Gumuk Pasir dan Taman Bunga Matahari di Pantai Parangtritis , Yogyakarta

0
917
Gumuk Pasir.

Yogyakarta yang terkenal istimewa memang tak ada habisnya menyuguhkan tempat wisata dan keindahan alamnya. Pasalnya, Daerah Istimewa ini lengkap memiliki gunung berapi, perbukitan dan juga lautan lepas. Ingin berwisata ke pantai atau kegunung bisa dilakukan dalam waktu bersamaan. Akan tetapi, rasanya sangat tak cukup berkeliling Yogya hanya dalam waktu 1 hari saja. Mulai dari pantai, gunung, wisata budaya, tempat oleh – oleh dan tak kalah penting adalah wisata kulinernya pun sangat layak untuk dijelajahi.

Yogyakarta yang menyuguhkan paket komplit dalam berwisata menjadi salah satu tujuan utama turis dalam negeri ataupun manca negara. Jika kalian menginginkan berwisata di tempat yang unik, baik dari segi budaya, sejarah, maupun alamnya silahkan berkunjung dan berkeliling ke Yogyakarta. Jadi, pantas saja Yogyakarta dikatakan sebagai Daerah Istimewa karena memang istimewa rasanya.

Berjalan ke arah selatan Yogyakarta akan ditemui wisata alam berupa pantai. Terdapat dua sisi pantai, yakni di daerah Gunung Kidul dan di daerah  Bantul. Kali ini aku berkeliling ke daerah Bantul. Di sana terdapat Pantai Parangtritis yang sangat terkenal. Untuk mencapai ke tempat tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih 1 – 1,5 jam dari pusat kota. Perjalanan menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan kecil (motor) ataupun mobil.

Pintu Masuk Taman Bunga Matahari.

Sesampainya didaerah wisata akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp9.500 / orang yang dibulatkan menjadi  Rp10.000 dengan tiket masuk yang tertera stamp dari Jasa Raharja sebagai asuransi. Kemudian, sampai di lokasi intinya, kita akan menemui beberapa tempat wisata yang lebih spesifik. Di sana terdapat Taman Bunga Matahari, lautan pasir (Gumuk Pasir), Pantai Parangtritis, dan tempat paralayang. Tempatnya bersih dan asri. Kalian bisa dengan puas memilih tempat wisata tersebut. Berangkatlah mulai dari pagi hari untuk menikmati semua wisatanya dengan puas.

Untuk memasuki setiap tempat dikenakan tiket masuk lagi setiap orang dengan harga yang berbeda pada setiap tempat. Kali ini aku berkunjung ke Gumuk Pasir dan Taman Bunga Matahari yang terletak di dekat pantai.

Taman Bunga Matahari.
Harga Tiket Masuk.

Harga tiket masuk di Taman Bunga Matahari ini yakni Rp5000 setiap orangnya. Tempat ini merupakan tempat foto yang sangat instagramable karena terdapat objek foto berupa kebun Bunga Matahari yang luas dan sangat subur. Bunga yang mekar berukuran besar sehingga sangat epic ketika di foto. Di tempat ini juga disediakan kursi panjat yang tinggi untuk berfoto dari ketinggian tertentu agar landscape yang terambil lebih luas dari sudut pandang di atas kebun.  Selain Bunga Matahari, terdapat juga bunga lain seperti Bunga Tapak Dara dan juga Bunga Celosia yang berwarna merah ataupun kuning. Di tempat ini kita bisa menyewa aksesoris untuk berfoto seperti topi pantai agar susana foto menjadi lebih mengena dengan nuansa pantai.

Gumuk Pasir.
Pemandangan di dekat pantai.

Gumuk pasir atau Sund Dune merupakan sebuah hasil karya alam karena proses anginayang membawa pasir hingga berkumpul di suatu tempat. Gumuk sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berartu gundukan. Jadi, kita akan menemukan gundukan – gundukan pasir menyerupai bukit – bukit kecil. Gundukan inilah yang dimanfaatkan untuk berselancar karena medannya naik turun. Terdapat banyak sekali tempat Gumuk Pasir di daerah ini. Setiap tempatnya menyuguhkan pemandangan dan karakteristik yang berbeda. Ada yang kontur lahannya benar – benar naik turun sehingga cocok untuk berselancar, Pohon Kaktus besar untuk berfoto, ayunan, penyewaan mobil Jip dan lain sebagainya. Kali ini aku memilih Gumuk Pasir yang lokasinya berada tepat di depan Taman Bunga Matahari.

Harga tiket masuk pada area ini adalah Rp0,- alias gratis. Aku sarankan jangan main di sini ketika siang hari karena akan sangat panas dan berasa benar – benar seperti di padang pasir. Lebih baik datang di sore harinya untuk berselancar atau menikmati berkendara menggunakan Jip di atas gundukan pasir yang ada. Kita juga bisa menyewa Jip ataupun papan selancar di sana.

Selain Taman Bunga Matahari dan Gumuk Pasir, kita bisa berwisata ke Pantai Parangtritis yang berada dalam satu wilayah. Cukup berjalan kaki untuk memutari 3 tampat ini. Di pantai ini kita bisa menyewa kereta kuda atau disebut dengan Dokar untuk menyusuri pantai dan berfoto – foto. Akan sangat ramai jika kalian berkunjung di akhir pekan, terlebih saat musim liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.