Hanya Butuh 6 Juta untuk Solo Traveler ke Korea Selatan Selama Seminggu

0
637
Istana Gyeongbokgung sebagai ikon Korea Selatan.

Liburan ke Korea Selatan memang telah menjadi keinginan setiap orang. Drama Korea dan K-Pop menjadi pemicu paling besar dari faktor keinginan ini. Sayangnya, ongkos buat pergi berlibur ke sana bisa dibilang cukup mahal untuk seorang traveler backpacker. Akan tetapi, jangan berkecil hati dulu, yah. Banyak cara menuju Roma bukan? Termasuk banyak cara menuju Korea Selatan.

Nah, khusus kalian yang sudah bercita-cita untuk ke Korea Selatan, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk berlibur hemat selama di sana. Cukup dengan 6 juta, kalian sudah bisa mendatangi semua lokasi yang menjadi latar dalam drama Korea yang kalian tonton. Emang bisa yah liburan ke Korea Selatan hanya dengan budget sebesar Rp6.000.000,00, tetapi sudah termasuk tiket pesawat? Bisa banget. Saya sudah ke sana dan membuktikannya tahun 2018 kemarin. Tunggu apa lagi, yuk nabung dan ikuti tips ini. Tips ini hanya berlaku untuk kalian yang berlibur tanpa menggunakan jasa tour & travel.

Penerbangan dengan biaya rendah.
Waktu Pergi

Waktu berlibur harus kalian rencanakan dengan baik. Ada bulan-bulan tertentu yang sebaiknya kalian hindari untuk bepergian. Selain karena tiket pesawat yang mahal, kurs rupiah ke mata uang asing mengalami kenaikan nilai tukar. Bulan itu adalah bulan liburan, seperti Desember dan Juli. Semua siswa dan pekerja sedang berlibur. Jika kalian sudah bekerja, kalian bisa mengajukan cuti lebih awal. Merencanakan waktu berlibur jauh-jauh hari juga membantu kalian mendapatkan tiket pesawat jauh lebih murah.

Tiket Pesawat

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, selain dengan memesan jauh-jauh hari, kalian juga bisa memesan tiket dengan cara lebih cerdas, yaitu membuat jalur transit mandiri. Apa itu? Yah, penerbangan dari Indonesia secara direct flight ke negara tujuan liburan kita selalu lebih mahal dibandingkan penerbangan dari bandara negara tetangga, yaitu Kuala Lumpur. Penerbangan secara transit dari maskapai pun masih tetap mahal jika start dari bandara Jakarta. Kalian bisa menyiasatinya dengan membeli dua tiket berbeda sehingga kalianlah yang menciptakan durasi transit di bandara bukan dari maskapai penjual tiket.

Untuk rute penerbangan ke Seoul, Korea Selatan, kalian bisa membeli tiket Jakarta-Kuala Lumpur kemudian menyambungnya dengan tiket kedua, yaitu Kuala Lumpur-Seoul. Begitu pun untuk penerbangan pulang. Akan tetapi, kalian harus menghitung jarak penerbangan pertama dengan penerbangan berikutnya yah. Jangan sampai kamu malah ketinggalan pesawat berikutnya bahkan sampai membeli tiket baru. Niat menghemat malah pengeluaran membengkak.

Masker gratis di Myeongdong.

Cara paling baik adalah mengambil penerbangan kedua pada hari berikutnya. Kalian bisa mengeksplor Bandara Kuala Lumpur atau keluar bandara menuju destinasi wisata di Kuala Lumpur yang dekat dengan bandara. Dengan menyiasati tiket ini, saya mendapatkan tiket pesawat Jakarta—Seoul pulang pergi hanya Rp3.400.000,00. Murah bukan? Yuk, coba.

Ingat, penerbangan kalian ini tanpa bagasi utama. Kalian hanya akan mendapatkan bagasi kabin sebanyak 7 kg. Jangan beranggapan tidak akan ditimbang. Big no, di bandara negara maju, semua tas wajib ditimbang. Dulu, agar oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman bisa masuk tas, saya mengeluarkan jilbab saya dan mengikatnya di pinggang dan leher. Saya pun memasukkan alat-alat make up di kantong jaket saya.

