Empat Kuliner Unik dari Kepulauan Riau

0
1117
Luti Gendang.

Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikelilingi oleh 90% pulau-pulau dan hanya selebihnya terdiri dari daratan. Kekayaan alamnya yang berupa hasil laut menjadikan tempat provinsi ini menjadi destinasi wisata. Selain itu, Kepulauan Riau juga banyak menyajikan makanan unik dan lezat. Jadi, jika kamu berkunjung ke wilayah ini, kamu harus mencoba berbagai kuliner khasnya. Berikut saya akan merekomendasikan beberapa makanan khas Kepulauan Riau yang wajib kalian coba.

Gonggong

Dari namanya, pasti kalian akan bertanya-tanya dan penasaran, terutama bagi yang pertama kali mendengar namanya. Tapi jangan salah paham, dengan makanan yang satu ini. Gonggong adalah salah satu hewan laut sebangsa siput laut yang hanya terdapat di sekitar Kepulauan Riau.

Rasa dagingnya yang unik dan legit sangat cocok apabila dimakan menggunakan sambal. Cara pengolahannya sangatlah mudah, hanya dengan merebus dengan sedikit bumbu dan garam, maka gonggong siap disantap.

Cara makannya tergolong unik, karena untuk mendapatkan daging yang ada di dalam cangkang, kita harus mengambilnya menggunakan tusuk gigi atau menarik kuku yang kelihatan sedikit menyembul dari cangkang dengan gerakan mengikuti bentuk cangkang agar dagingnya tidak putus sebagian, sebab akan susah dikeluarkan apabila daging sudah tertinggal di dalam cangkang. Sekali coba mungkin lidah akan merasa sedikit aneh tapi untuk selanjutnya dijamin kalian akan ketagihan lagi.

Otak-otak

Otak-otak di Kepulauan Riau memiliki perbedaan dengan otak-otak yang dijual daerah Jawa yang dibungkus dengan daun pisang. Otak-Otak di sini dibungkus dengan daun kelapa hijau sekaligus dengan lidinya, yang masing-masing sisi ujungnya dijepit dengan menggunakan lidi atau staples, kemudian selanjutnya dipanggang menggunakan bara api hingga matang.

Otak-otak merupakan sejenis makanan yang terbuat dari berbagai varian rasa dari hasil laut Kepulauan Riau, salah satunya dari ikan yang digiling halus lalu dicampur tepung dan bumbu khusus, sehingga terasa lembut dan gurih pada saat disantap. Ada tiga jenis otak-otak yang dijual di wilayah Kepulauan Riau, yaitu otak-otak ikan tenggiri, otak-otak sotong, dan otak-otak tulang ikan.

Lakse.
Lakse

Masakan Melayu yang satu ini banyak menggunakan rempah dan santan pekat. Lakse adalah makanan yang biasa disajikan untuk sarapan yang cukup mengenyangkan. Lakse ini berbentuk mie yang terbuat dari sagu dan bertekstur kenyal, putih bening, dan lebih tebal dari pada mie yang dibuat mengunakan cara khusus.

Makanan ini biasanya disajikan dalam bentuk kuah kari ayam yang pedas gurih dan lebih nikmat apabila ditambahkan cabe merah. Meskipun terlihat sederhana, namun lakse memiliki rasa yang nikmat, sehingga tidak jarang masyarakat di Kepulauan Riau, memilih lakse sebagai menu sarapan dan berbuka puasa, karena harganya yang terjangkau dan juga bergizi.

Luti Gendang

Luti merupakan sebutan lain dari orang melayu untuk roti. Luti gendang berasal dari salah satu daerah Kepulauan Riau, yaitu Pulau Tarempa. Luti gendang ini memiliki tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Selain itu, luti gendang memiliki isian yang terbuat dari ikan tuna yang dihaluskan menjadi abon, serta dicampur dengan bumbu. Makanan ini sangat nikmat disantap ketika masih panas dengan ditemani secangkir teh dan kopi pada waktu pagi dan sore hari. Selain rasa, dari segi harga, luti gendang ini tergolong makanan ringan dengan harga murah, sehingga banyak digandrungi oleh orang-orang.

Bagaimana? Kamu penasaran? Ayo berkunjung ke Kepulauan Riau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.