Ibadah Sekaligus Wisata di Masjid As-Salam Lubuklinggau

0
59
Masjid As-Salam kota Lubuk Linggau.

Assalamu’alaikum Warhmatullah Wabarokatuh

Hello guys, how are you today? I do hope you always in good condition also your family and stay at home in facing up the pandemic of Covid-19.

Well, hari ini saya akan berbagi informasi kepada teman-teman semua, para sahabat setia travelblog.id tentang icon kota Lubuklinggau yang sangat terkenal, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Kota Lubuklinggau merupakan salah satu dari empat kota yang ada di Sumatera Selatan. Kota ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2001 melalui UU No. 7 Tahun 2001 di mana kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Musi Rawas.

Setiap kota maupun daerah tentu memiliki ciri khas maupun icon yang membuat suatu tempat menjadi bersejarah dan fenomenal, sama halnya dengan kota yang satu ini. Kota Lubuklinggau atau yang sering disebut dengan Bumi Silampari ini tentu memiliki sebuah icon, yaitu Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau.

Tampak depan Masjid As-Salam kota Lubuklinggau.

Selain menjadi tempat ibadah yang sangat aman dan nyaman, masjid ini juga kerap kali dijadikan destinasi wisata oleh orang-orang yang menghabiskan waktu liburan ke kota Lubuklinggau karena pesona nya yang sangat indah dengan balutan keramik berwarna biru tua di setiap sisinya, apalagi jika di malam hari masjid ini akan disinari cahaya lampu yang ada di dalam dan di luarnya sehingga penampilannya semakin indah untuk diabadikan dalam bentuk foto maupun video. Well, masjid ini berlokasi di Jalan Garuda, Pasar Pemiri, Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, terletak di jantung kota Lubuklinggau, jadi sangat mudah akses untuk menuju masjid tercantik yang pernah saya kunjungi ini.

Saya sarankan, bagi teman-teman yang berencana akan pergi ke Kota Lubuklinggau jangan sampai melewatkan kesempatan untuk beribadah sekaligus berwisata ke masjid ini ya, seperti yang saya rasakan saat berkunjung ke masjid ini bersama teman-teman saya pada tahun 2017 lalu ketika pulang dari Bukit Kaba seperti yang saya tulisakn pada artikel sebelumnya. Jamaah di masjid ini sangat ramai setiap harinya. Lingkungan masjid ini sangat bersih, nyaman, dan mendamaikan jiwa, toiletnya sangat wangi dan bersih di lengkapi dengan banyak keran air untuk berwudhu yang terpisah untuk jamaah laki-laki dan perempuan serta terdapat kaca yang cukup besar untuk merapikan jilbab dan pakaian setelah berwudhu. Saya jamin, teman-teman pasti akan merasa sangat nyaman selama berada di masjid yang di bangun sejak tahun 1998 dan selesai pada tahun 2015 ini. Di halaman masjid ini juga terdapat tanaman kurma sehingga membuat masjid ini semakin menarik untuk di kunjungi.

Teras dan Masjid As-Salam tampak dari samping.

Selain itu, di pinggiran masjid (di luar gerbang) dipenuhi para pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan dan cemilan khas Kota Lubuklinggau, jadi teman-teman juga dapat bersantai maupun menyantap makanan sambil memandang keindahan Masjid Agung As-Salam Lubukliggau ini.

Berikut beberapa spesifikasi Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau :

  • Tipe: Masjid Negara
  • Luas Tanah: 10.000 m2
  • Tahun berdiri: 1998 pembangunan pertama – 2015 selesai.
  • Fasilitas: Parkir, taman, gudang, tempat penitipan sandal atau sepatu, ruang belajar (TPA/Madrasah), aula serba guna, perlengkapan pengurusan jenazah, air conditioner (AC), sound system dan multimedia, pembangkit listrik/genset, kamar mandi/WC, tempat wudhu dan sarana ibadah lainnya.

Okay, itu saja informasi dari saya tentang Kota Lubuklinggau khususnya icon Kota Lubuklinggau, Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklingga yang sangat wajib teman-teman kunjungi untuk beribadah sekaligus berwisata, semoga bermanfaat ya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.