Floating Market Lembang dan Keindahan yang Tersimpan

0
294
Wisata Bandung Lembang
Banyak tumbuh pohon disekitar danau Situ Umar.

Selain tenar dari segi kuliner dan pusatnya kaos murah, Bandung juga dikenal sebagai kota percontohan. Tata ruang kotanya sangat rapi dan indah. Gambaran Bandung banyak disuguhkan lewat film Dilan. Romantisme kisah cinta anak muda berlatar belakang kota kembang ini nggak kalah keren sama romantisme di bawah langit kota pelajar.

Kembali ke cerita, jadi waktu itu saya sedang berada di rumah kakak ipar saya. Lokasi rumahnya kurang lebih 10 menit dari alun–alun kota Bandung.  Perjalanan ini, adalah yang pertama bagi saya dan ibu saya karena kakak saya 9 hari lagi HPL. Jadi, agar tidak sendirian saat suaminya bekerja keluar kota ditemani ibu. Sekaligus persiapan kelahiran.

Hari ke 3 saya di Bandung, karena itu adalah weekend. Saya putuskan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang menurut saya unik. Saya kesini bersama teman baru yang kenal lewat sosial media. Biar ada tourguidenya kan, eh ternyata sama–sama baru pertama kali ke sini. Alhasil hanya mengandalkan maps.

Bandung Lembang
Miniatur “Peng” atau koin yang digunakan untuk bertransaksi di pasar apung.

Dan sudah berada di Lembang Floating Market! Atau pasar terapung, lebih ringkasnya lagi pasar apung. Selain di Bandung, di Banjarmasin Kalimantan Selatan itu juga ada pasar terapung seperti ini. Tapi itu memang pasar yang sudah ada sejak dulu di Sungai Martapura. Kalau di Lembang ini konsep awalnya memang bertujuan untuk wisata. Yang awalnya hanya berupa danau dan pasar apung, kemudian muncul wahana baru lainnya. Bagi kalian yang belum ada bayangan pasar apung Lembang itu seperti apa. Jadi maksudnya, akan ada beberapa pedagang yang menjajakan kuliner di atas perahu kecil yang mengambang di danau.

Floating Market Lembang
Ikut menjaga keindahan alam, patuhi larangannya ya.

Untuk tiket masuk Lembang Floating Market, kita hanya perlu membayar 25.000 ribu rupiah saja. Anak kecil yang berusia kurang dari 2 tahun, tidak perlu membayar tiket. Setelah membeli tiket masuk, lebih baik disimpan, jangan buang tiketnya karena nanti bisa ditukarkan dengan segelas minuman hangat saat keluar. Lumayan untuk menghangatkan badan, karena cuaca sekarang lebih sering hujan.

Floating Market Bandung Lembang
Keindahan Lembang Floating Market saat mendekati senja. Banyak gazebo yang disediakan di samping danau.

Saya berjalan santai sambil menikmati keindahan alamnya. Saat saya sampai di pasar apung ternyata disana tidak menerima uang cash. Hanya menerima koin yang harusnya saya beli di pintu masuk. Sistem jual beli disana dengan menggunkan koin bertuliskan floating market. Koin dengan warna kuning untuk pecahan 5.000, biru 10.000, merah muda 50.000 dan orange 100.000 rupiah. Untuk kalian yang ingin menukar sebaiknya jangan terlalu banyak karena koin tidak bisa diuangkan lagi. Karena sebelumnya saya tidak tahu, ya sudah mutar lagi jalan–jalan sambil hunting foto deh. Mampir minum kopi sebentar terus pulang. Di setiap wahana yang ada akan dikenai tiket masuk lagi per orang. Jadi lebih baik kalau kesini dipertimbangkan dulu ingin mencoba wahana yang mana.

Wisata Floating Market Lembang
Clothing Market tempat membeli oleh – oleh Bandung.
Bandung Lembang Floating Market
Taman Kelinci, ada rumahnya juga.

Wahana dan fasilitas disini sangat lengkap dan terawat dengan baik. Ada wisata kuliner pasar apung, rainbow garden, taman kelinci, beberapa restoran, kereta air, outbond, kyotoku (studio foto dengan konsep ala negeri Sakura yang keren. Disediakan penyewaan kimono dan hanbok juga lho harganya sekitar 75.000), mushola, kamar mandi, banyak tempat duduk juga disekitar area, tempat parkir luas, di dekat parkit ada juga clothing market (tempat untuk membeli beberapa kaos dan cindera mata). Jadi sangat cocok sekali untuk mengunjungi Floating Market bersama keluarga maupun pasangan.

Floating Market ini berlokasi di jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam operasionalnya Senin – Kamis buka pukul 09.00 – 19.00 WIB, Jumat dan Sabtu buka pukul 08.00 – 19.00 WIB, untuk hari Minggu buka pukul 08.00 – 20.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.