Gigitan Nikmat dalam Nasi Pindang Sapi

0
209
Menu Soto Daging dan Pindang Sapi Campur.

Apa yang ada dipikiran kalian jika mendengar kuliner pindang? Bagi sebagian orang pasti berpikir jika pindang adalah olahan ikan yang diolah melalui proses perebusan dan penggaraman. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pindang memiliki pengertian “ikan yang digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar bisa awet tahan lama”. Di sisi lain, beberapa derah menyebut masakan pindang adalah sajian berkuah dengan rasa asam gurih segar.

Nah, pindang yang satu ini bukan pindang ikan dengan rasa asam gurih segar, melainkan pindang sapi dengan rasa khas dan berbeda dari pindang sapi pada umumnya. Seperti halnya pindang sapi di Kudus, pindang ini biasa dibuat dengan daging sandung lamur. Selain untuk membuat kaldu, daging yang alot ini akan terasa lebih empuk saat dimasak bersama bumbu.

Adalah Depot Madona, salah satu depot di Kabupaten Trenggalek ini menyediakan menu khas dan andalan, tidak lain adalah pindang sapi. Pindang sapi yang disajikan hampir mirip dengan rawon, berwarna hitam dengan bumbu pekat. Tetapi ada rasa yang berbeda yang ditawarkan oleh Depot Madona, yaitu sedikit manis, dagingnya empuk, dan ada tambahan serundeng yang begitu gurih dan enak jika dipadukan bersama kuah pindang. Selain dari segi rasa, daging sapi yang disajikan juga berbeda. Biasanya pindang sapi yang disajikan berupa potongan daging kecil, tapi di sini daging sapi yang disajikan bersama dengan tulangnya. Ada sensasi tersendiri saat menikmati pindang sapi Depot Madona.

Daftar menu dan harga.

Penulis kala itu mencoba untuk memesan nasi pindang sapi campur dan soto daging. Di sini pindang sapi ada dua ya; pindang sapi campur dan pindang sapi pisah. Artinya, untuk pindang sapinya dipisah dengan nasi dalam wadah yang berbeda. Tidak ada beda dalam hal rasa, hanya saja pindang sapi pisah bisa dinikmati lebih banyak daripada nasi pindang sapi campur.

Perlu diingat ya jika mau makan di Depot Madona dan suka nasi yang lebih sedikit, bisa disampaikan kepada penyaji untuk mengurangi porsi nasi yang biasanya disajikan cukup besar. Bisa dibilang keluar dari depot ini perut auto penuh. Untuk sotonya pun juga demikian. potongan dagingnya begitu besar dengan aroma segar tanpa santan. Pengalaman kuliner yang tidak bisa dilupakan saat mampir ke sini.

Depot Makan yang Bersih.

Depot yang berada di Jalan Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek ini selain menyediakan pindang sapi, juga menyediakan menu lain seperti nasi rawon empal, nasi soto, nasi lodho khas Trenggalek, sop iga dan nasi campur. Mengenai harga yang ditawarkan, jangan takut dengan embel-embel daging sapi yang mahal. Kalian bisa makan kenyang di sini cukup dengan membayar Rp 12.000/porsi saja lho! Gak cuman nasi pindang sapi yang murah, menu lain juga sangat murah seperti soto daging. Hanya dengan Rp 12.000, kita bisa dapat nasi soto daging semangkok penuh. Selain menjual makanan berat, Depot Madona juga menawarkan oleh-oleh, salah satunya adalah abon sapi. Depot Madona buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam.

Jika temen-temen berniat berkunjung ke Trenggalek atau melewati Trenggalek, tidak ada salahnya untuk mampir ke Depot Madona. Cukup ketik “Depot Madona Trenggalek” di maps online, lokasi bisa langsung dituju karena memang lokasinya yang sangat strategis berada di jalan nasional Tulungagung-Trenggalek. Selagi berada di Trenggalek bisa mencoba tempat wisatanya yang terkenal, mana lagi kalau bukan Pantai Prigi dan Pantai Mutiara. Deretan pantai pasir putih dengan warna laut yang berwarna biru. Penasaran? Silahkan mencoba berlibur ke Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.