Homestay Catimor Peninggalan Belanda Di balik Gunung Ijen

0
158
Penampakan bagian depan Homestay Catimor
Penampakan bagian depan Homestay Catimor

Kawasan pegunungan Ijen merupakan daya tarik wisata yang sangat terkenal di Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Banyak wisata yang menyuguhkan pemandangan pegunungan, air terjun serta udara yang sejuk sehingga tidak salah banyak wisatawan yang memilih untuk menikmati waktu liburannya di kawasan pegunungan Ijen. Beberapa wisatawan banyak yang memilih untuk menggunakan fasilitas penginapan atau homestay karena memang untuk mengunjungi wisata yang ada di kawasan Ijen tidak cukup membutuhkan waktu sehari. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan waktu yang ada untuk menjelajahi seluruh wisata di kawasan Ijen dan beristirahat di penginapan yang ada.

Salah satu penginapan yang terkenal dan wajib untuk dikunjungi adalah Homestay Catimor yang berada di Blawan, Kecamatan Sempol. Bangunan ini masih memiliki estetika khas gaya Belanda karena memang dibangun pada tahun 1984. Bangunan tua bersejarah ini memiliki pondasi yang kokoh terdapat beberapa tiang penyangga yang masih kokoh. Lantai yang terbuat dari kayu, pintu serta langit-langit yang tinggi dengan desain kuno namun elegan khas Belanda. Terdapat juga rumah utama yang merupakan bangunan asli sejak zaman Belanda dan bagian belakang merupakan bangunan tambahan karena banyaknya pengunjung yang ingin menginap di sini.

Kolam renang serta kolam air panas
Kolam renang serta kolam air panas

Sebenarnya jika googling maka pengunjung banyak menemukan penginapan yang bagus dan cocok untuk menikmati suasana pegunungan Ijen. Namun, Homestay Catimor ini sangat terkenal karena bangunannya yang memang masih khas Belanda serta lokasinya di daerah Blawan. Daerah ini dekat dengan beberapa wisata seperti Niagara Mini, Kolam Air Panas, Air Terjun Blawan serta wisata menarik lainnya. Sedangkan menuju Gunung Ijen untuk mendaki dibutuhkan waktu sekitar +30 menit. Homestay Catimor berada satu kawasan dengan pabrik pembuatan kopi yang merupakan Kompleks PTPN XII. Jika beruntung pada musim kopi maka para pengunjung bisa melihat proses pembuatan kopi. Sepanjang perjalanan kita juga akan mencium bau harum khas kopi yang bisa mereleksasi tubuh, menarik bukan?

Homestay Catimor memiliki 3 tipe kamar yaitu: standar, triple dan superior dengan fasilitas yang berbeda. Harga dari masing-masing kamar dimulai dari sekitar harga Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Harga ini tidak terlalu mahal dibandingkan dengan fasilitas yang tersedia serta pemandangan yang sangat menawan di pegunungan Ijen. Bahkan tidak cukup satu hari untuk menikmati wisata di sini. Secara umum, masing-masing kamar memiliki fasilitas spring bed, toilet, meja kursi serta lemari. Dalam menentukan kamar dapat dilihat dari fasilitas yang tersedia serta tentu saja budget yang ada. Untuk reservasi, cek harga dan fasilitas yang ada bisa kunjungi langsung website agent travel atau berbagai aplikasi reservasi hotel online yang saat ini sering digunakan.

Bangunan bersejarah peninggalan Belanda
Bangunan bersejarah peninggalan Belanda

Suhu di daerah ini sangat dingin karena memang suasana pegunungan. Tapi, tidak perlu khawatir karena homestay ini menyediakan fasilitas air panas di setiap kamar. Di tengah bangunan terdapat restoran yang diperuntukkan untuk seluruh pengunjung. Selain itu, ada kopi, teh, susu hangat yang bisa diseduh sendiri sambil menikmati taman, kolam ikan dengan gemercik air dan suasana yang sangat nyaman. Adapula fasilitas kolam renang bagi pengunjung yang ingin berenang.

Biasanya setelah berenang di kolam renang dengan air yang dingin para pengunjung akan langsung meluncur ke kolam air panas yang bisa menstabilkan suhu tubuh. Kolam air panas ini juga mengandung belerang sehingga baik untuk kulit dan kesehatan tubuh. Tempat ini merupakan tempat favorit bagi para pengunjung. Selain beberapa fasilitas yang tersedia, bangunan khas juga merupakan daya tarik tersendiri untuk sekadar foto dengan backgorund khas zaman Belanda. Jadi, tidak salah lagi untuk menikmati keindahan kawasan Gunung Ijen di Homestay Catimor Blawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.