Penginapan

Penginapan jenis hostel dan guesthouse tentu menjadi pilihan terbaik bagi kalian karena harganya benar-benar murah. Selama di Seoul 5 malam, saya menginap di Hostel Itaewon Inn. Selama 5 malam itu, saya hanya perlu membayar Rp475.000,00. Tentunya, kalian jangan berharap akan mendapatkan penginapan privat. Dengan harga semurah itu, kalian akan tidur di kamar jenis sharing room, begitu pun dengan kamar mandi dan toilet. Jadi, pastikan kalian memilih tipe sharing room yang khusus wanita yah.

Untuk penginapan di Seoul, saya sarankan kalian mengambil di dekat Masjid Itaewon. Pertama, akses ke tempat ibadah lebih mudah. Kedua, makanan halal bisa mudah didapatkan.

Mata uang Korea Selatan.
Transportasi selama di Seoul

Agar perjalanan liburan kalian makin hemat, pilihlah lokasi penginapan yang dekat dengan stasiun. Hal itu memudahkan kamu untuk mengunjungi destinasi wisata pilihan kalian karena hampir keseluruhan destinasi wisata di Seoul bisa dijangkau dengan jalan kaki dari stasiun tanpa harus menyambung dengan taksi. Selama di sana, lokasi wisata terjauh adalah Nami Island. Setelah keluar stasiun, saya tetap harus naik bus menuju lokasi.

Intinya, jangan naik taksi karena budget kalian akan sangat membengkak. Intinya, kalian harus naik kereta, bus, dan banyakin jalan kaki. Di Seoul, semua transportasi umum tidak membayar menggunakan uang tunai. Kalian harus membeli kartu T-Money di Seven Eleven kemudian mengisinya sesuai kebutuhan. Tenang, jika masih ada sisa saldo, kalian bisa refund kembali.

Makanan dan Minuman

Untuk makanan, rata-rata di sana harganya Rp100.000 untuk satu porsi per satu kali makan. Jadi, lebih baik kalian membawa makanan dari Indonesia. Saya selalu membawa mi dadak indomie atau pop mie untuk sarapan, lalu saya membawa cemilan kue kering untuk dimakan jika lapar selama travelling. Kalau bisa, kalian pergi ke sini saat bulan Ramadan sehingga kalian bisa makan di Masjid Itaewon. Di sana, menu berbuka puasanya luar biasa enak. Kalian pun masih bisa membawanya pulang untuk sahur.

Terkait minuman, carilah penginapan yang menyediakan minuman gratis. Saat di bandara, isi botol minum kalian. Bawalah botol minum yang besar, misalnya 1 liter. Di beberapa sudut jalan dan tempat wisata, ada air minum gratis. Lekas isi botol minum kalian sampai penuh. Lumayan untuk menghemat. Uangnya bisa kalian belikan makanan dan minuman di street food yang ada di Myeongdong atau Dongdaemon.

Istana Gyeongbokgung sebagai ikon Korea Selatan.
Oleh-Oleh

Terkait ini, bisa saya bilang ini nggak wajib. Kalian tidak perlu resah harus membelikan oleh-oleh. Pertama, uang kalian akan habis. Kedua, kalian akan kena overbaggage. Seperlunya aja, misalnya oleh-oleh untuk diri sendiri dan kaluarga. Akan tetapi, jika kalian datang ke Myeongdong, kalian akan mendapatkan banyak masker gratis. Lumayan tuh bisa buat oleh-oleh ke teman-teman kalian.

Tukar Uang di VIP

Saat ke luar negeri, tempat terbaik untuk menukar mata uang kita ke mata uang Korea Selatan adalah di VIP yang terletak di Menteng. Lokasinya dekat dengan Stasiun Gondangdia sekitar 5 menit jalan kaki. Jangan pernah menukar di bank ya, mereka menjual lebih mahal.

Jika dijumlahkan, tiket pesawat Rp3.400.000, hostel Rp475.000, dan kebutuhan uang saku Rp2.000.000 menjadi sebesar Rp5.875.000. Murah bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.