Icip Jagung Bakar Bu Sablah di Kudus

0
259
Penyajian jagung bakar.

Jalan-jalan ke kota Kudus merupakan pilihan yang tepat bagi pecinta kuliner. Kudus merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan kota kretek karena banyaknya pabrik rokok yang berdiri di sana dan salah satunya adalah Djarum. Jika sedang melakukan perjalan ke kota kecil ini, wajib mencicipi beraneka ragam kuliner yang ada disana. Kuliner di kota kretek ini memiliki segudang cita rasa unik, khas dan bikin ketagihan.

Terdapat suatu komplek kios kuliner di area Gor Kudus yakni tepatnya di sepanjang jalan belakang Taman Krida. Terdapat jejeran kios yang menjual beraneka ragam kuliner. Pagi hari ada lentog dan ketika sore hari akan banyak sekali penjual jagung bakar dan sate-satean bakar. Selain kios kuliner juga ada taman lampion. Jika sore hari melewati jalanan tersebut para pedagang akan memanggil-manggil untuk membeli jagung bakarnya. Salah satu kios jagung bakar yang menurutku paling beda adalah Jagung Bakar Bu Sablah.

Lokasi Jagung Bakar Bu Sablah.

Salah satu jajanan yang tak pernah sepi pengunjung di Kota ini adalah jagung bakar Bu Sablah. Berbeda dengan jagung bakar pada umumnya, penyajian jagung bakar ini adalah diserut disajikan di piring dipadukan dengan berbagai macam tambahan yang banyak macamnya seperti sosis bakar, bakso bakar, bakwan bakar, sate usus, nugget, dan lain sebagainya. Satu hal lain yang membuat jagung bakar ini lebih nikmat adalah bumbu pedasnya yang benar-benar nendang. Jika kalian tidak suka menikmati makanan pedas kalian bisa juga request untuk ditambah bumbu manis agar rasanya tidak terlalu pedas.

Jagung Bakar Bu Sablah ini terletak di kompleks per tokoan GOR kudus lebih tepatnya di jalan belakang taman krida Kudus. Alamat lengkapnya adalah Jalan Gor no 103, Mlati Kidul, Wergu Wetan, Kota Kudus. Sebenarnya terdapat banyak sekali kios – kios yang menjual jagung bakar dan bakwan bakar di daerah Jalan Gor namun jagung bakar Bu sablah ini merupakan jagung bakar yang paling legendaris. Ada lebih dari 20 kios yang berdiri disana yang biasanya mulai buka pada pukul 14.00 Wib atau jam 2 siang. Kios Bu sablah sendiri buka lebih awal yakni pukul 10.00 Wib. Selain jagung bakar Bu Sablah ada juga jagung bakar Paini yang tak kalah pedas bumbunya.

Aneka macam sate-satean.

Cara membeli jagung bakar di sini adalah datang kemudian ambil piring dan memilih tambahan sate – satean yang kita inginkan. Setelah puas memilih jajanan sate – satean kemudian kita berikan piring yang berisi pilihan sate kepada penjual jangan lupa bilang untuk tambah jagung bakar. Setelah itu kita akan diberi nomor antrian pembakaran sate – sate tersebut. Kita bisa mencari tempat sembari menunggu jagung bakar kita siap. Jika jagung bakar kita sudah siap, ibu penjualnya akan memanggil nomor antrian kita. Karena memanggilny tanpa speaker dan biasanya suasananya sangat ramai jadi dengarkanlah dengan seksama. Jadi deh jagung bakarnya dan siap untuk di santap. Pada setiap porsinya akan gratis satu bungkus kerupuk.

Macam-macam sate – satean.

Harga jagung bakar pun relatif murah yakni 10.000-20.000 sesuai dengan jajanan tambahan yang kita pilih. Parkir di tempat kuliner GOR kudus ini tergolong luas dan nyaman baik untuk kendaraan roda 4 ataupun kendaraan roda 2. Di sana aka nada juru parkir yang akan membantu merapikan kendaraan kita saat parkir.

Jangan lupa mampir untuk menikmati sensasi beda memakan jagung bakar di Gor Kudus bersama keluarga ataupun teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.