Gemerlap Taman Gantung Jalan Tunjungan Surabaya

0
1574
Suasana Jalan Tunjungan dari Taman Gantung.

Sejak program restorasi Jalan Tunjungan beberapa waktu lalu, kini Surabaya memiliki sebuah ikon baru. Ikon tersebut adalah taman gantung. Taman ini berada tepat di sebelah utara Gedung Siola Surabaya yang kini digunakan sebagai Mal Pelayanan Terpadu Pemerintah Kota Surabaya.

Sebenarnya, taman gantung ini merupakan jembatan penyeberangan yang menghubungkan dua sisi Jalan Tunjungan. Oleh Pemkot Surabaya, jembatan ini dipercantik dengan aneka tanaman hias seperti tanaman anggrek yang ditanam mengelilingi pagar jembatan. Tak hanya itu, kursi taman dipasang di sepanjang taman sehingga pengunjung yang akan menyeberang bisa duduk-duduk sambil menikmati gemerlap Kota Surabaya dari atas.

Kursi di Taman Gantung.

Untuk mencapai taman ini, kita harus masuk melalui Gedung Siola terlebih dahulu. Lalu, kita menaiki ekskalator hingga ke lantai tiga. Jembatan penyeberangan ini terletak tak jauh dari coworking space milik Pemkot Surabaya. Sebelum masuk jembatan, ada beberapa mural yang menggambarkan Kota Surabaya yang sayang dilewatkan untuk tidak dijadikan spot foto.

Gedung Siola.

Di Taman Gantung Jalan Tunjungan ini, kita bisa melihat keramaian Jalan Tunjungan Surabaya. Berbagai bangunan kuno yang ada di sepanjang jalan tersebut menjadi daya tarik juga. Ada toko kacamata, bank swasta, hingga dari kejauhan tampak Hotel Majapahit alias hotel Yamato, tempat peristiwa bersejarah penyobekan bendera Belanda saat perang kemerdekaan.

Pelican crossing di Jalan Tunjungan.

Nun dari kejauhan, tampak pula kompleks belanja Tunjungan Plaza, mulai Tunjungan Plaza 1 hingga 6. Dari sisi jalan yang lain, tampak pula bangunan Gedung Siola yang berdiri sejak zaman penjajahan. Namun, yang membuat unik adalah adanya pelican crossing. Alat bantu penyeberangan ini berada tak jauh dari Taman gantung. Saat pengguna jalan akan menyeberang, maka akan terdengar lagu Rek Ayo Rek.

Lagu ini merupakan lagu khas Kota Surabaya yang berisi ajakan untuk berjalan-jalan di Jalan Tunjungan. Jadi, keberadaan Jalan Tunjungan sudah menjadi ikon kota ini sejak dahulu kala. Menjadi salah satu kawasan denyut nadi kota ini penghubung Surabaya Selatan dan Utara.

Satu hal yang menjadi catatan baik adalah kebersihan Taman Gantung Jalan Tunjungan yang sangat terjaga. Tidak tampak ceceran sampah berserakan karena telah tersedia dengan cukup banyak. Jadi, taman ini sangat direkomendasikan jika berkunjung ke Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.