Hutan Mangrove Wonorejo, Destinasi Wisata Alam di Dalam Kota

0
2075
Saung di Atas Laut.

Hiruk pikuk pekerjaan di kota mungkin membuat kita butuh liburan, tapi liburan masih lama dan tidak ada waktu untuk ke luar kota? Tenang, ada alternatif yang diberikan Pemerintah Kota Surabaya sebagai destinasi wisata alam yang dekat dengan pusat kota. Hutan mangrove merupakan salah satu destinasi wisata alam yang tepat untuk dikunjungi di akhir pekan. Hutan ini terletak di Wonorejo, Rungkut, Surabaya. hanya membutuhkan waktu selama 30 menit dari Pusat Pemerintahan Kota Surabaya ke Hutan Mangrove Wonorejo.

Akses ke hutan ini pun sangat mudah, berbekal peta online, kalian akan dengan mudah menemui tempat ini. Jalan menuju hutan mangrove juga sudah aspal, namun ketika memasuki wilayah Wonorejo, jalan akan didominasi oleh paving. Kendaraan apa saja dapat masuk ke wilayah hutan mangrove wonorejo, sehingga kalian tidak perlu bingung mengenai kendaraan.

Untuk masuk ke Hutan Mangrove Wonorejo, Pemerintah kota Surabaya tidak memungut biaya masuk, cukup dengan membayar parkir kendaraan, maka kalian sudah bisa menikmati sejuknya hutan mangrove ini. Hutan yang memiliki luas 700 Ha ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian depan, belakang, dan lepas pantai. Pada bagian depan, ada pondokan yang berdiri di tengah-tengah pohon bakau dan jalan kayu juga menjadi ikon hutan mangrove. Pada daerah ini, kalian akan menemukan berbagai jenis pohon bakau, dan di akhir jalanan kayu, terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan

Jalan Setapak di Hutan Mangrove.

Hutan Mangrove Wonorejo digunakan sebagai tempat konservasi bakau agar keseimbangan ekosistem di wilayah Surabaya tetap stabil. Selain itu, Hutan Mangrove juga berkontribusi dalam menyediakan pasokan oksigen untuk Kota Surabaya. Tidak heran jika masuk ke dalam hutan mangrove, kalian akan terasa sejuk dan dingin.

Pada bagian belakang hutan mangrove, kalian dapat melihat sungai besar yang bermuara di Laut Jawa. Ketika berjalan ke bagian belakang, kalian akan menemukan banyak sekali pedagang yang berjualan ikan hasil tangkap dari sungai. Pada bagian belakang hutan, pohon bakau akan semakin rimbun dan tinggi, sehingga menciptakan suasana yang teduh. Di sini kalian juga dapat melihat beberapa burung dan hewan air, tapi berhati-hatilah, karena biasanya ada monyet yang bertengger di pohon bakau. Setelah menelusuri jalan kayu, kalian akan menemui bangunan yang dapat dijadikan spot untuk berfoto. Semua bangunan dan jalan yang ada dihutan bakau dibuat menggunakan kayu, sehingga kalian benar-benar merasakan back to nature.

Pondokan di Hutan Mangrove.

Tidak hanya berjalan-jalan di hutan bakau saja, pengelola hutan mangrove juga menawarkan destinasi wisata lain, yaitu perjalanan menggunakan perahu menuju muara sungai. Dengan membayar Rp. 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak, maka kalian akan diantar ke muara sungai untuk melihat lepas pantai. Perjalanan dari hutan mangrove ke lepas pantai memakan waktu sekitar 5-10 menit. Pada perjalanannya, kalian dapat melihat warga sekitar yang sedang mencari ikan.

Sesampainya di dermaga, kalian akan melihat jalanan bambu yang sedikit rapuh karena terkena ombak pantai. Selain itu, kalian juga dilarang untuk bergerombol hanya di satu sudut karena ditakutkan bambu tidak akan kuat menahan berat pengunjung. Setelah berjalan sekitar 4-5 menit, kalian akan melihat 4 saung yang berdiri di atas laut dengan pemandangan yang luar biasa. Saung-saung ini merupakan spot foto paling baik. Kalian juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang bersembunyi di bawah pohon bakau.

Perjalanan Menggunakan Perahu.

Hutan Mangrove Wonorejo buka pada pukul 08.00 – 16.00. Di sekitar hutan mangrove juga terdapat kolam pemancingan, bagi kalian yang  hobi mancing kalian bisa merasakan pengalaman memancing di daerah hutan mangrove.

Destinasi wisata alam ini sangat pas untuk kalian yang tidak mempunyai banyak waktu untuk berlibur, dengan budget yang sangat minim kalian sudah bisa menikmati indahnya pantai dan rimbunnya hutan bakau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.