In The Heart of The Togean Sea

0
106
Diving di Haven.

Birunya menggugah rindu. Indahnya mengusik hasrat. Itulah Togean. Sekeping surga yang tercecer ke bumi. Dua kali sudah aku mengunjunginya, tapi bukanlah rasa bosan yang hadir, melainkan rasa cinta yang semakin dalam.

Salah satu alasan untuk aku kembali ke pelukan Togean adalah keindahan lautnya. Pemandangan taman lautnya seolah membuat mata tak ingin berkedip. Tak ragu aku ucapkan, “aku jatuh cinta”. Cinta dari hati untuk ciptaan Sang Maha Indah.

Jika berkunjung ke Togean, jangan lewatkan untuk menyelami lautnya. Laut Togean merupakan laut yang tenang karena berada di Teluk Tomini. Terdapat ratusan pulau di Teluk Tomini. Teluk ini juga merupakan bagian dari jantung segitiga karang dunia. Sehingga tidak heran jika menjadi salah satu teluk yang tersubur dan tua di dunia.

Togean merupakan sebuah kepulauan yang berada di tengah Teluk Tomini. Secara administratif Kepulauan Togean berada dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota Ampana. Di tengah teluk Tomini juga terdapat sebuah gunung api, tepatnya di Pulau Una Una. Oleh karena itu, tidak heran jika tersimpan ratusan spesies bawah laut yang masih terjaga.

Pulau Papan.

Posisi kepulauan Togean yang berada di tengah Teluk Tomini sebenarnya dapat di jangkau dari 6 kabupaten di pesisir Teluk Tomini, yaitu Pagimana (Kabupaten Banggai), Ampana (Kabupaten Tojo Una-Una), Poso (Kabupaten Poso), Parigi (Kabupaten Parigi Moutong), Marisa dan Paguat (Kabupaten Pohuwato), serta Kota Gorontalo. Yang memiliki jalur transportasi publik rutin hanya 3 jalur yaitu Ampana, Paguat (Pohuwato), dan Gorontalo.

Jalur Gorontalo mempunyai rute penerbangan yang paling mudah karena Bandara Sultan Jalaluddin di Kota Gorontalo telah melayani hampir semua maskapai. Setelah itu dilanjutkan perjalanan ke Wakai dengan menggunakan ferry dengan waktu tempuh sekitar 12 jam dan hanya tersedia 2 kali. Wakai adalah pelabuhan yang ada di Kepulauan Togean.

Di Kepulauan Togean banyak terdapat resort yang bisa digunakan untuk menginap. Dari masing-masing resort akan mengirimkan speedboat untuk menjemput pengunjung di Pelabuhan Wakai. Jadi tidak perlu khawatir asalkan kita sudah memesan resort sebelum berangkat.

Senja di Kadidiri Paradise.

Tidak perlu khawatir juga jika ingin menyelam di Togean. Banyak dive spot yang tersebar di sana. Biota laut di Kepulauan Togean sangat beragam dan sehat. Beberapa dive spot yang terkenal di Togean antara lain California Reef, Taipi Wall, Haven, Pinnacle, Apollo, Little Lembeh, B-24 Wreck, serta masih banyak lagi yang lain.

Banyak yang bisa kita jumpai di taman laut Kepulauan Togean, di antaranya Blacktip Reefshark, Humphead Parrotfish, Nudibranch, Schooling Fish, Eagle Rays, dan masih banyak lagi yang lain. Jangan lupa juga untuk menjaga kelestarian Kepulauan Togean agar keindahannya tetap terjaga selamanya. Supaya jika kita kembali untuk kesekian kalinya, kita masih akan bisa menjumpai keindahan yang sama. Selain itu supaya generasi selanjutnya masih bisa ikut menikmati pula.

Danau Mariona.

Selain diving di kedalaman lautnya untuk bertemu biota-biota laut eksotis penghuni Teluk Tomini, kita bisa juga berjumpa dengan ubur-ubur tanpa sengat yang cuma ada empat saja di dunia. Yang mana salah satunya berada di Kepulauan Togean yaitu di Danau Mariona. Danau Mariona tidak beda jauh dengan Danau Kakaban yang ada di Kepulauan Derawan. Yang membedakannya dan membuatku betah di Danau Mariona sehingga sampai dua kali berkunjung adalah karena danau ini sepi pengunjung. Selain itu airnya juga bersih dan jernih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.