Gelora Wisata Pulau Bangka

0
137
Keindahan Pantai Tikus Emas
Keindahan Pantai Tikus Emas.

Hello sahabat setia Travelblog.id jumpa lagi bersama saya Dian Fitri Yani. Well, in this second article I’m above to share you about travelling anymore it’s ‘’Gelora Wisata Pulau Bangka’’                       

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi yang terdiri dari dua pulau utama  yaitu, Bangka dan Belitung. Pulau Belitung sangat terkenal akan keindahan pantainya dan sering disebut dengan Negeri Laskar Pelangi karena pulau ini merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi yang sangat populer di seluruh Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa Pulau Bangka ternyata tak kalah indahnya dengan Pulau Belitung karena terdapat banyak pula barisan pantai nan cantik dan destinasi wisata yang mempesona. Are you curious about that? Let’s scroll down guys!

Menanti senja di pinggir Pantai Tikus Emas
Menanti senja di pinggir Pantai Tikus Emas.

Berbicara tentang Pulau Bangka pikiran kita tak akan terlepas dari barisan pantai yang siap kita datangi. Pulau ini beranugerahkan hamparan pantai yang sangat recommended bagi sahabat semua yang suka bermain air dan pecinta pantai sejati. Tapi kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang sebuah pantai yang pernah saya kunjungi yaitu Pantai Tikus Emas. Keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi karena sungguh mempesona sejauh mata memandang, posisinya yang cukup tersembunyi seolah menyiratkan akan ke alamian pantai yang terletak sekitar 5 kilometer dari kota Sungailiat, Kabupaten Bangka ini.

Selain pantai Tikus Emas, pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Vihara karena sebelum sampai ke pantai ini, kita akan melewati Vihara Puri Tri Agung yang wajib kita singgahi sebelum sampai ke Pantai Tikus Emas yang menjadi tujuan utama kita. Jangan kan dari jarak dekat, melihat hamparan pasir putih dan birunya air laut yang seolah menyatu dengan langit dari Vihara ini pun sudah sangat menakjubkan sehingga biasanya pengunjung tidak akan sabar untuk sampai ke Pantai Tikus Emas ini. Bagi kalian yang sangat menyukai pantai saat berlibur ke Pulau Bangka, terasa tidak afdhol jika tidak merasakan serunya deburan ombak dan bersantai ria di atas bebatuan besar yang juga menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini.

Sahabat, selama berada di Pulau Bangka, tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Bukit Menumbing. Ya, destinasi wisata kali ini merupakan destinasi wisata alam sekaligus wisata sejarah yang wajib kita kunjungi karena di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing yang merupakan tempat pengasingan Bapak Proklamator kita, Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada saat zaman penjajahan Belanda.

Pemandangan Bukit Menumbing
Pemandangan Bukit Menumbing.

Tempat ini berlokasi di wilayah Kota Muntok, Bangka Barat dan memiliki ketinggian 355 meter di atas permukaan laut. Wisma ini memiliki bangunan utama yang merupakan tempat tinggal Presiden Soekarno kala itu, di dalamnya terdapat ruang kamar dan beberapa fasilitas umum yang di gunakan oleh Bung Karno, Bunga Hatta, Mr. Ag. Pringgodigdo, Komodor Surya Darma dan Mr. Assa’at selama mereka diasingkan sejak tanggal 22 Desember  1948 hingga 07 Juli 1949.

Tak hanya itu di dalam wisma ini terdapat banyak foto dan lukisan–lukisan bersejarah yang patut kita perhatikan selama mengunjungi destinasi wisata sejarah ini. Selanjutnya, kita dapat melihat keindahan alam di puncak Menumbing ini dengan naik ke atas banguan melewati pintu belakang. Pemandangannya sangat asri dan sangat harmonis, jika memandang kesebelah kiri kita akan melihat indahnya hamparan laut biru dan di sebelah kanan kita akan disuguhi dengan rimbunnya pepohonan yang menambah keindahan pemandangan dari puncak Bukit Menumbing ini.

Teman-teman yang berencana untuk berkunjung ke Pulau Bangka jangan sampai melewatkan tempat bersejarah ini agar kita tidak lupa akan sejarah dan perjuangan para pejuang bangsa kita khususnya Bapak Ir, soekarno yang pernah diasingkan di tempat ini bersama beberapa pejuang lainnya.

Sekian cerita saya tentang Gelora Wisata Pulau Bangka kali ini, hope you can enjoy guys, see you in the next article. Thanks a lot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.