Eksotisnya Air Terjun Lepas Pantai Banyutibo Pacitan

0
232
Panorama Pantai Banyutibo.

Selain Pantai Klayar yang punya panorama batuan besar alias sphinx-nya, Kabupaten Pacitan yang terletak di sebelah barat Jawa Timur masih punya pantai yang eksotik lainnya. Kalau pantai saja pastinya sudah biasa travelovers temui, kan? Kalau yang ini jauh lebih menarik karena bukan hanya hamparan laut dan pantai namun ada air terjunnya juga! Nah, kalau travelovers udah pernah mengunjungi air terjun lepas pantai, ini salah satu yang harus dikunjungi juga karena memiliki deburan ombak yang besar dengan warna laut biru turquoise. Letaknya tepat di sebelah Pantai Kijingan Pacitan.

Ketika sampai di area parkiran, suara deburan ombak udah terdengar. Yang akan travelovers lihat pertama kali  adalah muara berwarna hijau yang biasanya menjadi tempat anak-anak bermain air. Ikuti ke mana air tersebut mengalir dan sampailah kita di Pantai Banyutibo Pacitan. Ketika tiba di area Pantai Banyutibo, travelovers akan berada di atas sedangkan pantainya terletak di bawah. Air yang kita lihat di muara tadi mengalir sampai akhirnya jatuh ke Pantai Banyu Tibo ini sehingga nampak pemandangan seperti air terjun.  Pemandangan yang enggak biasa banget deh pokoknya!

Spot foto di Pantai Banyutibo Pacitan.

Lalu apa kita cuma menikmati panoramanya dari atas? Tentu enggak dong! Travelovers yang penasaran bisa turun untuk menikmati pemandangan air terjunnya sekaligus menginjakan kaki di pantainya. Warga setempat menyediakan tangga untuk mengakses pantai tersebut meskipun hanya terbuat dari material kayu. Ada dua penjaga yang membantu kita untuk naik ataupun turun, jangan lupa siapkan uang sebagai upah jasa mereka ya travelovers! Kalau mau turun tentunya hati-hati ya apalagi kalau membawa peralatan elektronik karena hempasan ombak laut relatif keras. Kalau lagi ga keras-keras amat ombaknya, di bawah enak banget untuk main air dan basah-basahan!

Kalau ombak lagi besar-besarnya di rekomendasikan untuk enggak turun karena medan yang berbahaya. Biasanya sih ada bulan-bulan tertentu air laut akan sangat tinggi.  Hal ini membuat pengunjung tidak diperkenankan untuk turun dan hanya bisa menikmati birunya ombak besar Pacitan dari atas. Dikarenakan memiliki ombak yang tinggi tidak jarang juga Pantai Banyutibo ini dijadikan objek untuk berselancar. Tapi untuk kalian yang gak bisa main selancar bisa menikmati pemandangan dari atas yang gak kalah eksotik dengan pemandangan dari bawah.

Selain suguhan eksotisme besarnya ombak pantai selatan Jawa beserta air terjunnya, travelovers juga disuguhkan pemandangan tebing besar khas pantai di Kabupaten Pacitam. Kalau travelovers suka motret, jangan lupa bidik gambar lanskap Pantai Banyutibo ini sebanyak-banyaknya. Banyak angle yang bisa kita bidik! Kalau untuk berswafoto sudah banyak fasilitas yang memadai  seperti ayunan ataupun spot foto lainnya.

Eksotisme ombak Pantai Banyutibo.

Selain asyik untuk dikunjungi, fasilitas di sini juga cukup memadai. Habis basah-basahan gak usah khawatir untuk mencari ruang ganti maupun toilet. Ada gazebo dan tempat duduk untuk bersantai sembari jajan ataupun kulineran, berbagai macam warung, serta parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Nah, sayangnya akses menuju Pantai Banyutibo ini merupakan jalan setapak sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua sampai kendaraan elf kecil. Itu artinya, kendaraan besar seperti bus tidak bisa mengakses kawasan ini.

Nah, untuk  harga tiket masuknya juga relatif sangat murah mulai Rp 2000 – Rp 3000 untuk anak-anak dan Rp 3000 – Rp 5000 untuk orang dewasa, tergantung kalian datang pada hari biasa atau akhir pekan. Sedangkan untuk biaya parkir cuma Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat.

Selamat mencoba dan jangan lupa piknik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.