Eksotisme Kawah Ratu Gunung Salak yang Mistis

0
262
Kawah Ratu.

Bogor memang menyimpan sejuta destinasi wisata, termasuk destinasi wisata yang menantang satu ini, yaitu Gunung Salak. Bagi warga Bogor, keberadaan Gunung Salak  telah memberikan berkah tersendiri. Banyak di antara warga Bogor yang mencari penghidupan dari destinasi wisata di Gunung Salak. Gunung itu memiliki vegetasi hutan yang rapat sehingga memiliki banyak sumber mata air. Oleh karena itu, dari gunung ini terdapat banyak sekali curug (air terjun). Warga pun mengolahnya menjadi tempat wisata yang seru, baik untuk pemandian atau camping.

Gunung Salak juga memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan gunung-gunung lainnya. Jika kawah di gunung lain pasti terletak di puncak gunungnya, hal yang berbeda terjadi pada Gunung Salak. Kawah gunungnya terletak di tengah-tengah gunung. Warga menamainya Kawah Ratu. Kawah itu terbentuk dari peristiwa erupsi yang sangat dahsyat. Hal itu bisa kita lihat dari bekas erupsi yang ditinggalkan di Hutan Mati. Erupsi ini melahirkan Kawah Ratu yang eksotis sehingga mata wisatawan tak henti menatap dan mengabadikannya melalui lensa kamera.

Selain itu, hal unik lainya dari Kawah Ratu adalah aliran Sungai Cikuwulung sejauh 1 km. Aliran sungai ini meninggalkan endapan kuning belerang di dasar sungai. Belerang inilah yang mengharuskan pendaki untuk mengenakan masker karena baunya sangat menyengat. Selain tak enak saat tercium, gas belerang ini pun tidak baik untuk kesehatan tubuh kalian.

Titik-titik asap yang terlihat membumbung.

Untuk mencapai ke kawah itu, kita perlu melakukan pendakian selama 3 jam sejauh 3,6 km. Setelah mendaki selama itu, kalian akan menjumpai kepulan asap membumbung. Asap itu menandakan bahwa kalian sudah dekat dengan kawahnya. Kawah Ratu memang berbeda dengan Kawah Ijen atau Kawah Tangkuban Perahu yang membentuk cekungan luas di puncak gunung. Kawahnya hanya kecil berbentuk menyerupai kolam kecil. Asap mengepul dari dalamnya. Dari kejauhan terlihat bahwa kawahnya mendidih seperti rebusan air yang mendidih. Pemandu menyatakan bahwa kita bisa memasak telur di kawah hanya dengan memasukkannya ke dalam. Sayangnya, kami tidak membawa telur sehingga kami hanya memotret kawah dari beragam sudut.

Di sekeliling kawah, ada banyak bukit kapur yang berasap di beberapa titik. Kalian tidak dibolehkan untuk duduk jongkok karena udara di posisi duduk seperti itu banyak mengandung gas belerang. Horor sekali bukan? Kalian bisa keracunan jika  menghirupnya. Kalian pun tidak disarankan untuk datang ke sini saat musim penghujan karena titik asap akan semakin banyak bermunculan. Asap itu muncul karena tekanan dari bawah, maka suara bergemuruh pun menggema. Bahkan, kata pemandu, titik asap bisa berpindah-pindah. Bisa jadi pindah ke lokasi titik kita berdiri. Seremnya.

Hutan Mati yang gersang dan mistis.

Meskipun Kawah Ratu memiliki eksotisme yang tidak usah diragukan lagi, kalian pun tetap harus berhati-hati. Jangan sampai terlena dengan aksi foto-foto di sana-sini, tetapi malah mengabaikan faktor keselataman diri kita. Selain itu, pemandangan di Kawah Ratu sangat gersang sehingga menghadirkan suasana mistis.

Informasi tentang Gunung Salak yang dibilang angker oleh warga pada umumnya semakin menambah suasana mistis di kawah ini. Banyak kejadian mistis dan misterius yang terjadi. Apalagi saat itu pesawat Sukhoi menabrak gunung ini, tentunya banyak penumpang pesawat yang meninggal di hutan di gunung ini. Terkait hal itu, warga sekitar mengaitkan kejadian di Gunung Salak dengan sosok misterius yang menunggu Gunung Salak. Konon, disebut ada jin besar menyerupai bidadari tinggal di gunung ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.