Eksotisme Kawah Vulkanik Dieng, Kawah Sikidang

0
720
Spot Berfoto di Kawah Sikidang.

Kalau sedang berkunjung ke daerah Jawa Tengah, pastikan jangan hanya mampir ke Yogyakarta ya, travelovers, coba sesekali mengunjungi ke area dataran tinggi Jawa Tengah, seperti area Dieng Plateau. Dataran tinggi ini terletak di dua kabupaten, yaitu Wonosobo dan Banjarnegara, jadi kalian bisa memiilih pintu masuk yang terdekat dengan area kalian. Dari area Yogyakarta, akan jauh lebih dekat jika melalui pintu masuk Wonosobo, dan akan memakan waktu sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa travelovers kunjungi, dan tentunya dengan ragam bentang alam dan budaya.

Ada beberapa wisata eksotik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata favorit saya adalah Kawah Sikidang Dieng. Kenapa? Alasannya adalah karena Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang masih aktif di gunung api purba Dieng dan masih melakukan aktivitas vulkanik sampai sekarang. Tapi yang membuatnya menjadi lebih khas lagi adalah bentuk kawahnya yang kecil, tidak sebesar kawah vulkanik seperti kawah-kawah vulkanik pada umumnya, seperti Kawah Ijen maupun Kawah Bromo.

Menuju kawasan ini, travelovers hanya tinggal mencari area Komplek Candi Arjuna, karena letaknya sangat berdekatan. Penjualan loketnya juga menjadi satu jadi kalau travelovers mengunjungi komplek Candi Arjuna bisa sekalian untuk membeli tiket terusan ke Kawah Sikidang seharga Rp 15.000 saja.

Spot Berfoto di Kawah Sikidang.

Nah, ketika akan memasuki kawasan kawah, kita akan disambut oleh penjual masker penutup mulut, karena bau belerang yang lumayan menyengat. Masker tersebut dijual seharga Rp 2000. Jadi, bagi travelovers yang berencana untuk berkunjung ke area ini, jangan lupa untuk membawa masker atau semacamnya ya, karena bau belerangnya sangat menyengat.

Lalu, setelah memarkir kendaraaan kita akan melewati pasar oleh-oleh dulu yang menjual berbagai buah tangan, mulai dari olahan carica kha Dieng Plateau sampai barang-barang penunjang musim dingin seperti syal, kupluk, topi, dan lain sebagainya, karena dataran tinggi Dieng memang sangat dingin.

Nah, setelah melalui pasar oleh-oleh kita akan disuguhkan pemandangan Kawah Sikidang dari dekat dan jajaran burung hantu yang bertengger di kayu. Terlihat sangat lucu, cocok untuk dijadikan sebagai objek berfoto! Selain itu, ada juga beberapa spot foto yang sudah diolah sedemikian rupa.

Berbagai Buah Tangan yang Bisa Dibeli.

Setelah puas berfoto, travelovers bisa mendekat ke kawah yang mengeluarkan asap ini. Uniknya lagi, Kawah Sikidang memiliki berbagai spot eksotis bukan hanya di kawahnya saja, tapi di tebing sekitarnya yang berwarna putih juga mengeluarkan asap. Bahkan ada beberapa sudut yang bisa digunakan untuk merebus telur dan akhirnya digunakan sebagai tempat wisata juga. Caranya adalah telur dimasukan ke dalam keranjang lalu dicelupkan ke dalam kawah selama kurang lebih 10 menit, lalu telur akan matang dan siap disajikan! Tapi harus tetap hati-hati ya, travelovers, mengingat Kawah Sikidang ini memang masih aktif, jangan sampai menerobos area pagar pembatas ya!

Setelah puas berwisata di Kawah Sikidang sembari menikmati telur rebus, bagi travelovers yang menyukai hal-hal yang memacu adrenalin, bisa mencoba wahana motocross juga. Pilihan buah tangan bukan hanya yang di area pasar saja, di dekat kawah ada juga yang menjajakan olahan belerang dengan berbagai khasiat, seperti untuk masalah kulit seperti jerawat ataupun gatal-gatal. Selain itu, ada juga kios yang menjajakan serbuk wedang khas Dieng, yaitu serbuk wedang purwaceng untuk travelovers nikmati dirumah.

Baiknya jangan terlalu siang ya ke Kawah Sikidang karena akan sangat panas menyengat. Jangan lupa cicipi kentang gorengnya karena selain murah meriah juga nikmat. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.