Ganasnya Sambal Mangga Muda di Waroeng Kaligarong, Semarang

0
306
Bebek Goreng Sambal Mangga Muda.

Berbicara tentang wisata kuliner memang tidak akan ada habisnya. Selalu ada saja yang baru dari dunia kuliner, khususnya di Indonesia. Baik kuliner tersebut hasil adaptasi dari kuliner asal negara lain maupun inovasi yang terinspirasi dari kuliner yang telah ada. Satu di antara kota yang memiliki kuliner berlimpah adalah Semarang. Selain Lumpia Mbak Lien yang terkenal itu, ada lagi kuliner lainnya yang patut dicoba. Apa itu? Bebek khas Waroeng Kaligarong dengan cocolan sambal mangga muda yang ganas saat bersentuhan dengan lidah.

Banyak orang yang telah berkunjung ke Waroeng Kaligarong, baik warga lokal maupun wisatawan dari luar Semarang dan mancanegara. Tak hanya makananya yang enak dan nendang di lidah, tempat makannya yang cozy juga cocok untuk dinikmati baik sendirian maupun ramai-ramai. Untuk lokasinya, ada di Semarang Kota. Lebih tepatnya di daerah Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang. Jam bukanya pun cukup panjang, yaitu mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

Warung Bebek Kaligarong.

Bebek goreng dengan sambal mangga muda memang sangat terkenal di Waroeng Kaligarong ini. Sebagai pemula, kalian disarankan untuk mencoba menu ini. Jadi, boleh dikatakan jika sambal mangga mudanyalah yang menyebabkan bebek ini menjadi semakin enak disantap. Perpaduan antara pedas dan asam sangat pas. Meskipun begitu, daging bebeknya juga punya bumbu yang khas dan sangat meresap. Dagingnya sangat empuk, tidak alot sama sekali. Sekali gigit, dagingnya langsung bisa dikunyah dan ditelan.

Jika tidak cocok dengan paduan bebek dengan mangga muda, kalian masih bisa memilih menu lainnya seperti ayam mangga muda, cumi hitam mangga muda, gurami mangga muda, udang mangga muda, dan platter mangga muda yang berisi sate ati, sate ampela, kepala, tahu, tempe, sambal mangga muda, dan lalapan. Menu-menu di Waroeng Kaligarong ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20.000—Rp 35.000.

Es Kacang Ijo dengan Penyajian Unik.

Selain sambal mangga muda, kalian juga bisa menjajal sambal matah di Waroeng Kaligarong. Sambalnya tidak sengak meskipun ada irisan bawang merah dan cabai mentah yang disiram minyak panas. Pasangan yang cocok dengan sambal matah ini adalah gurame. Adakah menu lainnya selain menu-menu tadi? Ada! Kalian bisa memesan menu nasi bakar ayam kecombrang, nasi bakar cumi hitam, nasi cumi item, nasi cumi pete, nasi pecel telor, nasi sop ceker, nasi sop empal, ayam bakar, bebek bakar, bebek rica hot plate, bubur ayam special, gado-gado, bakmi godog, mi goreng, rendang jengkol, tempe lombok ijo, dll . Bahkan ada menu bagi penyuka sayur ala pedesaan seperti oseng kembang turi atau oseng daun pepaya.

Untuk minuman, variasinya sangat banyak. Nggak hanya es teh, es jeruk, atau air mineral. Kalian akan disuguhkan dengan pilihan jamu dengan sentuhan modern. Di antaranya kunyit asem punch, asem aren squach, kunyit asem smoothies, kunyit asem, dan beras kencur, wedang anget (milo, jahe wangi, wedang wuluh), es jadoel (es tape ijo, es teler, es campor, es kelapa aren, es kelapa jeruk, es kelapa muda, es jeruk murni, dan es jeruk nipis), kopi, teh, dan jus. Bahkan, ada menu minuman yang disajikan dengan alas daru anyaman bambu dan unik sekali untuk difoto. Minuman itu berupa es bruno, es kopyor, es kuwut, es cincau selasih, es gempol, dan es kacang ijo.

Suasana di dalam Warung Kaligarong.

Tak hanya minuman yang disajikan dengan gaya oriental dan tradisional, makanan juga sama. Selain anyaman bambu, makanan juga diletakkan di atas daun pisang, tampah, cobek, dan mangkuk-mangkuk kecil yang terbuat dari kayu. Makan di Waroeng Kaligarong ini membuat kalian merasakan kenikmatan dan kenyamanan yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.