Gumuk Pasir Parangkusumo, Menikmati Suasana Bak Timur Tengah di Yogyakarta

1
707
Gumuk Pasir Parangkusumo.

Yogyakarta memang selalu istimewa. Berkunjung ke kota ini bagi sebagian orang bagaikan sebuah candu. Yogyakarta memang tidak pernah kekurangan tempat-tempat yang menarik untuk dieksplor, apalagi di sepanjang area bibir pantai Parangkusumo di Bantul. Selain pantai-pantai berpasir hitam dengan ciri khas ombak besarnya, pantai-pantai ini memiliki view yang sangat menarik. Ternyata di tempat ini terdapat sebuah tempat yang cukup unik lho. Ya, Gumuk Pasir Parangkusumo namanya. Sebuah area yang cukup luas dengan hamparan pasir berwarna putih ini cukup menarik perhatian saya ketika berkunjung ke Yogyakarta kala itu. Bagaimana tidak, di area yang terkenal dengan pantai berpasir hitam tersebut ternyata memiliki hamparan pasir berwarna putih bak gurun pasir yang cukup luas. Seketika saya jadi teringat dengan view ala Timur Tengah yang pernah saya lihat di film seperti Aladdin atau The Mummy. Konon katanya fenomena Gumuk Pasir semacam ini cukup langka dan hanya ada 3 di kawasan Asia Tenggara, yaitu Mui Ne Sand Dunes di Vietnam, La Paz Sand Dunes di Filipina, dan Gumuk Pasir Parangkusumo di Indonesia.

Tips Berkunjung ke Gumuk Pasir

Cuaca di sekitar gumuk pasir yang cukup panas juga benar-benar mendukung suasana Gumuk Pasir Parangkusumo layaknya suasana di gurun-gurun di Mesir atau Saudi Arabia. Disarankan untuk memakai topi dan sunblock ketika akan berkunjung ke sini, karena cuaca di sini cukup terik. Selain itu bagi yang alergi debu juga saya sarankan agar memakai masker karena di area ini cukup berdebu karena pasir tertiup angin yang cukup kencang. Selain itu, membawa air minum cukup berguna untuk melepaskan dahaga Anda ketika berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Menuju ke Lokasi
Pemandangan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Untuk berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo cukup menggunakan kendaraan baik motor, mobil, maupun bus pariwisata. Lokasinya hanya berjarak sekitar 28 km dan memiliki jarak tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Yogykarta. Hanya dengan mengikuti rambu-rambu jalan menuju Pantai Parangtritis, Anda akan dapat menuju lokasi ini dengan mudah. Di Gapura Pintu Masuk Kawasan Pantai Parangtritis Anda akan dikenai biaya sekitar 10.000 rupiah. Sebelum Pantai Parangtriti, terdapat sebuah pertigaan kecil. Anda tinggal belok dan mengikuti jalan selama beberapa menit lalu akan sampai di lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo. Jika Anda bingung tinggal nyalakan GPS untuk menuju ke lokasi ini.

Setelah sampai di Gumuk Pasir Parangkusumo Anda tinggal memarkir kendaraan Anda dengan biaya sekitar 3.000 sampai 10.000 rupiah. Di tempat ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto, bermain sandboarding, jalan-jalan, atau sekedar duduk-duduk santai. Di tempat ini cukup banyak pengunjung yang melakukan pemotretan untuk keperluan Prewedding karena view disini memang cukup bagus untuk dijadikan tempat pemotretan. Untuk keperluan foto prewedding, saya sarankan agar tidak berkunjung pada saat weekend ataupun hari libur nasional. Kunjungilah tempat ini pada hari-hari weekdays agar sepi pengunjung dan foto prewedding Anda terlihat natural dan tidak bocor karena pengunjung yang lain.

Selain untuk keperluan pemotretan prewedding, Gumuk Pasir Parangkusumo juga pernah dijadikan tempat pembuatan video klip. Salah satunya adalah video klip dari Agnez Mo berjudul Godai Aku Lagi dan juga video klip HiVi! yang berjudul Orang Ketiga. Jujur saya sendiri tahu lokasi gumuk pasir ini dari video klip HiVi!

Harga Penyewaan
Suasana Gumuk Pasir Parangkusumo.

Untuk sandboarding di tempat ini Anda akan dikenai biaya sewa papan seluncurnya sekitar 150.000 sampai 200.000 rupiah. Namun ketika saya berkunjung kemari, saya tidak menemukan pengunjung yang bermain sandboarding. Mungkin karena hari itu cuaca cukup panas dan cukup menguras tenaga sehingga tidak ada aktivitas sandboarding seperti yang sering saya lihat di Youtube.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. Salah satu alternatif wisata murah di Yogyakarta yang wajib untuk anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Jadi bagaimana, anda tertarik untuk mengunjunginya?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.