Ekowisata di Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang Bedagai

0
1393
Wisata edukasi penanaman pohon mangrove.

Eksplor wisata di Sumatera Utara emang enggak ada habisnya deh, kali ini aku bakalan eksplor salah satu pantai yang bernama “Pantai Mangrove” tepatnya berlokasi di kampung Nipah, Serdang Bedagai. Kali ini aku berangkat dari Medan bersama para teman-temanku, untuk sampai ke Pantai Mangrove kami menghabiskan waktu sekitar satu jam 30 menitan dengan menggunakan bus. Namun tepat di sebuah gapura kita harus berhenti untuk membeli tiket dan ada tukang parkir yang akan mengarahkan pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya baik sepeda motor, mobil ataupun bus untuk parkir di sebuah halaman dekat gapura.

Selanjutnya kita di arahkan untuk memakai transportasi darat atau transportasi air untuk menuju lokasi wisata Pantai Mangrove yang sebenarnya lokasi pantai tersebut berjarak sekitar 2 km dari gapura. Nah setelah itu kami memilih transportasi darat  dengan menghabiskan waktu sekitar 10 menitan untuk sampai di Pantai Mangrove. Setelah itu berjalan kaki sedikit menelusuri jembatan bambu ke Pantai Mangrove. Oh iyaa selain bisa menikmati suasana pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pohon-pohon mangrove khas pinggiran pantai. Saya begitu menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai.

Ekowisata pantai mangrove.

Disamping Pantai Mangrove ternyata ada juga loh pantai yang bernama romace bay atau pantai romantis. Nah jika kamu pernah ke romance bay kamu pasti melewati Pantai Mangrove. Untuk fasilitas di Pantai Mangrove sendiri sudah terbilang memadai. Sudah tersedia toilet, penjual makanan, area memancing, homestay, tempat sholat, perahu penyebrangan dan juga gazebo untuk tempat berteduh. Jadi kamu enggak usah takut kalau kamu kemalaman atau ingin menikmati suasana Pantai Mangrove pada malam hari karena sudah ada homestay yang di sediakan. Untuk tiket masuk cukup membayar sebesar Rp. 8000 per orang dan biaya parkir sebesar RP. 5000 wah sangat terjangkau pastinya.

Selain itu saya juga di suguhkan dengan masyarakat yang ramah di lokasi Pantai Mangrove. Tak jarang mereka menyapa para pengunjung Pantai Mangrove. Buat kamu yang suka di foto atau pun memfoto di Pantai Mangrove cocok banget sebagai referensinya. Sekedar informasi Pantai Mangrove ini juga di jadikan sebagai kawasan ekosistem hutan bakau. Hutan bakau di sekitar Pantai Mangrove memang sengaja di tanam dan di rawat oleh pemerintah setempat. Jadi kalau kamu mau berkunjung ke Pantai Mangrove jangan buang sampah sembarangan yah kalau bisa bawa pulang aja lagi sampahnya. Ternyata masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi Pantai Mangrove ikut memanfaatkan buah mangrove dan membuatnya menjadi beberapa olahan seperti sirup, dodol, teh jeruju dan bahkan keripik nipah, kreatif sekali ya mereka. Dan hasil olahan mereka tadi bisa kamu dapatkan di warung-warung Pantai Mangrove.

Spot foto menarik di pantai mangrove.

Selain itu Pantai Mangrove juga di jadikan sebagai wisata edukasi karena Pantai Mangrove merupakan ekowisata pertama yang di kelola oleh masyrakat setempat dan ini yang pertama di Indonesia. Dikatakan sebagai wisata edukasi karena di Pantai Mangrove kita bisa melihat langsung pentingnya hutan bakau untuk menahan abrasi atau pengikisan garis pantai. Bukan hanya itu kita juga bisa menyaksikan secara langsung proses penanaman bakau.

Nah satu hal yang jangan di lewatkan kesempatan untuk mencari kerang dan berbagai jenis seafood lainnya serta berburu kepiting bakau di kolam lumpur yang pastinya seruu abiss deh. Puas menikmati suasana pantai dengan pohon-pohon bakau sambil menikmati es kelapa muda, waktunya saya berama teman-teman saya berfoto ria. Jadi tunggu apalagi yuk visit Pantai Mangrove!

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 18.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.