Empat Hal yang Harus Kalian Lakukan di Cirebon

0
1102
Keraton Kasepuhan Cirebon.

Cirebon merupakan kota pelabuhan di bagian utara Jawa Barat. Kota ini adalah kota perbatasan antara provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, oleh karena itu, budaya Cirebon sangat menarik karena merupakan akulturasi dari dua daerah yang berbeda. Sejak jalan tol Cipali (Cikampek – Palimanan) dibangun dan diresmikan, akses menuju Cirebon menjadi sangat mudah. Apabila biasanya memakan waktu tempuh sekitar 6-8 jam, sekarang hanya membutuhkan 3-5 jam saja! Sehingga wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia bisa dengan cepat sampai ke Cirebon.

Lalu, Cirebon juga merupakan sebuah kota yang kaya dengan sejarah. Pada zaman dulu, pelabuhan di Cirebon adalah salah satu pelabuhan besar di Nusantara. Bangsa Eropa, Arab, India, dan Cina sudah melakukan aktivitas ekonomi sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu! Jadi, tidak perlu diragukan jika budaya di Cirebon sangat kaya dan beragam.

Nah, Cirebon memang terkenal sebagai tempat wisata. Jenis wisatanya lumayan beragam dan banyak, mulai dari wisata sejarah, budaya, alam, kuliner, sampai dengan fashion! Berikut 4 hal yang wajib kamu lakukan ketika berkunjung ke Cirebon!

Membeli Batik di Trusmi
Batik Trusmi Cirebon.

Cirebon terkenal sebagai sentra batik, ada banyak kawasan pengrajin batik, salah satu yang terkenal adalah Sentra Batik Trusmi. Daerah Trusmi ini memang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata fashion dan kerajinan, mulai dari souvenir khas, sampai batik yang harganya cukup tinggi pun ada! Di Trusmi, banyak terdapat rumah batik yang memang sehari hari membuat batik. Biasanya, mereka menjualnya di toko yang masih satu gedung dengan tempat produksi batik tersebut.

Satu hal yang istimewa dan menjadi ciri khas batik Cirebon adalah dari motif batiknya. Setiap daerah memiliki motif khasnya masing masing, dan Cirebon memiliki motif khas mega mendung. Motif mega mendung adalah ilustrasi dari awan yang digambarkan melalui beberapa pakem motif. Nah, motif ini sebenarnya adalah adaptasi dari filosofi masyarakat Tionghoa loh!

Motif Batik Mega Mendung.

Lalu, batik Cirebon juga sebenarnya adalah bukti nyata akulturasi budaya antara budaya Sunda, Tionghoa, bahkan Arab. Selain melihat aktivitas para pengrajin, kita juga bisa berkeliling di seputar kawasan Trusmi untuk mengunjungi rumah produksi batik ataupun berkeliling di Pasar Trusmi.

Jalan-jalan ke Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan Cirebon.

Cirebon memiliki beberapa keraton, dan keraton yang paling pertama berdiri bernama Keraton Kasepuhan. Keraton ini menjadi salah satu ikon wisata sejarah di Cirebon, selain Taman Sunyaragi dan tiga keraton lainnya. Banyak hal menarik yang bisa kalian eksplorasi di seputar keraton ini, mulai dari gerbang sampai pendopo-pendopo di dalam. Semua sudut dan bangunan memiliki banyak cerita yang istimewa, jadi lebih enak apabila kamu memakai jasa guide internal dari keraton.

Letaknya yang berada di tengah kota membuat keraton ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, mulai dari keluarga, sampai pelajar yang melakukan karya wisata. Lalu, harga tiket untuk masuknya hanya Rp. 15.000 untuk umum, Rp. 10.000 untuk pelajar, dan Rp. 20.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk ulasan lengkapnya akan saya bahas di tulisan lain, agar informasi yang disampaikan lebih detail dan jelas.

Makan Nasi Jamblang
Nasi Jamblang Cirebon.

Mencoba kuliner di daerah yang kita jelajahi memang merupakan hal yang wajib dilakukan, apalagi jika kulinernya khas yang tidak mudah ditemui di tempat lain. Salah satu kuliner khas Cirebon yang wajib kalian coba adalah nasi jamblang. Gampangnya, nasi jamblang seperti nasi rames atau nasi campur biasa, tapi yang spesial dari nasi jamblang adalah alasnya yang menggunakan daun jati. Konon, ketika pengerjaan jalan raya pos oleh William Deandles melewati daerah Cirebon, para pemuda dan warga yang sedang kerja paksa membawa bekal nasi dengan bungkus daun jati. Hal tersebut dilakukan agar makanan tersebut awet dan tidak cepat basi, maka dari itu, daun jati dipakai sebagai alas penyajian nasi jamblang sekarang. Banyak restoran dan rumah makan yang menyediakan nasi jamblang, ada Nasi Jamblang Bu Nur dan Nasi Jamblang Berkah.

Menikmati Senja di Pelabuhan
Pelabuhan Cirebon.

Nah, ini adalah hal yang menurut saya menarik, yaitu menikmati senja di pelabuhan! Kalau kamu tidak pernah menikmati cahaya senja dan matahari yang mulai terbenam di sisi pantai yang wajib kalian coba.

Pelabuhan Cirebon merupakan tempat bagi para nelayan untuk menyimpan kapalnya, jadi ketika melihat senja, kamu juga akan melihat aktivitas dari pelabuhan ini. Senja yang dinikmati pun akan terasa istimewa, karena biasanya warga dan anak-anak muda sekitar pelabuhan juga ikut di sisi pelabuhan. Spot ini memang sangat menarik, apalagi untuk kalian yang hobi fotografi. Cocok!

Jadi, itu dia 4 hal yang harus kamu lakuin ketika travelling ke Cirebon!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.