Eksotisme dan Ramainya Pantai Selong Belanak Lombok

0
57
Aktifitas di Pantai Selong Belanak.

Ngomongin pantai-pantai Lombok ya sama aja dengan mencari sudut pada lingkaran, tak terhingga! Secara, Pulau Lombok memang surganya pantai-pantai eksotis dengan segala kelebihannya. Ditambah lagi bukit-bukit hijau dan warna laut yang mempesona. Dari ujung ke ujung pasti nemu pantai deh! Bisa jadi alternatif lokasi liburan jika bosen dengan Bali.

Di beberapa post sebelumnya saya sudah kasih info untuk berhemat ria menuju Lombok dari starting point Surabaya dengan menggunakan moda trasnportasi kapal, tepatnya KMP Legunding dengan harga tiket tidak sampai Rp 100.000 per orang. Nah, saking banyak jajaran pantai yang sayang untuk dilewatkan, kalian bisa mulai dari Lombok Tengah dengan mengunjungi jajaran Pantai Mawun. Kalau dari pusat Kota Mataram bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam dengan menggunakan sepeda motor. Bisa juga kok sewa motor di Lombok yang memang sudah menjamur alias mudah banget didapat.

Gak jauh dari Pantai Mawun, tepatnya di Kecamatan Praya Tengah, ada satu pantai yang cukup kondang di kalangan pelancong yaitu Pantai Selong Belanak. Saking terkenalnya, begitu sampai di sana, pantainya sudah dipadati oleh turis lokal maupun asing yang tengah melakukan berbagai aktifitas. Ternyata bukan hanya lanskapnya yang eksotis, tapi banyak yang bisa travelovers lakukan disini!

Aktifitas di Pantai Selong Belanak.

Umumnya turis berselancar di Pantai Selong Belanak karena mungkin ombaknya cukup menantang untuk dijajal para peselancar. Ada juga yang melakukan olahraga paralayang. Selain itu travelovers bisa melakukan me time dengan berjemur sembari membaca buku karena sudah disediakan area untuk sun bathing berupa kursi santai yang berpayung. Tetapi, untuk warga lokal seperti saya mungkin lebih memilih untuk bersantai tanpa berjemur deh. Panasnya bukan main! Oh ya, harga untuk sewa kursi-kursi ini adalah Rp 40.000 per jamnya. Cukup ramah di kantong, kan? Keramaian ini bisa kita temui ketika pagi hingga siang hari.

Selain ramai wisatawan, banyak juga kedai yang bisa travelovers singgahi sembari menikmati indahnya Pantai Selong Belanak. Harga makanan yang ditawarkan rata-rata sama kok dan tidak terlampau mahal juga. Menu-menunya ya lumrahnya menu Indonesia seperti nasi goreng, mie instan, dan lain sebagainya. Menu top ketika sedang santai di pantai ya kelapa muda, harganya cuma Rp 15.000 per buahnya.

Setelah bersantai sembari menikmati kuliner yang disajikan, travelovers bisa juga lho naik perahu nelayan untuk berkeliling. Hanya dengan Rp 5000, kalian akan dibawa menjelajahi Pantai Selong Belanak menggunakan perahu tersebut. Coba deh melakukan hal ini sore-sore. Kenapa harus sore? Karena suasananya pas dan matahari tidak terlalu terik. Selain itu, sore hari juga waktu yang tepat untuk bermain pasir pantai. Perlu travelovers ketahui kalau pasir di sini jauh lebih lembut, berbeda dengan pasir di kebanyakan pantai Lombok lainnya yang telah bercampur dengan batuan karang.

Surganya Peselancar.

Satu fakta menarik lagi yang travelovers harus tahu, eksotisme Pantai Selong Belanak bertambah ketika rombongan kerbau beserta pemiliknya melintas untuk pergi ataupun pulang makan di bukit. Kalau sedang beruntung, kita dapat menyaksikan uniknya rombongan tersebut sehingga ciamik sebagai objek foto. Apalagi kalau latar belakangnya pasir putih dan lautan yang biru jernih. Ketika bertanya pada pemilik kedai di Pantai Selong Belanak, biasanya kerbau berangkat mencari makan sekitar pukul 09.00-10.00 WITA, lalu mereka pulang ketika sore hari menjelang petang jadi pastikan travelovers ada di jam-jam itu ya.

Selain komplit dan mempesona, tiket memasuki kawasan Pantai Selong Belanak hanya 5000 rupiah saja loh travelovers plus biaya parkir 5000 rupiah juga. Kalau mau lebih berhemat, bawa saja perbekalan untuk piknik. Dijamin lebih seru, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.