Factory Outlet – Bandung

0
1012

Factory Outlet – Bandung.

Salah satu jenis kegiatan wisata di Bandung adalah Wisata Belanja. Bandung sudah sangat terkenal dengan tempat mencari Factory Outlet.

Factory Outlet - Bandung rumahmode1
Rumah Mode Bandung – Des 2014

 

Beberapa kota lain / lokasi lain sudah mencoba membuka juga Factory Outlet, tetapi cuma Bandung yang terkenal. Kenapa? Kemungkinan karena Bandung (Jawa Barat) merupakan pusat industri tekstil dari dulu. Industri tekstil terpusat di Jawa Barat. Pada suatu saat export industri tekstil sedang lesu, yang dikarenakan karena krisis. Perusahaan-perusahaan yang tadinya banyak melakukan eksport ke luar negeri, memiliki kapasitas berlebih. Karena itu ada satu, dua, pengusaha mencoba menjual produk tersebut di Bandung dengan judul Factory Outlet.

Sebelum factory outlet mulai banyak di Bandung, ada toko-toko penjual celana jeans. Awalnya dari Gg Tamim, lalu pusatnya mulai pindah ke jl. Cihampelas (sampai sekarang jl. Cihampelas masih merupakan pusat jualan jeans dan baju). Mulai banyak merk terkenal yang dijual di situ (mengenai asli / palsu –> no comment). Celana-celana yang dibuat dalam ukuran besar / panjang, sehingga kesan bahwa itu adalah sisa eksport sangat kental. Setiap sudah membeli celana tersebut maka biasanya celana tersebut harus dirombak (dipotong dan dijahit ulang).

Belakangan juga ada FO kecil yang mulai menjual di dalam rumah. Di salah satu jalan sekitar hotel Hilton Bandung. Untuk masuknya hanya bisa beberapa orang bergantian. Dari situ, pengusaha tersebut mulai melebarkan usaha sehingga makin banyaklah Factory Outlet yang menjamur.

Buat teman-teman dari luar kota, perlu sedikit strategi jika ingin berputar-putar mencari Factory Outlet. Salah satunya dengan mengunjungi per daerah saja. Karena sesama Factory Outlet biasanya berkumpul bersama. Berikut pilihan FO di Bandung:

  • Rumah Mode – Kawasan Setiabudhi

Rumah mode merupakan salah satu prioritas pertama jika ingin membeli produk Factory Outlet. Lokasi tersebut awalnya adalah bekas pabrik garmen yang beralih fungsi menjadi FO. Setiap tahun FO ini berkembang dan semakin luas. Selain lengkap dan kualitasnya bagus-bagus, FO ini juga memiliki sarana lain seperti: beraneka ragam tempat makan (banyak tempat makanan enak di Bandung yang dijual di sini / kerjasama), cafe (java bean), tempat refleksi (Tao Reflexology), tempat main anak, tempat parkir yang luas.

Factory Outlet - Bandung Photo: Rumah Mode - Des 2014
Photo: Rumah Mode – Des 2014
  • Kawasan jl. Riau / LLRE Martadinata

Di kawasan ini juga banyak bertebaran Factory Outlet seperti: The Summit, Heritage, The Secret, Cascade, dll. Ada malah dekat sini ada kantor pos Bandung yang lantai 1 nya didayagunakan menjadi Factory Outlet. Daerah ini termasuk yang must go jika ke Bandung ingin hunting Factory Outlet. Kita cuma perlu parkir 1x, lalu kita jalan mengelilingi Factory Outlet tersebut mencari yang cocok. Dan selain itu, di daerah ini sudah banyak rumah makan / cafe yang dibangun. Sehingga bisa sekali dayung 2-3 pulau terlewati. Setelah makan lalu belanja (katanya kalau belanja dalam keadaan lapar dapat menyebabkan boros.). Oh iya, di Cascade juga ada tempat “Scrap Book” yang cukup terkenal.

  • Kawasan Jl. Dago

Ada beberapa Factory outlet di Dago, seperti Blossom, Grande, Jetset. Jl. Dago merupakan salah satu kawasan lama. 2 Arah jalan. Kalau hari Sabtu-Minggu dan hari libur termasuk jalan yang macet. Jalan Dago ini juga termasuk kawasan “Free Car Day” setiap hari Minggu pagi. Bagusnya jalan ini cukup banyak pohon rindang di pinggir jalannya.

  • Kawasan Jl. Cihampelas

Jl. Cihampelas sudah terkenal sejak awal merupakan kawasan jeans dan pakaian. Seperti ada Cihampelas Walk (kawasan modern beserta dengan hotel) dan bioskop 21, Sapu Lidi (group).

Kawasan ini satu arah, sehingga cukup lumayan macet jika datang pada hari Libur Nasional. Tetapi perlu dikunjungi jika belum pernah. Di daerah bawah jalan Cihampelas juga ada beberapa tempat oleh-oleh Bandung. Sehingga jika ada rencana dari Cihampelas ingin keluar kota Bandung lewat pintu tol Pasteur, maka cocok. Setelah belanja, tidak jauh ke bawah ada toko oleh-oleh (makanan kecil). Selain itu di kawasan ini juga banyak bertebaran hotel-hotel. Dan tidak kalah strategisnya, di kawasan ini pula ada tempat turun / naik dari mobil travel yang terkenal. Sehingga misalnya kita dari Jakarta yang ke Bandung dengan mobil travel, kita bisa langsung belanja setelah turun.

Ok. Saran saya… jika ketika¬†belanja, jangan lupa memikirkan anggota keluarga yang lain. Kalau bisa mereka ada kegiatan juga agar kita tidak terganggu ketika belanja.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.