Indahnya Pesona Curug Wangun

0
550
Welcome to Curug Wangun.

Curug wangun adalah lokasi wisata alam yang terletak di kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebuah kota kecil pecahan Kabupaten Purwakarta dan letaknya tak jauh dari ibukota Provinsi, Bandung.

Pemerintah setempat baru meresmikan curug ini pada tanggal 1 Mei 2018 sehingga terhitung masih sangat baru.

Lokasi tepat Curug Wangun sendiri berada di wilayah Subang selatan, kampung Citombe, Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang. Dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit dari Subang kota lewat jalur menuju Sumedang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda empat atau dua, Anda akan sampai di kawasan Curug Wangun. Tapi tunggu! Anda masih harus berjalan sekitar 30 menit untuk bisa menikmati keindahan Curug Wangun karena track untuk masuk wilayah curug belum bisa diakses kendaraan bermotor.  Anda tidak perlu cemas, Anda bisa menitipkan kendaraan bermotor di tempat parkir yang lokasinya berada di sekitar rumah warga. Hanya dengan membayar Rp2.000,00 saja, insya Allah para pemuda karang taruna yang ditugaskan menjaga area parkir akan siap siaga mengamanan kendaraan Anda.

Setelah urusan parkir selesai, barulah Anda memasuki medan sesungguhnya, yaitu memasuki kawasan hutan dan track yang dilalui cukup panjang dan menanjak. Disarankan agar Anda membawa air minum dari rumah atau bisa juga membeli terlebih dahulu di warung milik penduduk.

Bagi para pecinta alam khususnya para pendaki, mungkin track ini akan terasa menantang atau bahkan menyenangkan. Tapi untuk para pemula, mungkin saja terasa sedikit berat dan dianjurkan untuk istirahat sejenak. Tak lupa juga buat Anda yang hobi mengendarai sepeda gunung, Anda bisa menjajal kemampuan bersepeda anda di track ini bersama teman-teman Anda.

Oh iya, berhati-hatilah ketika berkunjung ke sana saat musim hujan. Walau tracknya sudah dilapisi semen, tetap saja dianjurkan untuk waspada agar tidak terpeleset.

Sama seperti tempat wisata lainnya, untuk bisa menikmati keindahan Curug Wangun, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp6.000,00/orang. Bagi yang membawa anak kecil, harga tiket bisa dikurangi asal Anda pintar-pintar nawar saja. Anda akan menemukan loket tiket setelah berjalan sekitar 100 meter dari area parkir.

Melanjutkan perjalanan, Anda masih diharuskan melewati jalanan menanjak walau diselingi jalur datar. Namun jangan dulu kecewa karena sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan-pemandangan alam yang indah dan masih “perawan”. Mulai dari bukit sampai hijaunya ladang pesawahan. Jadi, perjalanan Anda tak akan terasa lelah karena pemandangan tersebut.

Semakin mendekati tujuan, suara air terjun mulai terdengar. Semangat pun kembali membara untuk segera sampai dan menikmati keindahan sang air terjun. Jalur yang dilalui pun mulai bersahabat. Tidak ada lagi tanjakan curam dan beberapa meter sebelum benar-benar sampai di lokasi curug, Anda sudah dapat melihat air terjun yang menjulang tinggi dari kejauhan dan saat melihat pemandangan tersebut setengah dari kelelahan Anda seolah lenyap. Hanya ada kata pujian dan kekaguman akan indahnya pemandangan ciptaan Tuhan.

Jembatan bambu untuk swafoto.

Tedapat sebuah jembatan kayu sebagai akses ke tempat yang lebih tinggi untuk Anda menikmati keindahan Curug Wangun. Jembatan ini juga dibuat sebagai spot foto bagi para wisatawan yang ingin berselfie ria atau bisa juga dijadikan tempat beristirahat sambil memandang curug dari kejauhan.

Mari lanjutkan perjalanan sedikit lagi. Sebelum tiba di lokasi, Anda harus melewati sungai kecil yang sangat dangkal atau selokan tapi bukan selokan seperti di kota yang airnya berwarna hitam dan bau. Selokan di sini sangat jernih khas air pegunungan yang belum tersentuh limbah. Masih sangat asli. Untuk melewati selokan ini, Anda harus hati-hati karena akses sedikit licin dengan bebatuan yang lumayan besar. Kalau terpeleset bisa saja menimbulkan memar di bagian tubuh.

Sukses melewati rintangan terakhir, tibalah Anda di puncak keindahan sang curug. Dua curug yang menjulang tinggi nan gagah menyambut Anda dengan segala pesonanya.

Welcome to Curug Wangun!
Gagahnya Curug Wangun.

Semua lelah, keringat, dan napas terengah yang telah Anda keluarkan seakan dibayar kontan dengan pesona yang dimiliki dua curug kembar tersebut. Gemuruhnya suara air yang terjun bebas dari ketinggian sekitar 45 meter dibarengi semilir angin membuat Anda betah berlama-lama berada di sana. Seluruh penat yang merong-rong seharian karena beban kerja, tugas sekolah atau kuliah seolah terlupakan dengan menatap keindahan ciptaan Sang Maha Pencipta. Luar biasa!

Tidak seru rasanya saat berkunjung ke curug tapi tidak main basah-basahan. Jangan khawatir! Tepat di bawah curug, terdapat sebuah kolam kecil yang dangkal supaya Anda bisa bermain air atau sekedar berfoto dengan efek air terjun di belakang Anda. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa kamar mandi, wc, dan musala. Ada juga beberapa bangku yang terbuat dari bambu dan kayu untuk Anda bersantai. Mungkin karena akses yang masih jauh, Anda tak akan menemukan pedagang di area wisata. Positifnya, Anda bisa berhemat dengan tidak banyak jajan.

Pesona Curug Wangun.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda bisa mendaki bagian kiri curug untuk mendapatkan foto yang lebih memukau seolah Anda sedang berada di tengah-tengah curug. Namun tak bosan saya ingatkan untuk tetap menjaga keselamatan diri anda. Jangan sampai hanya karena demi sebuah foto yang menakjubkan, Anda mengabaikan keselamatan diri Anda. Tetap yang paling utama dan sangat penting adalah KESELAMATAN!

Ayo para pecinta alam, saya sangat menganjurkan wisata ini untuk dikunjungi. Selamat mencoba dan mari lestarikan alam kita!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.