Eksplorasi Kemegahan Taman Brantas Kediri

0
368
Pemandangan yang megah, bukan?

Taman kota merupakan sebuah elemen penting yang tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota, namun juga sebagai sarana edukasi dan destinasi wisata. Selain tiket masuknya yang murah meriah dan akses yang biasanya mudah dijangkau oleh masyarakat, taman kota juga dapat dijadikan lokasi untuk berbagai kegiatan yang seru dilakukan maupun sekedar santai sambil berakhir pekan.

Sayangnya, saat ini taman kota seolah-olah luput dari perhatian. Sebagian besar orang Indonesia lebih suka menghabiskan akhir pekannya dengan berjalan-jalan di mal maupun pusat perbelanjaan. Padahal kalau di taman, kamu bisa menghabiskan waktu dengan santai sambil menikmati udara yang segar. Isi dompet pun aman karena biayanya sudah pasti tidak mahal.

Memang harus diakui, taman kota di Indonesia belum sebanding dengan taman kota di Eropa maupun Amerika. Beruntung untuk kamu yang ingin berlibur atau tinggal di Kota Kediri, karena kota yang dijuliki Kota Tahu ini memiliki sebuah taman di pusat kota yang indah nan terawat. Namanya Taman Brantas.

Pemandangan yang Megah
Selamat datang di Taman Brantas!

Taman Brantas adalah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Kediri yang baru saja diresmikan pada 7 April 2018 lalu. Taman ini terletak di pusat kota, tepatnya di Kecamatan Kota Kediri. Dari taman ini, kamu bisa melihat langsung pemandangan Sungai Brantas yang begitu lebar dan Jembatan Brawijaya yang megah. Suguhan pemandangan Gunung Ngliman di sisi barat membuat taman ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Layaknya taman pada umumnya, Taman Brantas memiliki berbagai koleksi bunga dan tanaman hias yang cukup terawat, seperti petunia ungu, pucuk merah, dan tanaman hias lainnya. Pohon-pohon rindang pun ditata rapi, membuat suasana taman tetap sejuk meski kamu mengunjunginya di siang hari. Fasilitas yang dimilikinya juga cukup banyak. Sebut saja jogging track, panggung terbuka, jalur pejalan kaki, toilet umum, dan berbagai fasilitas lainnya. Jika kamu merasa lelah, berbagai kursi panjang yang tersebar di setiap wilayah taman siap menyambutmu untuk beristirahat. Taman ini sangat cocok untuk kamu baik yang hanya ingin berjalan santai, berolahraga, maupun sekedar mengambil foto untuk update di Instagram.

Bukan Sekedar Taman
Ada yang bisa bermain skateboard?

Uniknya, Taman Brantas tidak hanya memiliki taman terbuka. Taman seluas 1,5 hektar ini juga memiliki taman bermain bernama X-Game, yakni area bermain BMX dan skateboard untuk anak-anak dan remaja. Area ini biasanya ramai dengan anak-anak yang membawa sepeda dan skuternya setiap akhir pekan, terutama pada pagi dan sore hari.

Terdapat pula sebuah sculpture unik di sisi timur taman berupa 6 buah tiang di dalam suatu lingkaran. Ssst, jika kamu berdiri di tengah-tengahnya dan menghadap ke arah barat, kamu akan melihat tiga pemandangan sekaligus; Sungai Brantas, Jembatan Brawijaya, dan Gunung Ngliman!

Biaya Masuk Gratis
Bukan hanya megah, namun juga terawat.

Taman Brantas sejatinya adalah taman kota yang menjadi RTH sekaligus taman yang mempercantik Kota Kediri. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memasuki taman ini. Jika kamu datang membawa kendaraan pribadi, kamu hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp2000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil. Sebuah tulisan besar terpampang di pintu masuk parkir yang mengatakan bahwa tarif yang kamu bayarkan sama di setiap waktunya, baik pagi, siang, maupun malam hari.

Taman Brantas (dan taman kota lainnya) haruslah menjadi salah satu destinasi pilihan wisata masyarakatnya. Meskipun dikelilingi oleh mal dan pusat perbelanjaan bertingkat, sebuah taman kota tentu memiliki berbagai kelebihannya tersendiri. Dengan biaya masuk yang murah bahkan gratis dan pemandangan alam yang indah, taman kota tentu cocok menjadi destinasi wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.