat di bibir pantai Pantai Tanjung Bias.

Dari Kota Mataram menuju Pantai Tanjung Bias hanya memerlukan waktu 20 menit saja. Jika berangkat sore hari, Travelovers tidak perlu risau. Karena jalan menuju ke Pantai Tanjung Bias ini cukup mudah diakses. Dari Mataram, Travelovers harus melalui jalan menuju arah Pantai Senggigi Lombok. Pantai Tanjung Bias, terletak sebelum Pantai Senggigi, hanya berjarak 5 KM sebelum Pantai Senggigi.

Suasana malam hari dengan lampu berwarna-warni di Pantai Tanjung Bias.

Pantai Tanjung Bias, merupakan pantai yang berpasir hitam. Akan tetapi, keindahan sunset di Pantai Pantai Tanjung Bias ini membuat pengunjung pada sore hari selalu ramai dan padat. Namun Travelovers tak perlu risau, area Pantai Pantai Tanjung Bias sangatlah luas, yakni sekitar 1 KM membentang dari ujung utara hingga ujung selatan. Sehingga, Travelovers tak perlu khawatir jika tak kebagian tempat duduk.

Di Pantai Tanjung Bias pun terdapat beberapa spot untuk berfoto. Desain pantai yang cukup unik dihiasi oleh kursi dan meja yang berwarna warni membuat mata Travelovers tak akan bosan memandang sekeliling. Bukan hanya itu, desain Pantai Tanjung Bias ini sengaja dibuat oleh para pemuda setempat demi memanjakan para pencari insta-story. Warna-warni desain ini merupakan keunikan yang ditawari oleh pengelola Pantai Tanjung Bias.

Travelovers juga akan menemukan tempat penyewaan kuda di Pantai Tanjung Bias. Jika anda berminat menaiki kuda, cukup membayar ongkos sebesar Rp 20.000 saja untuk satu kali putaran di pinggir Pantai Tanjung Bias. Dipandu oleh pemilik kuda langsung, Travelovers tak perlu khawatir jika takut kuda tersebut tak bisa dikontrol.

Suasana tempat bersantai di pantai Tanjung Bias.

Selain itu, di Pantai Tanjung Bias, Travelovers bisa memilih menu makanan dengan harga sangat terjankau. Pengelola Pantai Tanjung Bias, tetap mematok harga sesuai dengan harga di tempat lain di Mataram. Lihat saja, menu makanan khas Lombok seperti pelecing dibandrol dengan harga Rp. 10.000 saja untuk satu porsi. Untuk kopi hitam, dibandrol Rp.5.000 saja. Cukup murah lho buat Travelovers. Selain dua makanan itu, terdapat pula beragam jenis makanan yang harganya terjangkau. Saya tidak bisa sebutkan semuanya buat Travelovers. Hehe.

Bagi saya, orang Lombok sendiri ketika berada di Pantai Tanjung Bias tak pernah berhenti berucap sykur kepada Tuhan yang Maha Agung telah menciptakan keindahan alam secantik senja di Pantai Tanjung Bias. Buat Traveler, saya sarankan datanglah ke Pantai Tanjung Bias. Pasti anda terpukau. Terlebih lagi saat sore hari. Matahari berubah menjadi jingga memanjakan mata pengunjung. Yuk mampir ke Pantai Tanjung Bias Lombok! Nikmati senjanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.