Explore Loksado With A Million Stories

0
992
Siang itu,setelah perjalanan panjang waktu yang kami tempuh sekitar 5 jam untuk sampai teman yang begitu indah dengan pemandangan alam yang asri.

Siang itu, setelah menempuh perjalanan panjang sekitar 5 jam dari Banjarmasin ke Loksado. Tentu ini merupakan pertama kali saya berpijak disini. Sungguh tidak mudah menempuh pejalanan menuju tempat yang begitu indah. Saya dan rombongan harus menembus hutan dan perbukitan untuk sampai di Loksado. Sesampainya disana kami di sambut oleh pemandangan yang begitu asri.

Loksado merupakan Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Secara geografis Loksado terletak di pegunungan Meratus yang mana menjadi salah satu icon wisata alam bagi para wisatawan yang terdapat destinasi air terjun.  Loksado memiliki pesona sendiri untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Rafting yang ada di Loksado tentu berbeda dengan rafting pada umumnya yang menggunakan perahu karet. Dengan water spot yang lebih menantang hanya dengan menggunakan bambu. Rafting ini lebih di kenal dengan sebutan Bamboo rafting ada pula yang menyebutnya Balanting Paring. Yang mana setiap rakit hanya berisi 2-3 penumpang dan seorang pemandu yang berpengalaman.

Bamboo rafting menurupan tempat adu andrenalin yang akan membawa penumpang menikmati perjalan yang luar biasa dan dapat melihat aktifitas suku dayak meratus.

Bamboo rafting tidak hanya untuk menguji adrenalin saja, namun akan ditemui pemandangan yang sangat indah, luar biasa dan dapat pula melihat aktivitas suku Dayak Meratus. Waktu tempuh sebuah bamboo rafting sendiri adalah 2-3 jam. Biasanya bamboo rafting dilakukan di sungai Amandit dan berakhir di sebuah desa Tanuhi.

Ketika berada di desa Tanuhi, jangan sampai kehilangan kesempatan untuk menikmati air hangat alami yang berasal dari gas bumi. Desa Tanuhi sendiri terletak di daratan tinggi pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan. Tempat ini sangat cocok setelah menikmati perjalanan bomboo rafting, lalu berendam di pemandian air hangat untuk melemaskan otot-otot yang tegang agar lebih rileks. Selain itu, kolam pemandian air hangat sendiri memiliki 3 buah kolam dengan suhu air yang berbeda. Kolam pertama yang memiliki ukuran cukup dengan suhu air yang sedang biasanya di gunakan perendaman sebelum menuju kolam yang kedua. Kolam kedua berukuran lebih kecil dari kolam pertama namun suhu airnya jauh lebih hangat dari kolam sebelumnya. Dan kolam ketiga suhu airnya dingin namun memiliki kedalaman yang berbeda dibandingkan kolam lainnya.

Tepat di daratan tinggi desa tanuhi salah satu tempat incaran wisatawan yang ingin menikmati pemandian air hangat alami yang berasal dari gas bumi.

Di pemandian air hangat ini kita juga dapat berbaur dengan wisatawan lainnya. Secara alamiahnya pemandian air hangat memiliki kandungan yang dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh lebih bugar. Tempat ini di kelola oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya kami juga dapat melihat langsung olahan masyarakat setempat dari hasil bumi dan buah-buahan musiman, menjadi produk olahan. Dari ketika masih berbentuk pohon hingga menjadi sirup. Hasil bumi dari kecamatan Loksado, yaitu kayu manis. Dan buah-buahan musiman, yaitu kuini dan kasturi. Kreativitas masyarakat setempat dapat di acungkan jempol, dari tumbuhan khas hutan meratus dapat dijadikan souvenir khas Dayak seperti gelang dan tas dari rotan.

Khusus di daerah Loksado tidak hanya keindahan alam yang memikat wisatawan datang ke Loksado tapi ada Balai Adat Malaris dimana budaya suku Dayak Loksado masih kental hingga menarik wisatawan, bahkan sampai mancanegara.

Untuk penduduk lokalnya sendiri sangat welcome ketika wisatawan berkunjung ketempat ini. Tempat yang sangat cocok untuk para petualang yang selalu menyusuri keping-keping Indonesia. Untuk kalian yang suka tantangan dan memiliki jiwa petualang amat sangat disayangkan jika kalian belum berjelajah ke tempat ini.

Jam Buka
Setiap Hari 07.00 - 15.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.