Icip Kesegaran Depot Es Semanggi Magelang yang Melegenda

0
303
Menu dan harga Depot Es Semanggi.

Salah satu kota di Jawa Tengah yang membuat saya menggelinjang karena kulinernya adalah Kota Magelang. Meskipun kotanya kecil dan tidak se tourist-able Jogja, tapi Magelang punya ragam kuliner yang tidak kalah beragam dan melegenda. Sebut saja bakmi Jawa, nasi goreng Magelangan, ataupun kupat tahunya. Tetapi, selain berburu makanan beratnya, jangan lupa cari tempat untuk bersantai sembari jajan. Nah, berikut adalah rekomendasi tempat nongkrong sembari mencicip sajian es legendaris di Magelang, yaitu Depot Es Semanggi.

Se-menarik apa sih Depot Es Semanggi ini?

Bisa dibilang lokasi Depot Es Semanggi cukup tersembunyi karena kita harus menuju basement parkiran Mall Matahari di sebrang Alun-Alun Magelang. Tinggal tanya tukang parkir sekitar di mana letak Es Semanggi. Lalu kita akan dianjurkan ke parkiran basement tersebut dan depotnya ada di pojokan. Meskipun begitu jangan berburuk sangka dulu. Meskipun ada di pojokan basement dan terkesan gelap, tempat ini selalu ramai pengunjung loh Travelovers!

Selain lokasinya yang unik, Depot Es Semanggi juga punya sejarah yang menarik karena sudah eksis sejak era 1960-an dengan gerobak di pojokan alun-alun, tepatnya depan Klenteng Magelang. Bertahun-tahun bertahan di area depan Klenteng Magelang, seiring berjalanannya waktu kedai ini memiliki tempat sendiri dan masih melegenda sampai saat ini. Tidak aneh kalau tempat ini selalu ramai karena rasa esnya tetap otentik dari awal berdiri hingga saat ini.

Es Coklat Roti.

Yang spesial dari Depot Semanggi adalah jejeran sirup-sirup yang ada di dindingnya. Ada warna coklat, hijau, merah muda, dan putih. Ternyata sirup-sirup ini buatan sendiri dan akhirnya menjadi resep turun temurun keluarga. Hingga saat ini depot sudah dikelola oleh generasi ketiga. Dari sirup-sirup ini terciptalah  berbagai menu atau olahan yang tidak biasa pula. Ada menu es degan dengan campuran santan segar, es tape dengan sirup hijau ataupun pink, es plered, es dawet, maupun es roti. Semuanya bisa dipadu padankan dengan sirup yang tersedia sehingga menu di sini sangat beragam karena kita bisa pilih sesuka hati isian dan sirupnya. Kata salah satu pemilik, favorit pelanggan adalah es degan coklat. Selain bisa menikmati segarnya es disini, Travelovers bisa juga sembari jajan gorengan ataupun snack yang berjejer di meja bagian depan. Kalau Travelovers kelaparan, ada menu nasi kucing dan juga mie yang bisa dinikmati berdampingan dengan gorengan.

Beberapa kali mengunjungi kedai ini dan mencoba beragam menunya , saya jatuh hati pada sajian  es plered coklat. Seger sekali untuk disantap di siang bolong! Apalagi sirup cokelatnya otentik khas sirup cokelat jadul. Selain itu, topping lainnya seperti roti dan dawet juga ciamik ketika di padukan dengan sirup cokelat khas Depot Semanggi ini.

Es Tape Semanggi.

Selain sajian menunya yang beragam dan khas, harga yang ditawarkan juga cukup bersahabat di kantong. Harga berbagai es mulai dari Rp3500 sampai Rp8.000 saja. Sedangkan untuk jajanannya rata-rata Rp2000. Murah sekali, kan?

Pelanggan kedai ini terus datang silih berganti dan tentu saja dengan latar belakang yang beragam, mulai dari muda-mudi sampai keluarga. Pengunjung yang saya temui beberapa kali didominasi oleh muda-mudi yang sedang asyik nongkrong sembari menyeruput segarnya sajian Es Semanggi ini. Tapi kalau travelovers hendak berkunjung, waktu terbaik adalah pukul 11.00 – 13.00. Karena kalau terlalu siang menuju sore banyak menu dan jajanan yang sudah habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.