Explore Wisata Alam di Kabupaten Muara Enim – Sumatera Selatan

Kebun Strawberry Imyaris Garden
Kebun Strawberry Imyaris Garden.

Apa kabar sahabat Travelblog.id? Semoga senantiasa diberikan kesehatan, Aamiin.

Rutinitas sebagai mahasiswa kerap kali membuat bosan dan melelahkan. Sebuah perjalanan yang cukup panjang untuk menuju kampus seringkali terasa berat. Tetapi karena itu, mengendarai motor adalah hal yang menyenangkan sehingga aku dan beberapa teman-temanku seringkali trip ke tempat-tempat wisata yang ada di Sumatera Selatan.

Beberapa hari lalu, aku dan beberapa orang teman kuliahku (Jimi, Idris, Styo, Ridho, Yasin) pergi menuju Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Lau, Kabupaten Muara Enim. Perjalanan kami mulai dari Kabupaten Ogan Ilir sekitar pukul 08.00. Selama di perjalanan kami beberapa kali kehujanan yang membuat seluruh pakaian basah. Hingga sampailah kami di rumah Yasin sekitar pukul 11.45 (Muara Enim).

Setelah makan dan sholat kami segera bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Desa Pulau Panggung. Kurang lebih 4 jam perjalanan akhirnya kami sampai di rumah Kepala Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut. Sebagai informasi bahwasannya sebelum kesini bersama teman-temanku, aku sudah pernah kesini bersama rombongan pramuka saat pernikahan salah satu anggota Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan.

Sesampainya disini, kami dipersilahkan masuk oleh ibuk kades. Beberapa saat kemudian kami diberikan kopi dan langsung kami minum sesaat setelah disuruh minum. Karena posisi saat itu pakaian sedikit basah dan udara disana cukup dingin. Sungguh nikmat sekali kopi semende ini ujarku dalam hati. Kami mengobrol panjang lebar dengan buk kades dan akhirnya kami sampaikan maksud bahwa ingin menginap satu malam dirumahnya.

Sore hari itupun kami langsung mandi dan Sholat Magrib berjamaah. Tidak lama setelah itu kami diberi makan malam dengan lauk yang lebih dari cukup. Keesokan harinya, kami diberi sarapan lagi, sungguh luar biasa pelayanan ibuk kades ini. Sudah mau menerima kami menginap secara gratis, diberi makan pula. Selesai sarapan kami mandi secara bergantian dan bersiap-siap menuju kebun strawberry.

Lebih kurang 2 jam perjalanan akhirnya kami sampai di Kebun Strawberry Imyaris Garden yang berada di Desa Segamit Kecamatan Semende Darat Ulu. Selain Kebun Strawberry disini juga terdapat kebun Kopi. Pemandangan disini cukuplah indah dan udara nya sangat dingin. Untuk masuk ke sekitaran kebun strawberry ini pengunjung cukup membayar Rp. 10.000/orang untuk uang kebersihan. Disini banyak spot-spot foto bagi yang narsis di sosial media. Kita juga bisa memetik sendiri strawberrynya, dan untuk harga strawberry disini adalah Rp. 50.000/kg dan 1 kotak plastik mika seharga Rp. 10.000. Sungguh segar sekali strawberry disini, jadi untuk wisatawan yang mau ke Sumatera Selatan jangan lewatkan tempat ini.

Air Terjun yang menyejukkan.

Setelah puas foto-foto dan membeli buah strawberry akhirnya kami pulang. Tetapi sebelum itu, kami memberikan sedikit buah strawberry ini kepada ibuk kades sebagai ucapan terimakasih telah menerima kami. Setelah berpamitan kami segera menuju Air Terjun Bedegung. Lokasi air terjun ini berada di Desa Bedegung Kecamatan tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Untuk menemukan lokasi air terjun ini tidaklah sulit karena bisa melihat google maps dan terdapat plang penanda serta gapura selamat datang.

Sesampainya di lokasi ini, kami langsung foto-foto dan membuat video sebagai dokumentasi. Air terjun disini cukup besar dan deras dengan bebatuan besar yang membuat pengunjung bisa berenang di sekitarnya. Setelah lama berfoto dan membuat video kami tergoda untuk berenang di bawahnya. Sungguh segar sekali air disini dengan percikan-percikan air dari atas yang menimpa bebatuan. Akhirnya setelah selesai mandi kami segera pulang menuju Kabupaten Ogan Ilir lagi.

Catatan : Untuk masuk ke air terjun ini cukup membayar Rp. 25.000 untuk 2 orang dengan 1 motor.

Terimakasih sudah membaca dan menonton video ini, jangan lupa sebarkan ke sosmed sahabat Travelblog.id agar semakin banyak yang mengetahui tempat wisata ini. Oh iyaa support juga channel youtube ku yah dengan subscribenya.