Indahnya Senja di Bukit Watugupit, Yogyakarta

0
340
Pemandangan sunset dari Watu Gupit.

Matahari terbenam mempunyai daya tarik tersendiri bagi sebagian orang khususnya bagi pecinta senja. Bukan sekedar daya tarik, saat ini keindahan Sunset sedang menjadi tren masa kini dengan kesenduan-kesenduan yang ada. Masih berwisata di provinsi istimewa ini. Setelah mengunjungi beberapa tempat di Jogja, akhirnya ada juga tempat yang asyik digunakan untuk menikmati sunset. Tidak jauh dari lokasi Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir, terdapat sebuah tebing yang biasa digunakan untuk menikmati semburat cahaya oranye dari hasil biasan terbenamnya matahari. Berjalan ke arah timur dari Pantai Parangtritis kita bisa menggunakan bantuan google maps dengan menuliskan keyword Bukit Watugupit atau Bukit Paralayang maka google maps akan menunjukkan lokasi indah tersebut.

Jika kalian mencari tempat wisata yang tenang dan syahdu untuk melepas penat atau kegelisahan, Bukit Paralayang Watugupit merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di tempat ini kita bisa menikmati proses terbenamnya matahari dan indahnya pantai dari atas bukit. Sebenarnya masih ada lagi tempat indah untuk menikmati sunset di Jogja. Akan tetapi tempat ini lebih terkenal karena lokasinya yang tak jauh dari Parangtritis.

Tempat paralayang penuh pengunjung yang ingin menyaksikan sunset.

Perjalanan menuju Watugupit dari Parangtritis membutuhkan waktu 15-30 menit tergantung ramai atau tidaknya jalan. Kami berangkat dari Gumuk Pasir pada pukul 16.30 WIB dan sampai pada pukul 16.50 WIB. Medan yang  dilalui sedikit terjal dan menanjak kurang lebih 1 km setelah memasuki gang menuju watugupit. Jika hendak menggunakan mobil pastikan menggunakan mobil yang kuat dalam medan tanjakkan dan dengan sopir yang ahli karena jalanan naik dan ramai. Jangan lupa pastikan rem berfungsi dengan baik. Jika menggunakan motor masih mudah untuk dijangkau dan dikendalikan. Medan berupa tebing dan jurang di sampig kiri-kanan jadi harus berhati-hati. Namun, tidak perlu khawatir ibarat bersusah-susah dahulu bersenang-senang. Kemudian, kita akan menemukan pemandangan yang luar biasa indah ketika kita sudah mencapai di atas.

Sisi dalam gedung utama cafe Watu Gupit.

Bukit Paralayang Watugupit yang terletak di pesisir Pantai Parangtritis ini cukup terkenal. Banyak sekali muda-mudi yang sengaja meluangkan waktu untuk menikmati indahnya senja di sana. Saran dari aku, datanglah sebelum jam 5 untuk menemukan tempat terbaik dan view yang bagus karena akan sangat ramai mendekati matahari terbenam. Pemandangannya yang benar-benar menakjubkan  membuat siapapun baik yang menyukai senja ataupun tidak akan menikmatinya dengan tenang.

Setelah sampai kita bisa menitipkan motor kita di area penitipan motor bawah ataupun atas. Kali ini aku memilih penitipan di bawah, agar aku dan teman-temanku berjalan menyusuri tebing menuju ke atas Bukit Paralayang untuk menikmati view dari setiap ketinggian yang berbeda. Tapi jika kalian malas untuk berjalan menaiki tebing kalian bisa menitipkan motornya di area penitipan atas sehingga langsung sampai di area bukit. Untuk mengunjungi lokasi ini cukup membayar biaya parkir motor saja. Seperti yang kita ketahui bahwa Yogyakarta merupakan daerah dengan tempat wisata yang murah-murah bersahabat dengan kantong mahasiswa.

Tempat duduk dari cafe Watu Gupit.

Bukan hanya sekedar tempat untuk menikmati senja, di sana juga terdapat café untuk nongkrong bersama teman. Cafe-nya unik ada di tebing-tebing jadi masih bisa melihat view senja dengan jelas.  Untuk duduk di café itu, kita cukup memesan makanan yang dijual di cafe tersebut. Terdapat beraneka macam makanan atau jajanan dan juga minuman seperti kopi yang dapat kita pesan. Semakin sore atau semakin malam, tempat ini akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun manca.

Kita bisa membuat video terbenamnya matahari dengan view pemandangan Pantai Parangtritis atau hanya sekadar mengabadikannya dalam jepretan kamera atau hanya sekadar menikmati indahnya ciptaan Tuhan ini. Pantai Parangtritis terlihat dengan sangat jelas dan indah. Landscape dari pantai yang menunjukkan gulungan-gulungan ombak menambah syahdu suasana tempat ini. Jangan lupa mengunjungi tempat ini untuk menikmati indahnya senja apabila berkunjung ke Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.